Menu

Pertolongan Pertama Vertigo

Oktober 12, 2016 | JadiSehat | 187 Pengunjung

Pertolongan Pertama Vertigo – Setelah kita mengetahui dan mengenal vertigo serta mengetahui penyebab bagaimana vertigo bisa terjadi, sebagaimana artikel yang kita terdahulu (Penyakit Vertigo Adalah), maka Sahabat Berkat Sehat kita ajak untuk menjaga kesehatan kita dengan melakukan Pertolongan Pertama menghadapi serangan Vertigo ini. Juga untuk menanamkan pemahaman bahwa vertigo sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala yang disebabkan satu faktor atau lebih yang dapat memicu terjadinya vertigo.

Pertolongan Pertama Vertigo

Pertolongan Pertama Vertigo

Dalam menentukan apakah vertigo yang diderita seseorang itu termasuk dalam vetigo perifer ataukah vertigo sentral, serta tindakan yang perlu dilakukan akan memerlukan penelusuran riwayat dan pemeriksaan yang mendetail. Karena biasanya semua vertigo ini selalu diikuti dengan pendengaran berdengung atau tuli mendadak dalam sekejap.

Mengapa kita perlu membedakan kedua vertigo ini? Langkah ini jelas perlu kita lakukan ini selain sebagai prosedur Pertolongan Pertama Vertigo untuk kesehatan kita, namun juga akan mempengaruhi keberhasilan penanganan lanjutannya. Langkah ini bisa dan biasa diawali dengan memeriksa gerak ritmis bola mata secara cepat dari satu sisi ke sisi lainnya, atau biasa disebut nistagmus. Gerakan ini dapat terjadi secara horizontal dan vertikal. Berikut ini identifikasi awal dari serangan vertigo:

1. Vertigo Sentral

– Pada vertigo sentral, nistagmus jarang ditemukan, kalaupun ada gerakan yang dijumpai adalah gerakan vertikal atau rotaroar secara cepat, yang tidak disadari oleh penderitanya.

– Biasanya ditemukan bentuk sumbatan pada otak yang hanya bisa terdeteksi dan penanganannya dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging).

– Terjadinya vertigo sentral ini bisa menjadi petunjuk adanya cerebellar edema. Ini merupakan akumulasi sumbatan pada otak yang dapat mengkompresi sel sehingga dapat menimbulkan kematian.

Baca Juga :   Manfaat Minum Air Hangat Secara Rutin

2. Vertigo Perifer

– Pada vertigo perifer, gerakan bola mata secara cepat akan bergerak ke samping, menjauhi sisi telinga yang bermasalah.

– Pada saat mengalami vertigo ini, penderita dianjurkan untuk berbaring pada sisi telinga yang sakit. Langkah penanganan ini sebenarnya bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan dan menekan sensasi berputar sebagai akibat dari peningkatan cairan endolimfe.

– Langkah penanganan selanjutnya adalah dengan mengambil langkah berani untuk mengubah posisi, dengan mencoba duduk atau berdiri, bila dirasakan sudah berkurang sensasinya atau mendingan. Hal ini memang memerlukan keberanian, mengingat sensasi berputar belum sepenuhnya hilang. Selain itu juga traumatis dari sensasi dunia berputar yang begitu hebat dirasakan dan dialami sebelumnya.

– Dengan semakin berani mengubah posisi dan semakin banyak bergerak, akan mempercepat untuk menyesuaikan diri agar keseimbangan dapat segera diperoleh kembali.

– Mengkonsumsi obat anti vertigo atau sejeni obat atau pil anti mabuk seperti antimo akan dapat membantu kita untuk mengurangi ilusi berputar.

Sebernarnya vertigo tidak saja dialami oleh orang dewasa saja, anak-anak pun bisa mengalaminya juga. Mengapa bisa terjadi? Karena sebenarnya vertigo juga diketahui ditentukan oleh tingkat stress yang dialami. Semakin tinggi stres semakin potensial pula terjadinya vertigo.

Pada saat serangan vertigo terjadi, terdapat beberapa gerakan yang disarankan untuk dilakukan. Gerakan ini merupakan salah satu upaya penanganan awal untuk mengurangi dampak ilusi atau sensasi berputar dari vertigo. Gerakan ini bertujuan untuk meminimalkan gangguan keseimbangan yang dialami oleh penderita vertigo. Gerakan ini juga dapat dilakukan meski tidak terserang vertigo dan dapat dilakukan di rumah. Berikut ini gerakannya:

1. Berbaring terlentang, kemudian miring ke kanan dengan kedua tangan dilipat di depan dada serta kedua kaki ditekuk. Tahan selama 30 detik pada posisi ini, kemudian ulangi langkah awal tadi dengan memiringkan tubuh ke sebelah kiri.

Baca Juga :   Hindari Makanan Ini Membantu Anda Terhindar dari Resiko Obesitas Saat Hamil

2. Duduk tegak di sisi tempat tidur, lalu jatuhkan bagian badan hingga kepala ke sisi kanan dengan posisi kaki tetap menggantung di sisi tempat tidur, dengan kedua tangan di posisi pinggang kanan dan kepala menghadap ke atas. Tahan posisi ini selama 15 detik, lalu bangun dan duduk selama 10 detik. Kemudian jatuhkan kembali bagian tubuh kita sebagaimana langkah awal tadi, namun dijatuhkan di posisi sebelah kiri atau berlawanan arah dengan langkah sebelumnya. Lakukan gerakan ini secara berulang selama 5 kali untuk masing-masing sisi.

3. Kemudian langkah selanjutnya adalah dengan duduk di sisi tempat tidur, lalu menundukkan badan sehingga jari kita dapat menyentuh ujung kaki, dan tahan di posisi ini selama 30 detik. Lalu angkat tubuh kita yang menunduk tersebut untuk duduk tegak dengan menengadahkan kepala kita selama 30 detik. Lakukan tahapan gerakan ini berulang selama beberapa kali.

Dengan gerakan senam vertigo ini serta identifikasi awal yang dilakukan sebagaimana tahapan diatas, mudah-mudahan dapat mengurangi sensasi dan ilusi berputar yang ditimbulkan oleh vertigo ini. Dengan demikian kita dapat mengambil manfaat dari artikel ini yang dapat digunakan untuk membantu melakukan penanganan awal / Pertolongan Pertama Vertigo untuk kesehatan kita.

Related For Pertolongan Pertama Vertigo