Menu

Tips Mengolah Daun Jambu Biji untuk Obat Diare

Maret 7, 2017 | JadiSehat, Tips Sehat | 10.886 Pengunjung

Tips Mengolah Daun Jambu Biji untuk Obat Diare | Jambu biji atau psidium guajaya L ini adalah salah satu jenis buah yang paling dianggap memiliki banyak sekali kandungan yang berguna bagi tubuh. Selain rasanya yang sangat lezat untuk dilahap secara langsung atau pun dibuat jus, jambu biji ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi bila dibandingkan dengan buah jenis lainnya. Jambu biji juga mempunyai nutrisi yang sangat baik sekali bagi tubuh, misalnya saja terdiri dari vitamin A, B1, dan C, kalori, air, fosfor, hidrat arang, rendah lemak, dan protein.

Tips Mengolah Daun Jambu Biji untuk Obat Diare

Tak hanya buah jambu biji yang kaya akan nutrisi tersebut, ternyata daun jambu biji pun juga memiliki kandungan banyak zat gizi, seperti halnya asam psidiolat, minyak astiri, asam ursolat, asam oleanolat, asam kratogolat, asam guajaverin, dan jenis vitamin yang lainnya.

Daun jambu biji juga mempunyai berbagai manfaat, yakni untuk obat diare, control kolesterol, atasi diabetes, dan pengaruhi kardiovaskuler. Dan berikut ini adalah beberapa tips mudahnya mengolah daun jambu biji untuk obat diare yang harus Anda tahu.

Tips mengolah daun jambu biji untuk obat diare

Menumbuk

Silakan Anda siapkan 6 lembar daun jambu biji segar dan 1 cangkir air matang, lalu tumbuh daun jambu bijinya sampai halus, setelah itu masukkan dalam 1 cangkir air matang, kemudian peras airnya dan minum 2 kali sehari.

Merebus

Siapkan saja 3 lembar daun biji segar dan 3 gelas air biasa. Rebus daun jambu biji ke dalam 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah itu saring dan minum air rebusannya. Cara lainnya adalah dengan menyiapkan 30 gram daun jambu biji segar yang masih muda, dengan 1 genggam tepung beras dan juga 1 hingga 2 gelas air bersih. Rebus semua bahannya lalu saring dan minum 2 kali sehari.

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa obati diare dengan cara lain, yakni siapkan 5 daun jambu biji segar, 1 potong akar, kulit, dan juga batang dari tanaman jambu biji. Setelah itu rebus semua bahan dalam 1.5 liter air bersih sampai mendidih. Bila sudah saring dan minum air rebusan ini 2 kali sehari. Hingga diare Anda sembuh.

Memakannya

Langkah-langkahnya juga sangat mudah sekali, yakni Anda bisa ambil daun jambu biji yang muda dan masih segar, lalu cuci hingga bersih dengan air mengalir. Berikan saja sedikit garam pada daun jambu biji tersebut lalu lipat. Kunyah dan telan airnya kemudian buang bagian ampasnya.

Menyeduh

Silakan Anda rebus daun jambu biji segar dengan menggunakan air mendidih, setelah itu seduh air rebusan dari daun jambu biji dengan teh, dan minum 2 kali sehari.

Perlu Anda tahu bahwasannya daun jambu biji ini dianggap sangat aman sekali sebagai obat diare sebab merupakan salah satu bahan alami tradisional yang menyehatkan. Walaupun demikian, pemeriksaan yang lebih lanjut ke dokter juga sanagt diperlukan bagi penderita diare parah. Apalagi pada saat sudah mencoba tips di atas tetapi diare tak kunjung reda atau pun saat diare disertai mual dan muntah.

Nah, itulah tadi yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya tentang tips mengolah daun jambu biji untuk obat diare. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Related For Tips Mengolah Daun Jambu Biji untuk Obat Diare