Menu

Pengobatan Kanker Ovarium Stadium Lanjut

September 4, 2016 | Kanker, Organ Kewanitaan | 468 Pengunjung

Kanker Ovarium Stadium Lanjut – Perlu Anda tahu bahwa penyakit kanker ovarium ini bisa dikategorikan ke dalam 3 jenis, yakni tumor epitelial, tumor sel germinal, dan juga tumor stromal. Yang mana, penentuan dari jenis kanker yang satu ini berdasarkan sel mana yang nantinya akan diserang. Tumor epitelial merupakan kanker ovarium yang biasanya terjadi apabila sel kankernya menyerang jaringan yang telah membungkus ovarium. Ada sekitar 9 dari 10 kasus penyakit kanker ovarium adalah jenis ini. Sementara itu untuk tumor stromal ini sendiri akan muncul pada saat sel kankernya menyerang jaringan yang mengandung sel penghasil hormon. Jenis kanker tersebut masuk dalam kategori jarang dan diperkirakan hanya akan diderita 7 dari 100 pengidap kanker ovarium. Lain halnya dengan tumor sel germinal, sel kanker tersebut menyerang sel-sel penghasil telur dan jenis kanker ovarium ini umumnya akan menyerang wanita muda.

 Pengobatan Kanker Ovarium Stadium Lanjut

Pengobatan kanker ovarium stadium lanjut

Memang benar sekali jika masing-masing dari pengidap penyakit kanker yang satu ini akan membutuhkan pengobatan yang berbeda-beda, hal tersebut umumnya akan ditentukan berdasar stadium kanker yang diderita., keinginan untuk mendapatkan keturunan, serta kondisi kesehatan. Langkah awal dalam pengobatan penyakit kanker stadium lanjut adalah dengan cara operasi atau pun kemoterapi.

Prosedur operasi dilakukan dengan cara mengangkat kedua ovariu, rahim, tuba falopi, dan juga jaringan lemak yang berada di dalam perut atau omentum. Yang mana operasi ini juga dapat melibatkan pengangkatan kelenjar getah bening yang terjadi di bagian panggul dan juga rongga perut untuk mencegah serta mencari tahu apabila memang terjadi penyebaran sel kanker. Dengan diangkatnya kedua rahim dan ovarium ini, Anda dimungkinkan tidak bisa memiliki keturunan lagi.

Dan setelah dilakukannya operasi, umumnya dokter akan menjadwalkan proses kemoterapi. Hal yang demikian ini dilakukan dengan tujuan untuk membasmi sel kanker yang masih tersisa. Misalnya saja dengan diberikan obat carboplatin yang terkadang dikombinasikan dengan obat paclitaxel. Kemoterapi ini terkadang juga diberikan sebelum dilakukannya operasi, dengan tujuan untuk mengecilkan tumor, sehingga lebih mudah saat proses pengangkatan.

Perlu Anda tahu juga, bahwasannya semakin dini penyakit kanker ovarium ini terdeteksi dan juga ditangani, maka kemungkinan Anda untuk dapat bertahan hidup juga akan meningkat. Penderita yang telah didiagnosis positif mengidap penyakit kanker ovarium diperkirakan akan memiliki kesempatan untuk bisa bertahan hidup selama 1 tahun sekitar 70 %. Terdapat lebih dari 45 % dari penderita kanker ovarium yang bertahan hidup setidaknya 5 tahun, dan 35 % lagi selama 10 tahun. Penderita kanker ovarium stadiun lanjut ini umumnya tidak bisa disembuhkan dan tujuan dari diadakannya penangannya seperti ini adalah untuk mengurangi gejala serta mendorong tumor untuk dapat memasuki masa remisi.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang pengobatan kanker ovarium stadium lanjut yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Related For Pengobatan Kanker Ovarium Stadium Lanjut