Menu

4 Tips Pola Hidup Sehat agar Cepat Hamil

Desember 28, 2016 | Hamil, JadiSehat | 532 Pengunjung

Tips Pola Hidup Sehat agar Cepat Hamil – Pola hidup sehat seyogyanya dijalani oleh siapa saja untuk senantiasa dalam kondisi sehat. Selain itu pola hidup sehat yang diterapkan dapat mempengaruhi kesuburan seseorang untuk segera hamil, dapat menjaga kesehatan ibu yang sedang hamil ataupun kesehatan saat hendak melakukan persalinan. Baiknya istri maupun suami menerapkan pola hidup sehat untuk meningkatkan kesuburannya. Berikut ini beberapa Tips Pola Hidup Sehat agar Cepat Hamil yang dapat diterapkan sebagai salah satu cara agar cepat hamil, yakni:

Tips Pola Hidup Sehat agar Cepat Hamil

  1. Pola Makan

Perhatikan pola makan, karena pola makan menjadi bagian dari Tips Pola Hidup Sehat agar Cepat Hamil. Pola makan yang baik akan mempercepat kehamilan. Makanan mempengaruhi kesuburan pria maupun wanita. Hindari diet untuk menurunkan berat badan saat menjalani program kehamilan. Anda dapat tetao diet namun diet untuk segera hamil dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan nutrisi yang cukup. Hal ini akan meningkatkan peluang untuk segera hamil, menjalani kehamilan sehat, dan menjalani persalinan lancar. Selain itu juga akan menjaga sistem reproduksi wanita, menjaga kualitas dan kuantitas sperma pria.

Konsumsi beragam makanan sehat akan membuat Anda segera hamil dengan suplai nutrisi yang diberikan mulai dari protein, kalsium, dan zat besi, dengan kata lain konsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang baik.

Anda dapat mendapatkannya dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak,  keju, roti gandum, biji-bijian, makanan yang memiliki kandungan lemak sehat, dan juga makanan yang kaya akan kalsium seperti halnya keju, yoghurt, serta susu yang rendah lemak.makanan mengandung vitamin B akan meningkatkan kesuburan yang ada pada buah alpukat, sayuran dengan daun berwarna hijau gelap, roti yang diperkaya sereal, brokoli, kecambah, buah jeruk dan kacang-kacangan. Jika terlalu banyak konsumsi makanan berkolesterol seperti daging ayam, daging sapi, telur dan makanan yang lainnya maka kontrol tingkat kolesterol Anda karena dipercaya menghambat kehamilan.

Wanita juga harus perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan asam folat seperti buah kiwi dan sayur bayam yang bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Hindari hidup tertentu seperti di bawah ini:

  • Ikan merkuri tinggi

Ikan memang baik untuk kesehatan namun jika mengandung merkuri akan membahayakan janin, jadi hindari konsumsi ikan dengan kandungan tinggi merkuri.

  • Berhenti merokok

Rokok tidak baik bagi kesehatan yang dapat mempengaruhi kesuburan karena dapat membuat saluran falopi tersumbat sehingga menghambat sperma bertemu sel telur. Rokok juga beresiko meningkatkan kehamilan ektopik dan menurunkan kualitas sel telur. Zat kimia pada rokok terbukti dapat menurunkan tingkat kesuburan pria sampai kamandulan pada pria.

  • Kurangi konsumsi kafein

Kurangi konsumsi kafein pada teh atau kopi karena menurunkan kesempatan hamil sebanyak 25% jika mengkonsumsi kafein berlebih. Kondisi ini merusak jalan telur dari ovarium ke rahim ataupun mengganggu proses pematangan sel telur.

  • Kurangi konsumsi alcohol

Hentikan konsumsi alkohol dan obat-obattan terlarang jika Anda ingin cepat hamil.

  1. Usahakan Menjaga Berat Badan

Jika Anda mengalami obesitas atau badan kurus maka buatlah berat badan Anda menjadi ideal. Berat badan juga berperan dalam peluang kehamilan. Terapkan diet sehat dengan konsumsi makanan bernutrisi seimbang, tinggi serat, dan rendah lemak, serta rutin berolahraga. 1-2 kg berat badan yang diturunkan masih aman dilakukan untuk proses menurunkan berat badan, jadi hindari penurunan berat badan ekstrim yang akan membuat tubuh kekurangan gizi yang tidak baik dalam perencanaan kehamilan. Jagalah berat badan tetap ideal jangan terlalu berlebih atau terlalu kurang yang akan mempersulit pembuahan sel telur dan menjadi masalah ketika anda hamil.

  1. Rutin Berolahraga

Olahraga rutin akan meningkatkan kesuburan wanita ataupun pria. Olahraga yang membentuk tubuh berbeda dengan olahraga untuk segera hamil. Olahraga berlebih akan mengganggu periode masa subur dimana kelenjar di bawah otak atau pituitary tidak akan merangsang sel telur untuk berovulasi. untuk itu And dapat melakukan jalan kaki selama 30-50 menit dengan rutin atau 3 kali dalam seminggu terkecuali ketika masa subur. Konsultasikan dnegan dokter untuk melakukan olahraga ynag dapat membuat Anda cepat hamil.

  1. Hindari Konsumsi Obat-Obatan Sembarangan

Narkoba atau epnggunaan obat-obattan tanpa resep dokter akan menurunkan kesuburan pada wanita dan siklus menstruasinya menjadi tidak teratur yang akan mempengaruhi kesuburan dengan konsumsi obat penenang, antibiotik, obat hormonal dan obat pereda rasa sakit. Jika pria mengkonsumsi antibiotik dalam jangka waktu lama akan menurunkan kualitas sperma.

Demikian Tips Pola Hidup Sehat agar Cepat Hamil yang dapat Anda jalani untuk segera hamil. Namun kembali lagi kepada Tuhan yang menentukan kapan waktu terbaik Anda hamil. Teruslah berusaha dan berdoa untuk mendapat hasil yang terbaik. Hindari hal-hal yang akan menghambat kehamilan.

Related For 4 Tips Pola Hidup Sehat agar Cepat Hamil