Menu

Mengatasi Eksim, Ruam dan Kulit Kapalan

Oktober 18, 2016 | Kesehatan Kulit | 147 Pengunjung

Mengatasi Eksim, Ruam dan Kulit Kapalan – Dalam skup yang lebih luas, berbagai macam penyakit kulit yang menyebabkan peradangan dan iritasi pada kulit kebanyakan disebabkan oleh eksim. Apabila kita merujuk pada kondisi lapangan, maka diperkirakan kurang lebih dari 5% dari jumlah orang dewasa dan anak-anak serta 20% dari jumlah bayi terinfeksi oleh eksim. Mungkin dan pasti tentunya Sahabat Berkat Sehat prihatin dengan kondisi ini, namun yang lebih mengkhawatirkan adalah jumlah angka-angka tersebut dari hari ke hari terus meningkat seiiring meningkatnya pencemaran lingkungan dan konsumsi makanan yang salah sebagai pemicunya.

Mengatasi Eksim, Ruam dan Kulit Kapalan

Mengatasi Eksim, Ruam dan Kulit Kapalan

Kembali ke topik bahasan kita mengenai eksim, dan cara mengatasi eksim, ruam dan kulit kapalan. Adapun yang kebanyakan menjadi penyebab peradangan dan iritasi, dan biasanya diobati dengan krim kortikosteroid. Krim ini merupakan substansi sintetis yang mirip dengan korteks adrenal, termasuk glukokortikoid, seperti kortisol, dan mineralokortikoid, seperti aldosteron, yang memang banyak digunakan untuk mengobati penyakit radang dan alergi maupun iritasi.

Namun, kelemahan dari pengobatan menggunakan krim ini adalah krim ini hanya menekan gejala tanpa mengatasi penyebab yang mendasarinya, sehingga akan menjadi masalah ketika hal ini diaplikasikan ke dalam perawatan peradangan dan iritasi kulit. Selain itu, krim kimia seperti imunomodulator topikal sering dikaitkan dengan kanker. Karena krim ini dapat menjadi obat yang dapat menurunkan respon kekebalan pada tubuh normal.

Dari semua alasan yang dikemukakan di atas, sebenarnya alasan terkuat untuk menghindari kortikosteroid ini dan imunosupresan (obat yang menghambat atau mencegah aktivitas sistem kekebalan tubuh) adalah jenis obat-obat tersebut tidak memecahkan masalah, dan efek yang lainnya adalah membuat pasien juga menjadi kecanduan karenanya.

Baca Juga :   Penyakit penyebab terjadi ruam kulit – Bagian 1

Artinya adalah ketika pasien berhenti menggunakan obat tersebut, maka eksim akan kembali lagi. Dan situasi ini bisa menjadi lebih buruk, karena banyak orang akan perlu untuk terus menggunakan perawatan steroid dengan dosis yang lebih tinggi dan lebih kuat, melebihi kekuatan dari eksim tersebut. Nah, seiring dengan berjalannya waktu, maka tubuh pengguna obat-obatan ini juga akan mengembangkan ketergantungan untuk penggunaan obat tersebut.

Dalam kasus ini, mayoritas dokter mengatakan bahwa mereka tidak tahu penyebab pasti eksim. Dan mereka juga tidak dapat memprediksi secara benar karena penyebab tersebut dapat terjadi karena berbagai hal. Ini juga termasuk bisa disebabkan karena penggunaan wewangian yang dijual ke pasaran, sabun, deterjen, debu, kosmetik, makanan olahan dan diet, serta polusi lingkungan.

Semoga artikel Mengatasi Eksim, Ruam dan Kulit Kapalan bermanfaat bagi anda.

Related For Mengatasi Eksim, Ruam dan Kulit Kapalan