Menu

Trik Dan Cara Senam Ketangkasan

Januari 23, 2017 | JadiSehat, Tips Sehat | 250 Pengunjung

Trik Dan Cara Senam Ketangkasan | Ingin mendapatkan bentuk tubuh yang bugar dan sehat? Ada berbagai macam jenis olahraga yang dapat Anda terapkan jika ingin mendapatkan bentuk tubuh yang langsing dan tubuh yang bugar dan sehat. Salah satunya adalah dapat Anda lakukan senam ketangkasan.

Dengan melakukan senam ketangkasan ini tentu saja tubuh yang sehat, bugar dan langsing akan dapat Anda temukan. Senam ketangkasan sendiri ada banyak jenisnya. Ada senam ketangkasan yang berupa senam lantai, kayang, sikap lilin dan masih banyak yang lainnya. Semua itu memang memberikan masing – masing fungsi untuk Anda. Dengan senam lantai tubuh yang langsing akan Anda temukan, sementara senam kayang untuk melatih otot punggung dan perut Anda. Kemudian sikap lilin melatih gerakan tangan dan kaki Anda. Pada masing – masing senam ketangkasan trik dan cara yang berbeda perlu Anda perhatikan. Berikut ini beberapa trik dan cara senam ketangkasan yang penting untuk Anda.

Trik Dan Cara Senam Ketangkasan

Trik Dan Cara Senam Ketangkasan

Cara senam lantai

Senam lantai ini merupakan salah satu cabang senam ketangkasan yang dilakukan dengan gerakan – gerakan diatas lantai atau matras atau juga permadani. Senam ini juga biasanya disebut dengan senam bebas karena pesenam tidak menggunakan alat bantu selain lantai atau matras dengan ukuran 12 x 12 meter dengan lebar 1 meter dan panjang sesuai kebutuhan.

Senam lantai ini sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan dan salah satu caranya senam lantai dengan guling depan. Bagaimana cara melakukan senam lantai guling depan? Caranya dengan Anda berdiri tegak dengan kedua tangan harus lurus disamping badan Anda. Kemudian Anda angkat kedua tangan ke arah depan dan bungkukkan badan Anda dan letakkan kedua telapak tangan Anda diatas matras. Siku arahkan ke samping dan masukkan kepala diantara dua tangan Anda. Kemudian bisa Anda sentuhkan bahu ke matras. Anda juga bisa berguling ke depan. Lipat kedua lutut dan tarik dagu serta lutut ke dada dengan posisi tangan yang merangkul lutut. Kemudian akhiri dengan sikap guling depan yaitu jongkok dan kemudian berdiri tegak.

Cara kayang

Kayang sendiri merupakan suatu sikap membusur dengan posisi kaki dan tangan yang dibuat bertumpu pada matras dalam kondisi terbalik dengan cara meregang dan juga bisa Anda angkat bagian perut dan panggul Anda.

Untuk cara melakukan senam ketangkasan dengan cara kayang yaitu pertama – tama Anda lakukan sikap permulaan dengan berdiri, kedua tangan menumpu pada pinggul dan kedua kaki ditekuk, siku tangan ditekuk, kepala dilipat ke belakang dan kedua tangan diputar ke belakang sampai bisa menyentuh matras sebagai tumpuannya. Anda juga kemudian posisikan badan dengan melengkung seperti lengkungan busur.

Cara sikap lilin

Sikap lilin merupakan suatu sikap tidur terlentang yang kemudian pada kedua kaki Anda diangkat keras diatas atau dibuat rapat bersama – sama dengan pinggang yang ditopang kedua tangan dan bagian pundak yang diusahakan tetap menempel pada lantai. Dengan Anda lakukan sikap lilin tentu saja otot perut Anda bisa berfungsi dengan kedua tangan yang menopang bagian pinggang.

Untuk melakukan gerakan sikap lilin ini caranya yaitu tidur terlentang dengan kedua tangan disamping badan dan pandangan ke atas. Anda selanjutnya angkat kedua kaki lurus ke atas dan buat rapat. Dan yang akan menjadi landasan adalah pada seluruh pundak dibantu kedua tangan menopang pada bagian pinggang kemudian pertahankan sikap ini dalam beberapa saat.

Mudah bukan caranya? Semua senam ketangkasan diatas dapat Anda coba untuk melatih ketangkasan dan kelenturan tubuh Anda hingga membuat tubuh bugar dan sehat. Semoga informasi tentang Trik Dan Cara Senam Ketangkasan bermanfaat.

Related For Trik Dan Cara Senam Ketangkasan