Menu

Sunscreen Melindungi dari Kanker Kulit dengan 3 Cara

November 13, 2015 | Kesehatan Kulit, Tips Gaya Hidup Sehat | 144 Pengunjung

Sunscreen Melindungi dari Kanker Kulit dengan 3 Cara – Pada musim kemarau atau musim pancaroba, tentu para sahabat Informasi Kesehatan merasakan bagaimana terik matahari menyengat kulit. Apalagi pada kondisi cuaca tersebut kita melakukan aktifitas di luar ruangan semisal renang, beraktivitas di pantai dan sebagainya, akan merasakan betapa tinggi tingkat paparannya. Nah resiko tingginya paparan sinar matahari ini akan membuat kulit terbakar, rentan terhadap kanker kulit, rentan terhadap penuaan dini, kulit keriput dan timbulnya bintik matahari pada kulit.

Semua potensi kerusakan kulit dan risiko terkena kanker kulit sebenrnya dapat dicegah tanpa harus menghalangi aktivitas di luar rumah. Aktivitas tersebut dapat kita lakukan dengan menggunakan tabir surya (sunscreen) pada wajah dan bagian tubuh lainnya yang akan terkena sinar matahari dengan dosis tertentu. Namun harus diingat bahwa penggunaan tabir surya sifatnya bukan untuk waktu yang lama dan harus diulang secara berkala apabila masih beraktivitas di bawah sinar matahari untuk jangka waktu yang lama.

Sunscreen Melindungi dari Kanker Kulit dengan 3 Cara

Sunscreen Melindungi dari Kanker Kulit dengan 3 Cara

Setelah mengetahui manfaat tabir surya bagi kulit, kita juga harus memahami Tips Gaya Hidup Sehat tentang bagimana Sunscreen Melindungi dari Kanker Kulit dengan 3 Cara, yaitu :

1. Menghalangi Sinar Ultra Violet A (UVA) dan UVB dari Matahari

Kedua jenis sinar tersebut sangat berbahaya bagi kulit, karena menyebabkan kulit terbakar dan juga keriput serta penuaan dini. Tabir surya bertindak sebagai penghalang yang mencegah sinar yang mempengaruhi kulit secara langsung. Tidak seperti penggunaan payung, sunscreen hanya mampu meminimalkan dampak buruk yang bisa diciptakan oleh sinar berbahaya tersebut. Penggunaan tabir surya yang efektif dan benar adalah setiap 20 menit saat kita berada langsung di bawah terik sinar matahari untuk waktu yang lama. Oleskan tabir surya dan ratakan pada semua anggota tubuh yang berpotensi terpapar sinar matahari tersebut.

Baca Juga :   Metode Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh Secara Alami

2. Melindungi Kulit Meskipun Berada di Bawah Air

Pada produk sunscreen yang terbaru, sangat tahan air dan sangat membantu ketika kita beraktivitas renang di terik matahari. Penggunaan tabir surya sesuai kebutuhan dan sebanyak yang diinginkan sebagai perlindungan tubuh saat berenang, serta tidak akan tergerus oleh air kolam. Tabir surya juga digunakan melindungi kulit dari zat klorin yang terlarut pada kolam renang karena dapat membuat kulit benar-benar kering.

3. Perlindungan Lebih pada Permukaan Reflektif

Sinar matahari pada permukaan reflektif bisa sangat berbahaya. Pasir, salju, jalan aspal dan air, semua merupakan permukaan reflektif yang dapat membutakan apabila terkena terik matahari serta memantulkan panas. Pantulan dari partikel reflektif tersebut juga kemungkinan berpotensi lebih tinggi menimbulkan kanker kulit. Oleh karenanya pengunaan tabir surya sebanyak yang dikehendaki akan meningkatkat perlindungan yang maksimal bagi kulit kita.

Jadi fungsi utama dari tabir surya (sunscreen) adalah mencegah dan menjaga sinar UVA dan UVB yang berbahaya tersebut dalam mempengaruhi kulit dan melindunginya dari kanker kulit. Bijaksanalah memilih dan menggunakan tabir surya yang tepat, yang disesuaikan dengan SPF yang tepat pula untuk kulit kita.

Related For Sunscreen Melindungi dari Kanker Kulit dengan 3 Cara