Menu

Penyakit Vertigo Adalah

Oktober 11, 2016 | Informasi Kesehatan | 248 Pengunjung

Penyakit Vertigo Adalah – Mungkin pernah diantara kita bangun atau terbangun secara tiba-tiba dari tidur kita karena merasakan tempat tidur kita seolah-olang bergoyang-goyang seperti sampan di tengah lautan. Bukan itu saja, ruangan di kamar tidur kita juga tiba-tiba seperti berputar hebat dan kita seperti jungkir balik, terjebak di dalamnya. Dan bahkan meski kita mencoba kembali menutup mata sekalipun, tetapi sensasi berputar tersebut masih kita rasakan hebatnya.

Sensasi yang kita alami tersebut merupakan vertigo. Sensasi yang menimbulkan ilusi dunia berputar sering dialami oleh penderita vertigo, sebagai akibat dari gangguan organ keseimbangan tubuh. Selain itu, rasa pusing hebat yang ditimbulkan vertigo ini kebanyakan diderita oleh Sahabat Berkat Sehat Wanita, memang seringkali disertai pula dengan sensasi berputar di kepala. Oleh karena itu hal ini memang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut karena memang vertigo ini bukanlah suatu penyakit seperti anggapan kita selama ini. Melainkan vertigo merupakan gejala dari sesuatu yang harus diteliti lebih lanjut penyebabnya atau sumbernya.

Vertigo

Vertigo

Sensasi berputar di kepala yang dialami seorang awam karena vertigo ini kadang diamini sebagai pusing atau sakit kepala. Namun sebenarnya jelas berbeda. Dan hanya kita sendiri yang mampu merasakan dan mendiagnosis diri kita sendiri, bahwa yang kita alami ini betul-betul vertigo. Kemampuan  ini perlu diasah atau dilatih dengan benar, karena kebenaran diagnosis yang dilakukan akan mempengaruhi keberhasilan penanganan lanjutannya.

Karena vertigo sebenarnya merupakan gejala, sama seperti halnya panas atau demam di tubuh kita akibat virus atau bakteri. Jadi penelitian dan diagnosis terhadap gejala ini harus cermat dilakukan. Oleh karena itu terlebih dahulu kita harus mengenal vertigo dan penyebabnya. Kemunculan vertigo berhubungan dengan 3 komponen dasar dari organ tubuh kita yang diduga sedang bermasalah, yakni mata, telinga bagian dalam serta sistem proprioseptif yang terkait dengan gerak sendi manusia.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Mengatasi Kebiasaan Mengompol

Tiap-tiap komponen dasar dari organ tubuh kita itu terhubung ke syaraf otak kita. Nah, kesenjangan yang terjadi pada salah satunya itu yang mengakibatkan vertigo. Artinya adalah bila ada terdapat informasi yang dipersepsikan salah oleh indera kita tersebut maka hal itu yang menimbulkan vertigo. Jadi pada saat otak salah mempersepsikan atau menerjemahkan informasi maka endolimfe ini terlambat untuk menata posisi seimbangnya.

Endolimfe merupakan cairan yang berada pada organ keseimbangan, yang bertugas mengisi kanal di saluran telinga dalam. Cairah ini akan terus bergerak dan menerjemahkan posisi tubuh manusia, seperti menginstruksi untuk vertikal ketika berdiri dan horizontal saat berbaring. Hasil terjemahan dari cairan endolimfe inilah yang kemudian dikirim ke otak kecil untuk digunakan menata keseimbangan tubuh.

Nah, pada saat hasil terjemahan atau hasil persepsi dari kanal telinga tersebut diterjemahkan keliru oleh otak, atau emdolife terlambat memperbaiki posisi, maka ilusi yang mengganggu keseimbangan ini akan terjadi. Pada saat otak masih menerjemahkan kepala pada posisi berbaring saat tubuh sudah berdiri, saat otak masih menerjemahkan kepala masih berdiri sedang tubuh telah berbaring, maka ilusi berputar itu pun terjadi. Inilah yang dapat kita contohkan secara sederhana dari terjadinya vertigo.

Agar pemahaman kita lebih mendalam dalam mengenal vertigo dan penyebabnya, maka dapat diketahui bahwa vertigo dapat dibagi menjadi :

Jenis Jenis Vertigo

1. Vertigo perifer

– Vertigo ini merupakan vertigo yang bermain di bagian pinggir kepala dan 75 persen disebabkan oleh gangguan keseimbangan.

– Sensasi ilusi yang kerap sekali dirasakan adalah seolah-olah berputar, disertai rasa mual seperti mabuk kendaraan.

– Pada skala yang lebih tinggi, penderita vertigo ini bahkan tidak sanggup untuk berdiri.

Baca Juga :   Mengapa Migrain Menjadi Sakit Kepala Yang Luar Biasa?

– Vertigo ini terjadi secara tiba-tiba, dengan rasa pusing yang hebat.

– Vertigo ini cenderung cepat hilang.

2. Vertigo sentral

– Vertigo ini disebabkan oleh penyakit yang lebih rumit, seperti stroke atau tumor.

– Vertigo ini juga bisa disebabkan pula kondisi pasca trauma, sehabis benturan keras. Karena kepadatan tulang kepala dan otak tidak sama, maka seolah-olah otak tetap bergetar meski tengkorak telah stabil.

– Vertigo ini biasanya muncul secara perlahan-lahan sehingga tak terlalu dirasakan.

– Vertigo ini keberadaannya dideteksi dengan pemeriksaan lanjutan.

– Vertigo ini juga membutuhkan pengobatan jangka panjang.

Secara umum vertigo ini memiliki sifat sangat kompleks, dan diduga dapat disebabkan oleh bermacam-macam faktor, seperti trauma, pengaruh usia, virus ataupun bakteri.  Namun, secara spesifik penyebab pasti yang memantik terjadinya vertigo masih belum diketahui. Hanya saja pada kondisi tertentu yang dikondisikan, kesalahan reaksi tubuh ini dapat dikondisikan untuk dilatih, seperti pada permain acrobat. Jadi mereka tidak merasakan efek ilusi berputar meski harus berjungkir balik dengan posisi kepala yang selalu berubah.

Demikian beberapa hal yang mungkin dapat membuka wawasan dan pengetahuan kita tentang Penyakit Vertigo Adalah sesuatu yang sebenarnya merupakan suatu gejala dari ketidakseimbangan tubuh, dan bukan merupakan suatu penyakit.

=============

Tags: Penyakit Vertigo adalah, Jenis Jenis Vertigo, Dampak Vertigo

Related For Penyakit Vertigo Adalah