Menu

Penikmat Kopi Wajib Mengetahui 9 Hal Tentang Kopi Ini

November 3, 2015 | JadiSehat | 94 Pengunjung

Manfaat kopi – Bagi para penikmat kopi tentu tak akan pernah bisa melewatkan saat-saat istimewa menikmati secangkir kopi hangat di pagi hari menjelang aktivitas rutin yang harus dijalani. Atau, menikmati hangatnya kopi bersama sahabat atau kerabat sambil bersenda gurau atau debat kusir di kedai kopi, warung, angkringan ataupun kafe. Sungguh suatu kehangatan budaya dalam berinteraksi sosial antar masyarakat melayu yang memanfaatkan kehangatan kopi sebagai media penghubungnya.

Penikmat Kopi Wajib Mengetahui 9 Hal Tentang Kopi Ini

Penikmat Kopi Wajib Mengetahui 9 Hal Tentang Kopi Ini

Namun pernahkah terlintas di pikiran Sahabat Informasi Kesehatan bagaimana mungkin kopi bisa memerankan peran antara tersebut. Bagaimana kopi dan kafein mampu memainkan peran dalam menstimulus penikmatnya? Begitu banyak pertanyaan yang mungkin saja melintas di pikiran kita, oleh karena itu ada baiknya apabila kita mengetahui hal-hal penting mengenai kopi ini.

1. Kafein bisa membunuhmu

Namun dengan syarat kita harus minum secara terburu-buru 80 hingga 100 cangkir, demikian menurut penjelasan para ahli kesehatan. Tetapi para ahli juga menyarankan untuk tidak berpikir mencobanya.

2. Kopi bisa bagus Untuk kita

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang Amerika mendapatkan sebagian besar antioksidan mereka dari satu sampai dua cangkir sehari kopi yang dikonsumsinya dan hal ini tampaknya berhasil dan menguntungkan. Atau, jika tidak menyukai kopi, kita bisa mencoba teh hitam, sumber antioksidan yang paling banyak dikonsumsi. Pisang, kacang-kacangan kering dan jagung juga menjadi 5 sumber top antioksidan selain kopi dan teh hitam.

3. Kafein mampu mengurangi rasa sakit

Sebuah penelitian kecil yang ditemukan menyebut bahwa dosis moderat kafein atau setara dengan dua cangkir kopi, dapat memotong nyeri otot pasca-gym. Tetapi obyek penelitian ini dilakukan pada orang-orang yang bukan menjadi peminum kopi biasa.

Baca Juga :   20 Manfaat Mengejutkan Kopi Bagi Kesehatan, Bagian Pertama

4. Kafein bisa membuat terjaga sepanjang malam

Untuk hal ini, para ahli kesehatan menyarankan menghindari mengkonsumsi kopi selama 6 jam sebelum tidur.

5. Kopi tanpa kafein sebenarnya tetap memiliki kafein

Sebuah studi menemukan bahwa bila kita meminum 5 sampai 10 cangkir kopi tanpa kafein, maka sebenarnya kita bisa mendapatkan banyak kafein dari situ atau setara dengan satu atau dua cangkir kopi berkafein.

6. Dekafeinasi menggunakan bahan kimia

Biji kopi yang dikukus, akan membuat kafein terlarut sehingga naik ke permukaan. Inilah yang kemudian dapat dicuci menggunakan pelarut organik yang disebut dengan metilen klorida.

7. Pahit pada kopi bukan karena kandungan kafein

Kafein bukanlah senyawa pahit utama dalam kopi. Sebaliknya, pelaku utama pembuat pahit adalah antioksidan.

8. Kopi besar Tergantung pada pembakaran (roasting) dan fermentasi (brewing)

Untuk kopi yang bercita rasa tinggi, kandungan kimia pada kopi didapat dari proses memanggang dan fermentasi. Selama kopi dipanggang, minyak terkunci di dalam biji dan mulai muncul sekitar suhu 400 derajat. Semakin banyak minyak, maka semakin kuat rasa. Kandungan kafein akan menguap seiring air yang menguap karena proses pembakaran dengan suhu tinggi, sehingga kopi biasa sering memiliki lebih banyak kafein daripada espresso atau cappuccino. Panggang gelap juga menghasilkan lebih banyak kafein.

9. Kopi pertama kali ditemukan oleh kambing

Sebuah milenium lalu di lereng gunung di Afrika, kawanan kambing terus digembalakan di malam hari setelah berpesta memakan buah kopi merah. Kemudian para gembala mengambil penemuan hewan gembalaannya tersebut untuk disajikan pada beberapa biarawan dan bangsawan pada sesi doa atau perhelatan yang sangat panjang.

Demikian yang harus kita ketahui sebagai penambah khasanah pengetahuan kita yang mungkin berguna bagi pengetahuan kesehatan kita terhadap Manfaat kopi.

Related For Penikmat Kopi Wajib Mengetahui 9 Hal Tentang Kopi Ini