Mengenal Siklus Demam Berdarah Dengue

Mengenal Siklus Demam Berdarah Dengue

Salah satu penyakit yang sering menjangkiti masyarakat di Indonesia adalah demam berdarah dengue. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk yang bernama Aedes Aegypti. Demam berdarah dengue tak mengenal usia maupun jenis kelamin, entah itu anak kecil, orang dewasa, laki-laki hingga perempuan semua berpotensi untuk terserang penyakit ini. Untuk itulah, sangat perlu untuk mengetahui siklus demam berdarah dengue.

siklus demam berdarah dengue

Penyebab penyakit ini memang gigitan nyamuk demam berdarah, namun faktor lingkungan juga turut mempengaruhi. Lingkungan yang tidak bersih dan tercemar bisa membuat nyamuk demam berdarah berkembang biak secara bebas dan mudah. Jika nyamuk demam berdarah sudah berkembang biak, maka penyakit ini bisa dengan mudah menyerang kita.

Tindakan pencegahan memang diperlukan untuk terhindar dari penyakit berbahaya satu ini. Salah satu tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan adalah dengan mengenal siklus demam berdarah dengue ini. Dengan mengenal siklus DBD, kita bisa melakukan berbagai tindakan pencegahan secara optimal.

Siklus demam berdarah dengue

Berikut ini adalah siklus demam berdarah dengue yang patut kita ketahui bersama.

1. Fase Awal

Siklus pertama dari penyakit demam berdarah dengue adalah demam tinggi selama beberapa hari. Penderita DBD hampir bisa dipastikan akan mengalami demam yang sangat tinggi selama beberapa hari. Fase pertama atau fase awal akan berlangsung selama 1-3 hari. Setelah lebih dari 5 hari, fase tersebut sebagai fase kritis.

Demam ini biasanya sangat menyiksa para penderitanya, karena akan berlangsung cukup lama antara 3 hari hingga seminggu lebih. Jika mengalami demam tinggi yang sembuhnya lama, segeralah periksakan diri ke dokter, karena penyakit Demam Berdarah Dengue tersebut sudah memasuki tahap kritis.

2. Fase Kritis

Demam tinggi yang sudah lebih dari 5 hari biasanya juga akan diselingi dengan muntah-muntah. Penderita akan mengalami mual dan muntah. Sistem pencernaan penderita DBD memang terganggu. Oleh karenanya, penderita DBD akan sering muntah-muntah hingga membuat badan mereka lemas.

Pada fase kritis ini, sangat disarankan untuk membawa penderita ke rumah sakti untuk mendapatkan perawatan. Pasalnya, jika terlambat atau tidak segera mendapatkan perawatan yang intensif, penderita bisa kehilangan nyawanya.

3. Fase Penyembuhan

Jika sudah melewati fase awal dan fase kritis, penderita DBD sebaiknya segera mendapatkan perawatan intensif dari rumah sakit terdekat. Fase ini sangat penting karena sangat berperan dalam penyembuhan penderitanya. Pihak rumah sakit akan memberikan pelayanan dan perawatan menyeluruh untuk mengembalikan kesehatan penderita DBD seperti semula.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai siklus demam berdarah dengue. Kenalilah siklus demam berdarah dengue ini, karena jika terlambat mendapatkan penanganan akan terjadi bahaya. Jika mengalami gejala-gejala demam berdarah dengue, segeralah bawa ke dokter untuk cepat ditangani. Dan yang terpenting, jaga selalu kebersihan lingkungan kita agar nyamuk demam berdarah dengue tidak bisa berkembang biak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *