Menu

Penanganan Tepat Campak Cegah Komplikasi Pada Buah Hati Kita

Maret 10, 2015 | Campak | 847 Pengunjung

Penanganan Tepat Campak Cegah Komplikasi Pada Buah Hati Kita – Apabila diantara buah hati Sahabat Informasi Kesehatan mengalami gejala demam tinggi, batuk, pilek serta mata merah dan lebih sensitif terhadap cahaya. Jika kondisinya seperti itu, bisa jadi buah hati kita sedang terserang penyakit campak, karena itu merupakan gejala serangan penyakit ini. Penampakan gejala lainnya adalah timbulnya bercak abu-abu di bagian dalam mulut pada sekitar 2-3 hari setelah kali pertama demam dengan pencapaian suhu lebih dari 38Celsius pada tubuhnya.

Campak

Campak

Pada perkembangan selanjutnya yakni setelah 3-5 hari akan muncul ruam atau bintik-bintik merah pada kulit yang cukup khas. Kemunculan ini terutama di daerah belakang telinga, lalu menyebar ke kepala dan leher, yang berlanjut ke lengan dan tungkai. Penyakit yang disebabkan oleh virus campak paramyxovirus bergenus morbili ini sangat menular. Penularannya masuk melalui saluran pernafasan dan kelenjar air mata. Penanganan penyakit ini juga memerlukan kecepatan karena apabila terlambat akan berpotensi timbulnya komplikasi pneumonia (infeksi paru) hingga mengarah pada infeksi otak selaput ensefal (ensefalitis) ataupun selaput meningen (meningitis) serta infeksi telinga (meski jarang ditemui kasus ini).

Oleh karenanya, Penanganan Tepat Campak Cegah Komplikasi Pada Buah Hati Kita harus benar-benar diupayakan. Pada tataran pencegahan, upaya yang dilakukan dengan memberikan vaksinasi campak pada bayi usia sembilan bulan. Pada usia 15 bulan diberikan vaksinasi Measles, Mumps, Rubella (MMR), yang kemudian akan diulang lagi pemberian vaksinasi yang sama pada usia enam tahun.

Pada saat mengidap penyakit campak, upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan makanan bergizi, jus buah segar dan minum air putih yang banyak untuk mengembalikan cairan yang hilang karena peningkatan suhu tubuh yang tinggi dan keringat yang keluar saat demam. Anjuran lain yang utama juga adalah harus banyak beristirahat untuk mempercepat pemulihan stamina.

Baca Juga :   Penyakit penyebab terjadi ruam kulit

Pada sisi pengobatan tidak terdapat treatment khusus karena penyakit ini bukan disebabkan oleh bakteri, melainkan oleh virus. Namun biasanya direkomendasikan untuk mengkonsumsi obat demam sesuai aturan serta pemberian vitamin A sebagai tambahan. Yang harus diwaspadai pada masa ini adalah pada penderita yang memiliki riwayat kejang patut mendapat perhatian ekstra karena suhu tubuh tinggi pada demam akibat campak.

Mengingat campak ini merupakan penyakit yang sangat menular, maka penanganan yang tepat adalah memisahkan penderitanya atau buah hati yang sakit dengan keluarga dan sebayanya yang sehat. Sebaiknya juga tidak memperbolehkan untuk banyak beraktivitas di rumah ataupun di sekolah setidaknya 4 hari setelah bintik merah keluar. Dan biasanya setelah menderita campak akan bisa terjadi diare ringan pula. Namun hal ini tidak perlu terlalu dirisaukan.

Related For Penanganan Tepat Campak Cegah Komplikasi Pada Buah Hati Kita