Waspadai Penggunaan Rodamin B dan Methanil Yellow

Waspadai Penggunaan Rodamin B dan Methanil Yellow

Waspadai Penggunaan Rodamin B dan Methanil Yellow – Tentu telah disadari oleh Sahabat Informasi Kesehatan bahwa begitu banyak makanan yang beredar di sekitar yang nilai hygienietasnya diragukan. Dan parahnya lagi produk makanan tersebut banyak dijual di sekitar lingkungan sekolah anak-anak kita. Banyak produk makanan yang beredar tersebut mengandung dan menggunakan bahan berbahaya. Diantara bahan berbahaya yang lazim ditemui dan digunakan dalam makanan yang dijual adalah Rhodamin B dan Methanil Yellow.

Waspadai Penggunaan Rodamin B dan Methanil Yellow
Waspadai Penggunaan Rodamin B dan Methanil Yellow

Agar kita mengetahui seberapa berbahayanya bahan-bahan tersebut, maka kita harus mengenal lebih dulu, bahan-bahan apakah itu. Hal ini perlu kita lakukan agar kita lebih Waspadai Penggunaan Rodamin B dan Methanil Yellow serta bahaya-bahaya yang dapat timbul karenanya.

– Rhodamin B

Apakah itu? Rhodamin B adalah pewarna sintetis berbentuk serbuk kristal merah keunguan dan dalam larutan akan berwarna merah terang berpendar. Rhodamin B ini biasa digunakan untuk industri tekstil dan kertas serta dilarang keras untuk digunakan sebagai pewarna makanan. Namun masih banyak dijumpai makanan-makanan yang mengandung zat ini. Para pembuat makanan secara sembunyi-sembunyi memasukkan zat berbahaya ini dengan harapan makanan yang dibuatnya memiliki warna cerah dan menarik perhatian pembelinya sehingga bisa laku keras tanpa memperhatikan efek berbahaya bagi pembelinya yang timbul di belakang hari.

– Methanil Yellow

Kuning metanil atau methanil yellow adalah zat warna sintetis berwarna kuning kecoklatan dan berbentuk paddat atau serbuk yang digunakan untuk pewarna tekstil (kain) dan cat. Methanil yellow juga dilarang keras digunakan untuk pangan. Namun pada kenyataannya masih juga dijumpai makanan-makanan yang mengandung zat ini karena ulah pembuat makanan yang nakal.

– Kenali Ciri-ciri Pangan Mengandung Rhodamin B dan Methanil Yellow

– Bahaya Rhodamin B dan Methanil Yellow

1. Pada Rhodamin B tampak warna merah yang mencolok, sedangkan pada Methanil Yellow akan tampak warna kuning yang mencolok dan kecenderungan warnanya berpendar.

2. Banyak memberikan titik-titik warna yang tidak merata.

Bahaya akut Rhodamin B dan Methanil Yellow bila tertelan dapat menyebabkan gangguan kesehatan berupa iritasi pada saluran pencernaan, apabila terpapar pada bibir dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, kering, gatal bahkan dapat mengakibatkan kulit bibir terkelupas. Bahaya kronis akiibat mengkonsumsi dalam jangka panjang menyebabkan gangguan kesehatan pada fungsi hati, gangguan kandung kemih, bahkan kanker. Beberapa penyalahgunaan Rhodamin B dan Methanil Yellow pada pangan, antara lain pada kerupuk, terasi, gulali serta sirup berwarna merah.

Demikian Informasi Kesehatan tentang Rhodamin B dan Methanil Yellow serta bahayanya yang disadur dari leaflet Badan POM Republik Indonesia, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat serta tambahan wawasan dan manfaat pengetahuan untuk kita semua.