Menu

Penyebab Kanker Kulit Kepala Ini Wajib Diwaspadai

Februari 16, 2017 | JadiSehat, Tips Sehat | 717 Pengunjung

Penyebab Kanker Kulit Kepala Ini Wajib Diwaspadai | Mendengar kata kanker saja kebanyakan orang memang merasa enggan. Apalagi kalau kanker dikait – kaitkan dengan kesehatan kulit. Akan tetapi memang nyatanya saat ini kanker kulit sedang marak terjadi. Tak hanya kanker kulit kepala karena kanker kulit kepala juga menjadi salah satu aspek yang sangat rentan terjadi dewasa ini.

Penyebab Kanker Kulit Kepala Ini Wajib Diwaspadai

Kulit kepala yang sehat memang sangat diidamkan karena dapat melindungi rangka dan tulang kepala dengan maksimal. Akan tetapi nyatanya gaya hidup yang kurang sehat dan kesalahan memperlakukan kulit kepala dalam kegiatan sehari – hari menjadi beberapa elemen yang menimbulkan masalah kanker kulit kepala.

Lantas kira – kira apa saja yang menjadi penyebab munculnya penyakit kanker kulit kepala ini?

Penyebab Kanker Kulit Kepala

Ada beberapa aspek yang menjadi penyebab kanker kulit kepala. Berikut ini beberapa aspek yang perlu Anda tahu tentang penyebab kanker kulit kepala diantaranya :

Zat oksidan

Zat oksidan ini memang sangat buruk bagi kesehatan karena zat ini akan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan juga dapat menjadi salah satu faktor timbulnya penyakit kanker. Untuk hal ini sangat disarankan Anda mengonsumsi buah – buahan yang mengandung zat antioksidan yang tinggi semisal mengonsumsi buah tomat, buah naga, delima dan yang lainnya.

Sinar radio aktif

Dalam perkembangannya sinar ini memang memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kulit dan juga turut ambil bagian dalam penyebaran penyakit kanker kulit. Misalkan korban ledakan bom nagasaki dan hiroshima tahun 1945 di Jepang. Hampir sebagian besar korban yang selamat dari peristiwa ledakan bom tersebut menderita penyakit kanker kulit dikarenakan sinar radio aktif yang dipancarkan oleh bom tersebut.

Baca Juga :   Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

Sinar Ultra Violet

Sinar matahari memang sangat baik bagi tulang yaitu ketika awal terbit sampai dengan pukul 10.00 pagi karena didalamnya terdapat banyak kandungan vitamin D yang dapat membantu pembentukan tulang dengan semakin baik.

Akan tetapi jika lebih dari pukul 10.00 maka sinar matahari sangat berbahaya bagi kesehatan kulit karena sinar ini dapat membakar lapisan kulit kepala tubuh. Sebagai tindakan antisipasi ketika Anda berangkat ke luar rumah dari pukul 10.00 kenakan tabir surya dan kenakan pelindung tubuh seperti baju panjang dan topi.

Menghindari beberapa aspek penyebab diatas merupakan kewajiban yang perlu dilakukan jika Anda ingin memiliki kulit kepala yang sehat dan terbebas dari resiko kanker kulit kepala.

Sebenarnya penyakit ini merupakan tingkatan kanker yang paling rendah sebab gejalanya terasa dari awal kanker ini muncul. Beberapa gejala dari kanker kulit kepala yang perlu Anda tahu diantaranya :

Benjolan yang tidak wajar

Benjolan yang tidak wajar ini timbul di beberapa lapisan jaringan bawah kulit kepala. Bahkan semakin lama bisa menyebar atau terkadang hanya satu benjolan tetapi semakin membesar.

Kulit mudah berdarah

Tidak terkena pisau atau yang lainnya tiba – tiba saja kulit berdarah tanpa sebab. Atau mungkin habis jatuh tetapi darahnya tidak kunjung hilang maka semakin lama bukannya sembuh melainkan semakin parah. Ini juga menjadi salah satu tanda yang harus diwaspadai karena menjadi salah satu penyebab kanker kulit.

Kulit kepala terasa gatal dan mengelupas

Siapa saja mungkin pernah mengalami kulit kepala yang gatal. Akan tetapi kalau gatal tidak tertahankan sudah diobati tetapi tidak kunjung reda dan kemudian diiringi dengan kulit kepala yang bersisik dan sampai mengelupas parah maka Anda perlu hati – hati.

Baca Juga :   Macam – Macam Senam Lantai Sehatkan Tubuh

Terjadi beberapa gejala diatas? Segera hubungi dokter untuk mencari solusinya sejak dini. Semoga informasi tentang Penyebab Kanker Kulit Kepala dan informasi gejalanya menjadi informasi yang bermanfaat.

Related For Penyebab Kanker Kulit Kepala Ini Wajib Diwaspadai