Menu

Waspadai Aneurisma Saat Nyeri Sakit Kepala yang Luar Biasa

Desember 16, 2015 | Aneurisma, Sakit Kepala | 168 Pengunjung

Waspadai Aneurisma Saat Nyeri Sakit Kepala yang Luar Biasa – Pernahkah diantara sahabat Informasi Kesehatan merasakan sakit kepala yang luar biasa sakitnya? Bahkan karena sakit yang luar biasa tersebut, kepala rasanya mau pecah. Oleh karena itu, untuk menambah wawasan kita tentang gejala kesakitan yang mungkin telah diderita oleh sebagian besar kita ini, ada baiknya kita simak uraian berikut ini.

Aneurisma atau aneurysm adalah pelebaran dinding pembuluh darah arteri berbentuk menyerupai balon. Pelebaran ini biasa terdapat pada arteri kepala, perut maupun di bagian dada. Diantara organ-organ tubuh tersebut, aneurisma pada pembuluh darah yang mengalir ke otak dan berada di kepala itu yang memiliki resiko paling fatal apabila terjadi serangan.

Waspadai Aneurisma Saat Nyeri Sakit Kepala yang Luar Biasa

Waspadai Aneurisma Saat Nyeri Sakit Kepala yang Luar Biasa

Akibat yang dirasakan pada saat serangan itu terjadi adalah nyeri di kepala yang terasa sangat menyiksa. Jadi apabila kita merasakan nyeri yang luar biasa di kepalatersebut, bisa jadi itu aneurisma! Oleh karena itu, Waspadai Aneurisma Saat Nyeri Sakit Kepala yang Luar Biasa telah benar-benar kita rasakan mulai menyerang dan mengganggu kita.

Rasa nyeri yang menimbulkan sakit kepala yang luar biasa tersebut merupakan salah satu ciri dari aneurisma yang tumbuh membesar pada dinding pembuluh darah otak di persimpangan arteri “lingkaran Willis” yang melebar. Pelebaran ini berpotensi untuk kian membesar dan berujung pada pecahnya pembuluh darah otak yang berakibat terjadinya pendarahan otak.

Perkembangan yang terjadi pada aneurisma dapat menekan saraf otak yang mengakibatkan penderitanya merasakan tubuhnya lemah, kesemutan pada lengan atau tungkai, kesulitan berbicara, pandangan kabur, pelupa dan kejang. Pada perkembangan yang lebih massive lagi akan menyebabkan nyeri sakit kepala yang berkepanjangan.

Baca Juga :   Jenis Aneurisma dan Bentuk Pendeteksiannya

Pada kondisi pendarahan otak sebagai akibat pecahnya pembuluh darah maka darah tersebut akan membasahi otak serta menekannya hingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat yang dirasakan sakit di kepala. Kondisi kesakitan yang seperti ini oleh beberapa peneliti dan praktisi kedokteran digambarkan sebagai nyeri sakit kepala yang luar biasa seperti tersambar petir.

Pecahnya aneurisma ini biasanya juga disertai dengan mual, muntah dan menurunnya kesadaran penderitanya. Adapun faktor eksternal yang dapat mempercepat pecahnya pembuluh darah pada penderita aneurisma adalah terjadinya kejang, terjadi peningkatan tekanan darah secara mendadak serta aktivitas yang sering dilakukan dalam mengangkat beban berat. Oleh karenanya, pada saat seseorang menderita aneurisma direkomendasikan untuk tidak melakukan aktivitas yang memungkinkan terjadinya peningkatan tekanan darah seperti batuk, bersin serta mengejan.

Yang patut menjadikan kewaspadaan bagi kita adalah ketika penderita aneurisma mengalami peningkatan tekanan darah sehingga mengakibatkan pembuluh darahnya pecah maka konsekuensinya adalah terjadinya kerusakan fungsi otak, hingga yang terburuk adalah kematian.

Related For Waspadai Aneurisma Saat Nyeri Sakit Kepala yang Luar Biasa