Menu

Obat Tradisional Impetigo untuk Balita

Maret 18, 2016 | JadiSehat, Tips Sehat | 8.883 Pengunjung

Obat Tradisional Impetigo untuk Balita | Salah satu penyakit kulit yang umum diderita oleh bayi, balita, dan anak-anak adalah Impetigo. Penyakit impetigo ini menyerang kulit di area wajah, leher, tangan, bahkan juga area punggung. Penyakit Impetigo ini setelah diteliti ternyata disebabkan oleh bakteri, di antaranya adalah bakteri yang bernama streptococcus pyogenes dan staphylococcus aureus.

Obat tradisonal impetigo pada bayi - menjadi sehatCara Mengobati Impetigo Pada Balita Dengan Cara Alami

Gejala dari penyakit kulit impetigo sendiri bermacam-macam. Mulai dari muncul ruam di area wajah, rasa gatal pada kulit, pembengkakan, keluarnya cairan di permukaan kulit, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal ini, tentunya dibutuhkan pemeriksaan dan penanganan dari dokter, penanganan impetigo bisa bermacam-macam, tergantung dari kondisi balita. Selain itu, orangtua juga bisa menggunakan pengobatan-pengobatan tradisional maupun herbal untuk mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah daftar cara-cara tradisional untuk mengobati impetigo pada balita.

1. Kompres Air Hangat

Bakteri penyebab infeksi pada area kulit yang terkena impetigo dapat dibunuh dengan hawa panas yang muncul dari kompres hangat. Oleh sebab itu, cara ini bisa Anda coba untuk membantu proses penyembuhan impetigo pada balita, sekaligus juga dapat membantu mempercepat pengeringan area kulit yang bermasalah.

Mengompres dengan air hangat dapat menyembuhkan impetigo - menjadi sehat
Anda bisa mencelupkan kain bersih ke dalam air panas. Setelah diperas, terapkan kain pada spot kulit balita yang bermasalah, lalu diamkan selama beberapa menit. Cara ini bisa Anda lakukan beberapa kali dalam sehari.

2. Bawang Putih untuk Obat Impetigo

Infeksi yang menyebabkan impetigo pada balita dapat dilawan oleh bawang putih. Bawang putih mempunyai kandungan sifat antibiotik dan antibakteri yang kuat di dalamnya. Bahkan, bawang putih juga dipercaya bisa membantu dalam menghilangkan gatal dan nyeri yang merupakan sebagian gejala dari impetigo.

Obat tradisional impetigo untuk balita - menjadi sehat
Untuk cara pengobatannya pun tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mencampur 3 siung bawang putih yang sudah dicincang dengan 2 sdm minyak wijen. Setelah itu, ambil minyaknya dengan cara disaring, lalu terapkan ampas bawang putih tersebut ke area yang terkena impetigo. Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari.

3. Cuka Putih mempercepat Pengeringan Impetigo

Agar impetigo pada anak tidak menyebar, dibutuhkan asupan antibiotic dari luar. Di sini antibiotik juga berfungsi untuk membantu mencegah infeksi semakin parah. Cuka putih sendiri memiliki kandungan yang bersifat antibiotik alami. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakannya sebagai obat tradisional mengobati impetigo untuk balita.

Pengobatan Impetigo dengan Cuka Putih - menjadi sehat
Penerapannya sendiri dengan cara mencelupkan kapas bersih ke dalam campuran segelas air putih dan 1 sdm cuka putih. Agar luka peradangan impetigo tidak terkena debu atau kotoran, Anda bisa menutupi luka dengan kapas atau kain kasa. Cara ini sendiri bisa Anda lakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

4. Minyak Pohon Teh menghambat infeksi Impetigo

Minyak pohon teh adalah salah satu jenis minyak esensial yang dipercaya bisa membantu mengatasi penyakit impetigo pada balita. Lebih tepatnya bisa membantu menghambat penyebaran infeksi dari pusat luka. Minyak pohon teh juga diteliti mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi, sehingga dapat meringankan gejala impetigo yang menyerang anak.

Obat tradisional impetigo pada balita - menjadi sehat
Cara penerapannya, dengan mencampurkan terlebih dahulu beberapa tetes minyak pohon teh dengan 1 sdm minyak zaitun. Jika sudah, oleskan ramuan tersebut ke daerah yang terluka. Biarkan selama 20 menit agar minyak meresap ke kulit, setelah itu bilas kulit menggunakan air hangat. Cara ini bisa Anda terapkan 2-3 kali dalam sehari.

5. Lidah Buaya menyembuhkan Impetigo

Lidah buaya terkenal memiliki kandungan banyak zat yang dapat membantu membunuh mikroorganisme penyebab impetigo. Di antaranya adalah sifat antiseptik, antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri. Dengan sifat-sifat tersebut juga, lidah buaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit anak.

Obat alami impetigo pada anak - menjadi sehat
Anda bisa mengoleskan cairan atau gel lidah buaya ke bagian kulit yang melepuh/sakit. Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan. Lakukan metode ini sekitar 2 kali dalam sehari. Selain untuk obat impetigo oles, lidah buaya juga dapat dibuat jus, untuk dikonsumsi penderita impetigo.

Kesimpulan

Melihat penjelasan mengenai obat tradisional mengobati impetigo untuk balita di atas, dapat kita ketahui bahwa impetigo sama dengan penyakit-penyakit kulit lainnya yang bisa disembuhkan dengan bahan ramuan herbal dan tradisional. Meski begitu, penyebaran dari penyakit ini bisa meluas, sehingga pada beberapa kasus diperlukan penanganan medis khusus dan obat-obatan kimia yang telah diresepkan oleh dokter. Jadi, jika penyakit impetigo sudah berada pada level akut, jangan segan untuk segera pergi ke dokter, khususnya dokter spesialis kulit.
Salam Menjadi Sehat.

Related For Obat Tradisional Impetigo untuk Balita