Menu

Tips Obati Ruam Pada Kulit

Mei 17, 2014 | Kesehatan Kulit, Tips Gaya Hidup Sehat | 540 Pengunjung

Tips Obati Ruam di Kulit – Sahabat Berkatsehat.com saat kita melakukan aktivitas, tanpa kita kehendaki kadang terjadi iritasi pada kulit kita. Hal ini terjadi kontak benda yang menjadi agen iritan dengan kulit kita yang sensitif. Iritasi bisa berasal dari kontak dengan benda apapun, seperti alergi, sabun, perhiasan, baju, parfum, obat-obatan hingga gigitan serangga. Iritasi ini kemudian dapat dapat berujungan dengan terjadinya ruam pada kulit.

Tips Mengatasi Ruam Pada Kulit

Ruam pada kulit biasanya diawali dengan timbulnya rasa gatal pada daerah yang terjadi kontak. Jika mengalami hal ini, kita dapat mencoba  Tips Obati Ruam pada Kulit di bawah ini dengan melakukan perawatan rumahan sebagai berikut :

Tips Obati Ruam di Kulit

Tips Obati Ruam di Kulit

1. Cuka sari apel

Pada jenis kulit yang kering biasanya ruam kulit ini terjadi. Cuka sari apel adalah obat yang efektif untuk mengatasi hal ini. Kita gunakan cuka ini karena cuka sari apel ini mengandung zat anti septik yang mampu menyembuhkan ruam kulit, tanpa membuatnya kering.

2. Daun mint

Kita dapat menggunakan daun mint ini karena dapat menyembuhkan ruam di kulit. Kandungan vitamin yang terdapat pada daun mint baik untuk mengurangi bengkak dan memberikan efek dingin. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan menghancurkan segenggam daun mint dan kemudian oleskan pada kulit yang mengalami ruam.

3. Daun kemangi

Pada daun kemangi terdapat kandungan zat thymol dan kamper yang mampu menghilangkan gatal yang mengakibatkan ruam. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan mengosokkan daun kemangi pada kulit yang mengalami ruam.

4. Lidah buaya

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa lidah buaya dikenal memiliki kandungan anti oksidan di dalamnya. Gel yang terdapat pada lidah buaya ini baik digunakan untuk menyembuhkan bengkak dan gatal di kulit yang terjadi ruam. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan mengambil gel yang berasal dari lidah buaya, lalu digosokkan pada kulit yang terjadi ruam.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Eksim, Ruam dan Kulit Kapalan

5. Oatmeal

Oatmeal, di luar perkiraan banyak orang, ternyata dapat berfungsi sebagai obat alami untuk mengobati ruam kulit. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan merendam oatmeal di air hangat hingga oatmeal tersebut menjadi lunak. Langkah selanjutnya adalah dengan mengoleskan oatmeal lunak itu pada kulit yang terjadi ruam. Selat itu oatmeal juga ampuh digunakan untuk menyembuhkan gatal-gatal.

Selain menggunakan bahan-bahan diatas untuk perawatan rumahan pada ruam di kulit, ruam juga dapat diobati dengan chamomile dan minyak lavender. Kedua bahan tersebut terbukti juga ampuh serta baik untuk mengobati dan menyembuhkan ruam yang terjadi pada kulit. Selamat mencoba!

Related For Tips Obati Ruam Pada Kulit