Menu

Menakar Plus Minus Penggunaan Lensa Kontak dan Kacamata

November 7, 2016 | JadiSehat | 451 Pengunjung

Menakar Plus Minus Penggunaan Lensa Kontak dan Kacamata – Pada prinsipnya tidak ada seorang pun yang menginginkan memiliki mata bermasalah. Namun apabila diantara kita mengalami gangguan mata atau gangguan refraksi, baik akibat kebiasaan buruk menggunakan mata kita, cacat lahir atau memang karena penurunan fungsi organ mata akibat bertambahnya usia, maka sebaiknya kita menggunakan alat bantu koreksi penglihatan yang tepat, berupa lensa kontak ataupun kacamata.

Kacamata - Menakar Plus Minus Penggunaan Lensa Kontak dan Kacamata

Kacamata – Menakar Plus Minus Penggunaan Lensa Kontak dan Kacamata

Alat bantu ini akan membantu mengatasi atau mengkoreksi gangguan penglihatan Sahabat JadiSehat. Gangguan-gangguan tersebut diantaranya rabun dekat (hipermetropi), rabun jauh (miopi), penglihatan silindris maupun gangguan akibat bertambahnya usia. Alat bantu penglihatan ini akan membantu mengembalikan fungsi normal daya akomodasi lensa mata. Kemampuan lensa mata untuk mencekung atau mencembung inilah yang banyak bermasalah pada sebagian orang. Padahal elastisitas kemampuan ini digunakan untuk membuat pantulan obyek yang ditangkap bisa tepat berada di retina.

Lensa Kontak - Menakar Plus Minus Penggunaan Lensa Kontak dan Kacamata

Lensa Kontak – Menakar Plus Minus Penggunaan Lensa Kontak dan Kacamata

Nah, ketika kemampuan akomodasi mata kita terganggu atau bentuk bola mata yang terlalu pendek ataun panjang, akan menyebabkan gangguan mata yang dikeluhkan oleh penderitanya. Keluhan gangguan ini menyebabkan bayangan yang diterima tidak tepat berada di retina, bisa terjadi di depan atau di belakang retina.

Ketika kondisinya sudah seperti ini, maka alat bantu penglihatan mutlak diperlukan untuk membantu mengkoreksi jatuhnya bayangan. Dengan penggunaan alat ini akan membuat kita dapat melihat obyek yang kita kehendaki secara lebih jelas dan nyata. Sebelum kita menggunakan alat bantu penglihatan, seperti lensa kontak atau kacamata, kita harus Menakar Plus Minus Penggunaan Lensa Kontak dan Kacamata tersebut, agar manfaat yang hendak kita inginkan bisa tercapai. Selain itu efek samping yang ada dapat kita minimalisir. Berikut ini pertimbangannya:

1. Lensa kontak

a. Plus

~    Pandangan lebih lega karena lensa kontak menempel langsung pada kornea.

~    Ukuran minus, plus dan silinder lebih kecil dari kacamata, sehingga tampilannya tidak menebal seperti kacamata karena jarak mata ke lensa lebih dekat.

~    Dari sisi estetika tidak mengganggu penampilan karena ukurannya yang kecil dan tertanam di mata.

b. Minus

~    Membutuhkan perawatan khusus yang harus memperhatikan masa kadaluarsa dan harus dibersihkan setiap hari.

~    Penyimpananannya tidak boleh sembarangan, dan harus diletakkan dalam container kecil yang berisi cairan steril agar tidak robek dan terkontaminasi oleh kuman.

~    Bila kebersihannya tidak terjaga maka mata tidak nyaman dan akan mudah terinfeksi kuman sehingga mata dapat kehilangan fungsinya.

~    Mata dengan kelainan pertumbuhan saraf darah di retina (neovaskularisasi) dan mata) dan mata kering sebaiknya tidak menggunakan lensa kontak, karena dapat memperparah kondisinya. Selain itu, bahan lensa kontak yang tidak breathable dapat menghalangi oksigen yang masuk ke retina. Sedangkan pada gangguan mata kering menjadi lebih oarah karena air mata yang diproduksi saat berkedip tidak mampu menembus lensa kontak, padahal air mata memiliki kandungan pelembab dan anti bakteri.

~    Penggunaan dalam waktu yang lama dan tanpa didukung perawatan yang proporsional dapat menimbulkan infeksi. Dan jika perawatan yang dilakukan tidak memperhatikan kebersihan tangan si pemakai lensa kontak, maka jamur dan kuman berpotensi tumbuh di retina kita.

2. Kacamata

1. Plus

~    Lebih bernilai praktis karena penggunaannya cukup lepas dan pakai lagi.

~    Dari sisi estetis bisa meningkatkan penampilan dengan menggunakan ragam frame yang ditawarkan.

~    Dapat meneduhkan mata ketika menggunakan kacamata di terik matahari karena kita bisa menggunakan lensa kacamata yang lebih gelap dan lebih lebih lebar.

2. Minus

~    Berpengaruh pada keterbatasan jarak pandang karena terhalang frame.

~    Keterbatasan jarak pandang juga karena kelengkungan yang berbeda antara bagian pingir dan bagian tengah kacamata sehingga menimbulkan distorsi pandangan. Akibatnya, pandangan kita menjadi tidak terlalu jelas ketika kita melirik atau melihat dengan ekor mata.

Kedua alat bantu penglihatan tersebut memang memiliki plus dan minus, semuanya bergantung pada kita dan keperluan serta perlakuan kita. Namun yang patut dicatat bahwa penggunaan dua jenis alat Bantu bantu penglihatan tersebut harus sepenuhnya sepengetahuan dokter alias sesuai resep.

Nah, apabila kita mau menentukan sendiri semaunya maka bisa jadi justru alat bantu penglihatan membuat kita menderita mata malas. Hal ini bisa terjadi karena alat bantu itu, baik kacamata atau lensa kontak, under correction atau over correction, sehingga lensa mata tidak mampu untuk berakomodasi meski telah menggunakan alat bantu. Jadi petunjuk dokter sangat diperlukan, disamping kita juga mampu untuk Menakar Plus Minus Penggunaan Lensa Kontak dan Kacamata.

Related For Menakar Plus Minus Penggunaan Lensa Kontak dan Kacamata