Menu

Pertimbangan Pilihan Aman Diperlukan Sebelum Operasi Gangguan Refraksi

Agustus 21, 2015 | Kesehatan Mata | 99 Pengunjung

Pertimbangan pilihan aman diperlukan sebelum operasi gangguan refraksi – Peningkatan penggunaan alat-alat atau gadget modern seperti smartphone, tab, laptop dan lain-lain saat ini benar-benar memberikan kemudahan dalam membangun komunikasi dan mendapatkan informasi. Namun demikian, penggunaan sarana-sarana modern ini juga mengkontribusi terhadap peningkatan terjadinya gangguan-gangguan kesehatan mata, yang salah satunya adalah gangguan refraksi.

Seperti yang diketahui oleh Sahabat Informasi Kesehatan, gangguan ini terjadi sebagai akibat ketidaktepatan tindakan menentukan sifat dan tingkat kesalahan bias di mata dan koreksi yang sama dengan lensa. Penggunaan alat-alat komunikasi gadget inilah yang menimbulkan kerja yang tervorsir dari otot mata, sehingga otot mata kita menjadi cepat lelah.

Pertimbangan Pilihan Aman Diperlukan Sebelum Operasi Gangguan Refraksi

Pertimbangan Pilihan Aman Diperlukan Sebelum Operasi Gangguan Refraksi

Akibatnya tentu dapat ditebak bahwa saat ini banyak kita jumpai anak-anak muda yang menggunakan kacamata yang tebal, dan bahkan ketebalannya melebihi dari yang dimiliki oleh orang dewasa. Ini tentu menjadikan keprihatinan bagi kita. Dan orang tua pun tentu tidak tinggal diam dengan keadaan putra-putrinya yang berkacamata tebal ini. Mereka lebih memilih menggunakan upaya penyelesaian permasalahan gangguan refraksi ini di meja operasi. Mereka tidak lagi memperhatikan pertimbangan pilihan aman diperlukan sebelum operasi gangguan refraksi. Mereka hanya ingin agar minus yang diderita anaknya dapat hilang saat remaja nanti dengan operasi lasik.

Pada banyak kasus, operasi lasik ini menjadi alternatif paling akhir dalam mengatasi gangguan refraksi. Mengapa demikian? Karena operasi ini melibatkan penangan khusus pada retina. Itu artinya, retina secara sistim prosedur operasinya akan dilakukan pengirisan retina. Pelaseran dilakukan dengan menggunakan laser yang ditembakkan untuk mengoreksi lensa serta bagian lain yang perlu diperbaiki.

Dengan proses pelaseran ini ketebalan kornea mata yang dimiliki oleh pasien lasik akan berkurang. Selain terjadinya irisan itu, lapisan bening pada mata pun akan akan terkikis karena penggunaan laser ini. Jelas ini akan menimbulkan efek samping bagi pasien lasik. Efek-efek samping lain yang bisa dirasakan tersebut antara lain adalah mata akan mudah kering, terlukanya atau bahkan hilangnya saraf-saraf yang terdapat di retina akibat pengirisan dengan laser ini, serta terganggunya produksi air mata akibat saraf yang mengaturnya terluka akibat operasi lasik.

Baca Juga :   Rusaknya Fungsi Mata Karena 6 Kebiasaan Buruk Ini

Oleh karena itu sebaiknya operasi lasik ini menjadi alternatif paling akhir diantara alternatif-alternatif lain dalam menyelesaikan permasalahan gangguan refraksi. Dan sebaiknya pula, operasi ini hanya digunakan untuk menangani gangguan refraksi yang bersifat berat, karena memang operasi ini dapat ampuh hasilnya pada satu keluhan tertentu saja, seperti astigmatisme, miopi dan hipermetropi. Namun jika operasi ini dilakukan pada beberapa keluhan tentu hasilnya tidak dapat optimal terselesaikan hingga 100%, karena memang hal tersebut bergantung pada kondisi mata dan keluhan gangguannya.

Jadi sebaiknya para penderita gangguan refraksi tidak gampang-gampang menentukan langkah operasi lasik jika belum mengetahui dan belum mampu menanggung resikonya. Adalah lebih bijak apabila menggunakan upaya alternatif dengan menggunakan kacamata yang memiliki kekuatan koreksi sangat tinggi, sehingga kaca atau lensa yang digunakan tidak terlalu tebal. Dan hal ini telah mendukung teknologinya serta telah pula tersedia jenis lensa seperti ini. Dengan hanya lensa tipis yang berkekuatan koreksi tinggi maka gangguan refraksi dapat teratasi.

Selain itu, alternatif lain yang dapat dipilih adalah penggunaan lensa kontak. Ini akan terlihat lebih praktis dalam penggunaan dan fashionable. Hanya saja kita harus pandai dan rajin merawatnya agar manfaat yang besar bisa kita dapat dan efek samping akibat kemalasan dalam membersihkan dan merawat lensa kontak tidak kita rasakan.

Demikian beberapa pertimbangan pilihan aman diperlukan sebelum operasi gangguan refraksi, semoga ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Related For Pertimbangan Pilihan Aman Diperlukan Sebelum Operasi Gangguan Refraksi