Menu

Sering Bersendawa dan Kentut Terjadi Karena 5 Penyebab Ini

Maret 23, 2015 | Kesehatan Pencernaan | 1.486 Pengunjung

Penyebab dari sering bersendawa dan kentut – Kentut dan bersendawa pasti pernah dialami oleh setiap orang. Dan akan menimbulkan kejengkelan bagi Sahabat Informasi Kesehatan apabila kentut atau bersendawa sering terjadi dan dialami serta tak tertahankan pada saat kita sedang beraktivitas dalam suatu kerumunan, atau ketika kita sedang atau bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Ini akan membuat kita menjadi malu besar dan membuat canggung dalam situasi tersebut.

Sendawa

Sendawa

Yup, itu benar. Bukan saja gas keluar dari tubuh seperti kentut dan bersendawa itu cukup memalukan, namun juga bau yang ditimbulkannya. Dan tentunya makin menjadi apabila hal itu terjadi terlalu sering dan kita tak mampu mengendalikannya. Nah, pada saat kita tidak mampu mengendalikan gangguan ini maka sebaiknya kita harus memahami dan belajar untuk mengerti apa artinya dari signal yang menjadi penyebab dari sering bersendawa dan kentut bagi tubuh kita ini.

Kentut

Kentut

Karena faktanya memang benar bahwa ternyata kentut atau bersendawa adalah salah satu cara tubuh untuk mengirim isyarat bahwa ada sesuatu yang bermasalah pada organ tubuh kita. Dan kentut atau bersendawa ini juga sebagai bentuk sinyal yang diberikan oleh organ-organ tubuh kita untuk memberitahu tentang gangguan yang perlu kita perhatikan. Berikut adalah beberapa sinyal dari tubuh berhubungan dengan keluarnya gas dari tubuh, atau yang berarti penyebab dari sering bersendawa dan kentut, yakni:

1. Terlalu banyak bakteri dalam usus

Pertumbuhan bakteri dalam usus dapat menyebabkan tubuh berlebihan menyimpan banyak gas. Selain itu, gas yang terakumulasi juga menyebabkan perut kembung.

Jenis makanan yang menyebabkan kembung dan gas dalam usus bahwa buah-buahan seperti alpukat, ceri, plum dan kacang-kacangan dan gandum dan bawang putih. Sebaliknya, segera untuk menghindari makanan ini untuk membantu mengurangi produksi gas usus. Selain itu, kita makan terlalu banyak makanan yang mengandung fermentasi bakteri. Karena jenis makanan ini juga berperan sebagai pemicu peningkatan populasi bakteri dalam usus yang dapat menghasilkan banyak gas.

2. Konsumsi makanan yang terlalu cepat atau makan sambil mengobrol

Jika kita mengkonsumsi makanan dalam waktu yang pendek dan cepat, atau bahkan kita makan sambil ngobrol, itu berarti kita tidak sengaja bisa menelan terlalu banyak udara. Udara yang masuk ke tubuh terlalu banyak dapat membuat produksi gas yang banyak pula di dalamnya. Banyak udara akan meningkatkan proporsi perut sehingga tubuh akan bereaksi untuk segera mengurangi itu. Dan lebih dari bersendawa – cara perut melakukan penyesuaian – dilakukan karena menelan terlalu banyak udara.

3. Sumber makanan yang mengandung susu atau jenis produk olahannya

Sistem tubuh kita akan mengurangi jumlah enzim laktat untuk mencoba mencerna makanan dalam produk susu. Jika kemudian kita makan keju dan susu dalam jumlah besar, itu bisa menjadi kemungkinan terciptanya banyak produksi gas. Sebaliknya, sebaiknya dalam kondisi ini mengurangi konsumsi sumber makanan yang berasal dari susu untuk membuat perut terasa lebih nyaman.

4. Perubahan hormonal

Ketika para wanita pada usia menopause atau dalam kondisi di mana tubuh mulai kehilangan banyak hormon, disitulah ternyata gas yang terbentuk di dalam tubuh. Tidak jelas bagaimana hormon mempengaruhi produksi tubuh dari gas, tetapi kebanyakan wanita akan merasa perut terlalu banyak gas ketika terjadi perubahan hormonal. Maka sebaiknya semakin banyak frekuensi latihan sehingga perut terasa lebih nyaman ketika perubahan hormonal terjadi.

5. Kondisi sembelit

Ketika perut mulai merasa mengganggu dan bahkan cenderung menyakitkan, itu membuat kita mengalami gas buang melalui kentut yang cukup sering terjadi. Sumber gangguan perut karena kondisi sembelit merupakan gangguan yang kebanyakan orang sering mengalaminya. Minum lebih banyak air, cukup berolahraga dan makan makanan sumber yang cukup serat adalah cara untuk mengatasi masalah ini.

Itu adalah semua tentang 5 sinyal dari tubuh yang mungkin menjadi penyebab dari sering bersendawa dan kentut.

Related For Sering Bersendawa dan Kentut Terjadi Karena 5 Penyebab Ini