Menu

Pengertian dan Manfaat Makanan Sehat Bergizi

Mei 9, 2016 | JadiSehat, Tips Sehat | 3.506 Pengunjung

Tak dapat dipungkiri, sangat sulit untuk menentukan apa sih pengertian makanan sehat bergizi yang paling tepat. Pasalnya, dalam berbagai referensi cetak maupun online, pengertian makanan sehat ternyata begitu banyak dan sampai membuat bingung. Tapi satu hal yang pasti, ketersediaan dan kebutuhan akan makanan sehat memiliki peran yang sangat krusial bagi kesehatan manusia.

Pengertian dan Manfaat Makanan Sehat Bergizi-Menjadi Sehat

Dilihat dari aspek bobot tubuh, pengertian makanan sehat bergizi meliputi bahan pangan yang bisa membuat kita terhindar dari kondisi kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan. Makanan yang sehat dan higienis akan bisa membuat bobot tubuh anda tetap berada di angka normal atau berat badan ideal.

Makanan Sehat: Tidak Mengganggu Organ Tubuh

Selebihnya, makanan sehat bergizi juga tidak memicu penambahan kadar kolesterol di dalam tubuh, atau kadar gula darah. Lebih dari itu, makanan sehat membuat kadar asam urat, gula, lemak, dan asam urat, dalam kondisi stabil dan baik. Makanan sehat bergizi sama sekali tidak akan mengganggu fungsi organ-organ tubuh, bahkan mengondisikan tekanan darah selalu dalam posisi stabil. Sedangkan dalam pandangan para ahli, pengertian makanan sehat adalah bahan pangan yang menyehatkan dalam arti sebenarnya, dimana lidah kita juga mampu menikmati rasa makanan tersebut secara maksimal.

Artikel Pengertian dan Manfaat Makanan Sehat Bergizi-Menjadi Sehat

Makanan sehat bergizi dalam tataran ideal atau seimbang, wajib terdiri dari bahan pangan utama dan bahan pangan penunjang. Komposisi makanan seimbang ini sangat populer dengan sebutan makanan empat sehat, lima sempurna. Namun, karena berbagai hal, popularitas istilah empat sehat lima sempurna kian hari kian surut.

Mengkonsumsi makanan berlauk tahu-tempe plus sekerat daging dan sayuran, sebetulnya belumlah cukup untuk memasok nutrisi dan gizi bagi tubuh. Padahal, banyak orang yang beranggapan komposisi menu tadi telah memenuhi kebutuhan protein maupun kalori tubuhnya. Hanya, bisa jadi, dalam komposisi menu makanan tadi belum mencakup semua kebutuhan nutrisi lainnya bagi tubuh.

Manfaat Makanan Sehat Higienis-Menjadi Sehat

Pengertian Makanan Sehat Bergizi Secara Umum

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa pengertian makanan sehat secara umum adalah bahan pangan yang kaya akan nutrisi, serta terbebas dari toksin, bakteri, ataupun bibit penyakit lainnya. Nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut haruslah memenuhi persyaratan triguna bahan pangan, yakni sebagai gizi pembangun, gizi pengatur, dan gizi pembangkit energi.

Di sisi lain, pengertian makanan sehat bergizi juga bisa berarti bahan pangan yang memiliki proporsionalitas kandungan gizi, kaya akan serat, serta aneka zat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai “modal” untuk pertumbuhan. Sajian menu makanan yang menyehatkan wajib memenuhi zat gizi yang meliputi karbohidrat, vitamin, protein, mineral, ditambah lemak tak jenuh secukupnya.

Pengertian Makanan Sehat Seimbang-Menjadi Sehat

Manfaat Makanan Sehat Bergizi

Manfaat mengkonsumsi makanan sehat bergizi yaitu agar perkembangan dan kesehatan tubuh benar-benar terjaga, sehingga terbebas dari segala macam penyakit. Tentu saja, agar tubuh terbebas dari aneka macam penyakit, asupan makanan sehat bergizi ini perlu ditunjang oleh gaya hidup sehat seperti tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, serta cukup tidur. Jangan lupakan pula olahraga rutin, agar makanan sehat yang kita konsumsi benar-benar memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian dan manfaat makanan sehat bergizi bagi tubuh, semoga artikel di atas dapat menjadi bahan referensi bagi kawan semua.

Salam Menjadi Sehat.

Related For Pengertian dan Manfaat Makanan Sehat Bergizi