Menu

Nutrisi Bagi Lansia Butuh Suplemen yang Baik Untuk Melengkapinya

Desember 10, 2014 | JadiSehat | 1.517 Pengunjung

Nutrisi Bagi Lansia Butuh Suplemen yang Baik Untuk Melengkapinya – Telah banyak dipahami oleh para Sahabat Informasi Kesehatan bahwa masa pertumbuhan ataupun tingginya tingkat aktivitas seseorang memerlukan kecukupan nutrisi atau gizi yang lengkap bagi tubuh. Demikian halnya dengan para lanjut usia atau lansia, juga membutuhkan kecukupan nutrisi lengkap sebagai hal yang utama, padahal kondisi dan daya tahan tubuh pada para lansia kebanyakan telah mengalami penurunan karena faktor pertambahan usia tersebut. Pertambahan usia pulalah yang menyebabkan perubahan fisik yang dapat mempengaruhi siklus konsumsi dan pencernaan serta asupan nutrisi seorang lansia.

Lansia - Nutrisi Bagi Lansia Butuh Suplemen yang Baik Untuk Melengkapinya

Lansia – Nutrisi Bagi Lansia Butuh Suplemen yang Baik Untuk Melengkapinya

Intensitas asupan nutrisi tersebut sangat dipengaruhi oleh organ pencernaan. Seiring dengan kondisi usia lanjut, maka beberapa organ pencernaan pun mengalami gangguan dan kemunduruan fungsi, seperti rusaknya bentuk fisik dari gigi hingga ompong, dan fungsi indera pengecap dan organ pencernaan di lambung yang berguna mengolah dan menyerap sari makanan pun mulai mengalami penurunan.

Nutrisi yang ideal dalam bentuk kalori yang dibutuhkan bagi lansia menurut sebuah penelitian sebesar 2010 kcal untuk pria dan 1780 kcal untuk wanita. Pemenuhan tersebut seharusnya diperoleh dari pengolahan pencernaan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan-makanan tersebut harus mengandung protein nabati dan hewani untuk zat pembangun, mineral dan vitamin untuk zat pengatur, lemak dan karbohidrat untuk sumber energi yang biasanya didapat dari umbi-umbian, beras serta jagung.

Akan tetapi pada kenyataannya, kalori yang dimiliki oleh para lansia dari asupan makanan sehari-hari hanya berada pada kisaran 1484 kcal pada pria dan 1329 kcal pada wanita. Fakta ini dimungkin terjadi karena memang komposisi gizi makanan yang dikonsumsi tidak seimbang atau bisa juga disebabkan oleh menurunnya kuantitas dan kualitas penyerapan nutrisi akibat penurunan fungsi organ pencernaan karena faktor usia lanjut.

Oleh karena dihadapkan dengan kondisi yang demikian maka diperlukan Nutrisi Bagi Lansia Butuh Suplemen yang Baik Untuk Melengkapinya. Suplemen yang baik adalah suplemen yang berfungsi sebagai tambahan nutrisi bagi tubuh lansia yang mempunyai kandungan gizi yang lengkap, berimbang dan aman bagi kesehatan tubuh lansia, tentunya dengan komposisi yang lengkap pula. Beberapa kandungan zat gizi yang disarankan sebagai suplemen bagi lansia diantaranya, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan makanan berserat. Disamping itu juga diperlukan kandungan inulin, chromium dan B komplek sebagai energi kompleks, serta jenis protein baik seperti proteplex. Suplemen yang baik juga tidak mengandung kolesterol dan asam lemak trans serta laktosa ataupun gluten.

Ketercukupan nutrisi lansia yang dilengkapi dengan mengkonsumsi suplemen yang baik akan membantu lansia beradaptasi dengan perubahan kemampuan organ tubuh serta menjaga kesinambungan pergantian sel-sel dalam tubuhnya. Disamping itu manfaat lain yang bisa didapat antara lain, metabolisme tenaga dan kekuatan otot akan terjaga, mencegah kerusakan otot karena kerja ginjal yang lebih ringan, membantu menstabilkan fungsi sistim pencernaan dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik serta membantu lansia dalam masa pemulihan ketika baru sembuh dari sakit.

Related For Nutrisi Bagi Lansia Butuh Suplemen yang Baik Untuk Melengkapinya