Menu

Tips Mengobati Buah Hati Kita yang Sedang Batuk

Desember 10, 2015 | Batuk, Kesehatan Anak | 2.122 Pengunjung

Tips mengobati buah hati kita yang sedang batuk – Derita batuk ini benar-benar sangat menganggu ketika Anak kita mengalaminya. Saat anak kita batuk, kita pasti tidak tega untuk melihatnya. Apalagi saat buah hati kita sedang tertidur nyenyak dan tiba-tiba terbangun karena Batuk pada malam hari.

Anak Batuk

Anak Batuk

Ketika kondisinya seperti ini, sebaiknya Sahabat Informasi Kesehatan tidak perlu panik hingga harus menyalahkan buah hati kita yang jajan sembarangan sehingga harus menderita batuk pilek. Atau, menyalahkan istri atau suami, atau bahkan pengasuhnya, yang kebetulan waktu kesehariannya dihabiskan bersama buah hatinya, dengan menuduh sembrono karena buah hatinya tersebut menjadi menderita batuk pilek.

Ah sudahlah, sebaiknya kita hentikan bersikap menyalahkan anak ataupun orang lain karena penderitaan buah hati kita ini. Dan sebaiknya kita tidak boleh terlalu cemas, panik ataupun over reaksi menghadapi si kecil yang sedang batuk pilek ini. Karena, sekarang kita mengadopsi cara rumahan yang aman untuk mengobati batuk pilek pada anak yang sedang menderita di rumah. Sebenarnya caranya tidak terlalu sulit, kita cukup mengikuti tips mengobati buah hati kita yang sedang batuk di bawah ini:

1. Mencoba memberikan anak minum air putih lebih banyak, dengan tujuan untuk mengencerkan dahak buah hati kita sehingga mudah untuk dikeluarkan.

2. Pengobatan terbaik adalah berasal dari perlawanan dari ketahanan tubuh atau kekebalan tubuh masing-masing pribadi, termasuk juga pada buah hati kita. Oleh karena itu dengan membiarkan buah hati kita beristirahat secara optimal maka akan membuat tubuhnya memiliki kesempatan untuk melawan secara maksimal virus yang menyerangnya. Pada sisi yang lain, pemberian dan pemenuhan asupan nutrisi yang cukup akan mendukung upaya dari buah hati kita dalam meningkatkan daya tahan tubuh yang dimilikinya.

Baca Juga :   13 Jenis Buah dan Sayur Penghalau Batuk, Pilek dan Flu Bagian 2

3. Batuk pilek diketahui dapat menular dengan cepat, oleh karena itu sebaiknya mengajarkan kepada buah hati kita untuk rajin membasuh tangan, terutama bila ia telah memegang atau menutup hidungnya. Atau, ketika bersin atau batuk, meminta buah hati kita untuk menutup dengan menggunakan sapu tangan atau tisu.

4. Pada penggunaan obat batuk pilek yang kita pilih untuk mengatasi batuk pilek yang sangat mengganggu buah hati kita, maka sebaiknya dengan memberikan obat batuk pilek sesuai gejala yang ada. Obat tersebut hendaknya dipastikan memiliki formulasi khusus untuk anak-anak. Selain itu, kandungan zat aktif yang dimilikinya mempunyai dosis yang pas untuk anak dalam mengobati gejala batuk pilek yang ada pada buah hati kita. Agar pengobatannya lancar, kita harus memastikan bahwa obat tersebut disukai oleh buah hati kita yang sedang menderita batuk pilek, yaitu dengan memilih obat batuk pilek yang mempunyai rasa buah-buahan yang disukai buah hati kita.

Selain itu, apabila dirasa perlu dan memang tersedia peralatan inhalasi, maka dapat diberikan terapi inhalasi untuk melegakan saluran napas serta mengencerkan dahak buah hati kita.

Demikian semoga kita dapat menarik manfaat dari beberapa hal tentang batuk pilek pada buah hati kita, serta dapat memanfaatkan secara optimal tips mengobati buah hati kita yang sedang batuk.

Related For Tips Mengobati Buah Hati Kita yang Sedang Batuk