Menu

10 Pantangan Untuk Wanita Hamil yang Wajib Dihindari

Februari 9, 2017 | Hamil, JadiSehat | 485 Pengunjung

Pantangan untuk wanita hamil – Perkembangan  janin pada kandungan ibu hamil sangat rentan terhadap pengaruh baik dari turunan atau pola kehidupan sehari-hari. Para ibu hamil pasti berharap memiliki bayi yang sehat. Ada banyak tradisi yang berada di masyarakat tentang kehamilan tentang cara menjaga janin selama 9 bulan hingga kelahiran. Namun secara medis, ada beberapa tradisi dari masyarakat yang dapat diterima walaupun ada penelitian medis mengenai hubungan tradisi dengan kehamilan. Pada awal khamilan, wanita hamil dituntut memenuhi asupan nutrisi untuk  mendukung perkembangan janin. Berikut adalah sederet daftar pantangan untuk wanita hamil. Berikut  adalah pantangan untuk wanita hamil mengenai aktivitas sehari-hari dan makanan:

Daftar Pantangan Untuk Wanita Hamil

Pantangan Untuk Wanita Hamil

Pantangan Untuk Wanita Hamil

  1. Makanan mentah, makan makanan mentah memiliki resiko tinggi untuk kesehatan wanita hamil, seperti sayur mentah, daging mentah, ikan mentah seperti sushi, adonan kue, daging ½ matang, dll.makanan mentah mengandung virus, bakteri dan parasite yang dapat memganggu janin. Terlebih jika usia kandungan masih muda karena rentan dengan keguguran, bahkan kecambah mentahpun mempunyai resiko bakteri paling tinggi daripada sayuran lain. Sebaiknya untuk mengkonsumsi makanan dengan memasak hingga matang untuk menghindari resiko kesehatan.
  2. Ikan dengan kandungan merkuri, pada umumnya ikan memang bagus untuk kesehatan janin, namun Anda diharuskan selektif untuk menghindari ikan yang mengandung merkuri seperti: ikan mackerel, todak dan tilefish. Karena ikan tersebut dapat menganggu kesehatan bayi Anda khususnya perkembanga otak dan saraf janin.
  3. Minuman beralkohol, alkohol selain dapat menghambat menghambat asupan nutrisi untuk janin, juga dapat menyebabkan gangguan fisik dan IQ saat bayi lahir.
  4. Makanan pemicu alergi, jika Anda ataupun pasangan Anda memiliki riwayat alergi terhadap makanan tertentu maka janin yang Anda kandung juga mengalami resiko tersebut. Sebaiknya ketika Anda hamil atau menyusui menghindari makanan pemicu alergi pada janin.
  5. Kafein, menurut penelitian minum minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi tidak baik untuk kehamilan karena rawan akan resiko keguguran dan bayi lahir dengan resiko lahir dengan berat yang rendah, serta rawan kematian saat lahir.
  6. Kalori yang berlebih, ketika seorang wanita hamil membutuhkan tambahan kalori, namun tetap dalam porsi cukup untuk menghindari obesitas.
  7. Memakai baju ketat, jika memakai baju ketat akan mengganggu perut serta mingkatkan resiko perkembangan janin. Jika tetap ingin terlihat modis, Anda tetap bias memakai celana dengan bahan karet.
  8. Merokok, jika kebiasaan merokok dilakukan pada saat kehamilan, akan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Keadaan itu tidak baik untuk bayi karena pada masa depan dapat menyebabkan anak tidak sanggup belajar da nada kecenderungan kelak akan kecanduan nikotin juga.
  9. Susu tidak dipasteurisasi, susu yang belum dipasteurisasi atau susu mentah tidak boleh dikonsumsi olh ibu hamil karena mengandung bakteri jahat. Pasteurisasi berfungsi untuk memusnahkan bakteri jahat. Jika hendak mengkonsumsi susu maupun produk olahan dari susu, Anda harus lebih teliti dan pastikan produk yang hendak Anda pilih sudah melalui proses pasteurisasi.
  10. Membersihkan kotoran kucing, kotoran kucing dapat membahayakan wanita hamil karena dapat menjadi parasit yang membahayakan. Pada awalnya ibu hamil tidak akan menyadari jika terinfeksi, namun ada kemungkinan akan keguguran atau jika bayi lahir akan kejang.

Related For 10 Pantangan Untuk Wanita Hamil yang Wajib Dihindari