Mengenal Ciri Ciri Penyakit Ginjal

Mengenal Ciri Ciri Penyakit Ginjal

Salah satu penyakit organ dalam yang cukup berbahaya adalah penyakit ginjal. Penyakit ginjal biasanya diderita oleh orang yang sudah lanjut usia, namun banyak juga orang yang berumur di bawah 30 tahun yang sudah terserang penyakit ini. Untuk itu, tak ada salahnya untuk mengetahui ciri-ciri penyakit ginjal.

Ginjal merupakan organ dalam yang perannya sangat penting dalam tubuh kita. Organ ini bentuknya mirip kacang dan berada di bagian perut kita. Ginjal berperan besar dalam proses pembuangan urin kita. Selain itu, Ginjal juga berfungsi untuk memfilter berbagai macam kotoran pada tubuh terutama yang berada dalam darah kita.

ciri ciri penyakit ginjal

Di Indonesia sendiri, penderita penyakit Ginjal jumlahnya terus bertambah tiap tahunnya. Pengetahuan yang minim terhadap penyakit ini menjadi salah satu penyebabnya. Banyak yang baru mengetahui penyakit ini setelah memasuki tahap kronis. Oleh karenanya, kita harus mengetahui gejala-gejala apa saja yang menyebabkan penyakit organ dalam ini.

Ciri Ciri Penyakit Ginjal

Ada beberapa gejala atau ciri-ciri umum dari penyakit Ginjal. Dengan mengenal ciri-ciri awal penyakit Ginjal, kita bisa melakukan pencegahan bahkan pengobatan lebih dini. Lalu apa saja ciri-ciri dari penyakit Ginjal ini? Berikut ini 5 ciri-ciri dari penyakit Ginjal.

1. Rasa Gatal

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa rasa gatal dalam tubuh kita bisa saja disebabkan oleh gangguan pada Ginjal kita. Seperti yang sudah disebutkan di awal, Ginjal berperan dalam menyaring kotoran dalam darah. Jika kotoran darah menumpuk, maka kotoran tersebut membuat tubuh kita menjadi gatal. Berhati-hatilah jika mengalami gatal yang mencurigakan.

2. Cepat Pusing

Kepala pusing bisa disebabkan oleh beberapa macam hal. Namun, jangan anggap penyakit pusing, karena bisa jadi itu adalah ciri-ciri dari penyakit Ginjal. Hal itu disebabkan oleh anemia atau kekurangan darah. Hal ini erat hubungannya dengan Ginjal sebagai penyaring kotoran dalam darah.

3. Pinggang Terasa Sakit

Salah satu ciri penyakit Ginjal yang sudah masuk dalam tahap kronis adalah sakitnya bagian pinggang kita. Ginjal terletak di bagian perut atau tepatnya di bagian pinggang. Penyakit Ginjal yang sudah masuk dalam tahap kronis menyebabkan pinggang penderitanya menjadi mudah sakit. Jika merasa pinggang bagian dalam Anda terasa sakit, segeralah pergi ke dokter.

4. Sakit saat Buang Air Kecil

Ciri ini bisa dibilang sebagai ciri yang paling mudah diketahui. Jika Anda mengalami sakit saat buang air kecil, bisa jadi Anda terkena penyakit Ginjal. Penyakit Ginjal menyebabkan proses pembuangan air kencing menjadi terganggu. Oleh karenanya, segera periksakan diri ke dokter jika mengalami sakit saat buang air kecil.

Demikian tadi beberapa ciri-ciri penyakit Ginjal yang bisa kita ketahui. Informasi mengenai ciri-ciri awal penyakit Ginjal harus kita ketahui. Dengan begitu, kita bisa melakukan tindakan pencegahan dan pengobatan yang cepat serta tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *