Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah Hanya dengan 6 Cara ini

Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah Hanya dengan 6 Cara ini

Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah Hanya Dengan 6 Cara ini – Masihkah diantara Sahabat Informasi Kesehatan, khususnya kaum hawa, yang saat ini berkutat dengan permasalahan flek hitam di wajah, yang dirasakan mengganggu tampilan kecantikan wajah? Tentu saja kita memahami betul bagaimana flek hitam di wajah dapat menjadi momok yang menakutkan, terutama kaum wanita dan beberapa pada pria.

Gangguan flek hitam bagi kebanyakan orang ini memang dirasakan mengganggu pancaran air muka dari wajah seseorang. Karena gangguan kulit wajah ini membuat wajah terlihat kusam dan tidak segar. Selain itu, flek hitam ini juga merupakan sinyal atau pertanda terjadinya penuaan kulit atau kurangnya perawatan kulit. Namun kita tidak seharusnya terlalu risau karena flek hitam pada wajah dapat dihilangkan dengan perawatan kulit yang sungguh-sungguh dan intensif. Nah untuk Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah Hanya Dengan 6 Cara ini, yang caranya disusun berdasarkan pentahapan atau urutan yang harus dilakukan, yakni:

1. Pembersihan wajah

Wajah yang mengalami hiperpigmentasi disebabkan kelebihan atau penumpukan sebum dan sisa make-up dan menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit. Tahap ini harus dilakukan dengan metode pembersihan ganda yang bertujuan menghilangkan minyak berlebih dan sisa make-up. Pemijatan di wajah ini dilakukan dengan menggunakan susu pembersih secara perlahan, lalu dilakukan pembilasan wajah dengan air hangat.

Membersihkan Wajah - Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah Hanya dengan 6 Cara ini
Membersihkan Wajah – Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah Hanya dengan 6 Cara ini

2. Pembersihan wajah tahap selanjutnya

Penyesesuaian terhadap pengunaan pembersih muka harus disesuaikan dengan jenis kulit, misalnya kulit normal juga menggunakan pembersih untuk kulit normal. Atau pada kulit berminyak dan kombinasi, dengan menggunakan pembersih berbasis gel atau busa. Namun apabila memiliki kulit kering, sebaiknya menggunakan pembersih berbasis krim. Pembersih dengan asam glikolat, asam laktat, atau asam salisilat bagus untuk kulit berjerawat. Mencuci muka harus dilakukan dua kali sehari dan tidak pernah pergi tidur tanpa membersihkan make-up terlebih dahulu. Karena apabila dilanggar dapat memicu timbulnya jerawat dan hiperpigmentasi. Pembersihan muka dilakukan dengan memijat wajah dengan gerakan melingkar, lalu dibilas dengan air hangat.

3. Penggunaan toner

Membersihkan wajah menggunakan toner yang mengandung asam glikolat dan salisilat dengan bola kapas. Kegiatan ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang terhapus saat membersihkan muka. Toner juga bermanfaat sebagai pelembut dan pelembab kulit.

4. Pelembab kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit salah satunya adalah dengan menjaga kelembabannya. Pemilihan pelembab berbahan tepat akan dapat membantu kulit mempertahankan kelembabannya, bahan tersebut diantaranya hyaluronic acid, asam glikolat atau emolien seperti minyak baobab. Pemijatan wajah dengan pelembab dilakukan dalam gerakan ke atas serta pada leher pula.

5. Pemberian serum perawatan kulit setiap hari

Pemberian serum perawatan kulit hendaknya berbahan asam glikolat, retinol, asam kojic dan/atau vitamin C. Asam glikolat berfungsi melakukan chemoexfoliation pada kulit sehingga meningkatkan pergantian sel dan menghilangkan kelebihan melanin pada lapisan epidermis. Retinol, asam kojic, dan Vitamin C membantu membalikkan reaksi yang menyebabkan munculnya flek hitam pada kulit.

6. Pemakaian tabir surya

Penggunaan tabir surya diyakini dapat mencegah munculnya flek hitam pada wajah. Dengan selalu memakai tabir surya dengan SPF 15 sampai 30 dan Mengoleskannya pada wajah setiap pagi atau 5 menit setelah mengoleskan pelembab pada kulit akan mencegah timbulnya flek tersebut.

Mudah-mudahan enam cara ini dapat menjadi tips kesehatan wanita yang bermanfaat, terutama bagi kesehatan kulit wajah wanita, dalam menghilangkan flek hitam di wajah.