Menu

Masalah Kehamilan Trimester 1, Wanita Hamil Wajib Tahu

September 1, 2016 | Kehamilan | 1.551 Pengunjung

Masalah Kehamilan Trimester 1 – Wanita hamil pada trimester 1 memag harus lebih menjaga kesehatannya dengan baik, apalagi wanita hamil pastinya akan mengalami banyak sekali perubahannya selama 3 bulan pertama masa kehamilannya tersebut, yang mana perkembangan ibu sering merasakan mual, nyeri di punggung, lelah, perubahan mood, sering berkemih, merasa kram, dan juga alami konstipasi. Beberapa wanita hamil juga sering khawatir dengan kondisi kehamilannya tersebut, yang mana wanita hamil bisa membedakan kondisi normal dengan kondisi abnormal.

Masalah Kehamilan Trimester 1

Keluhan atau masalah kehamilan trimester 1 ini memang tidak selamanya membahayakan. Bahkan beberapa diantaranya adalah keluhan normal. Namun, untuk bisa membedakanya, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang masalah kehamilan trimester 1 bagi wanita hamil. Masalah kehamilan normal atau pun abnormal ini harus diwaspadai sebagai salah satu pertanda adanya gangguan yang berbahaya pada kesehatan ibu dan juga janin yang dikandung. Simak saja ulasan selengkapnya di bawah ini.

Masalah kehamilan trimester 1

  • Perasaan mual. Perlu Anda tahu bahwasannya ibu hamil yang alami mual pada kehamilan trimester 1 ini adalah kondisi yang normal terjadi. Wanita hamil atau ibu hamil sering merasa mual atau yang biasanya disebut dengan morning sickness. Masalah kehamilan yang seperti ini akan dialami oleh 9 dari 10 wanita hamil, yang seringkali alami klimaks di saat pagi dan menjelang malam hari. Bagi wanita hamil yang sering alami gangguan morning sickness tersebut juga tidak perlu khawatir, sebab kondisi mual atau pun muntah tanpa ada tanda yang membahayakan. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menghindari beberapa makanan yang mengandung lemak, istirahat yang cukup, banyak minum cairan, dan juga frekuensi makanan lebih ditingkatkan.
  • Nyeri di punggung. Pada trimester 1 masalah kehamilan akan lebih sering dialami oleh ibu hamil selanjutnya adalah nyeri pada bagian punggung. Kondisi yang seperti ini terjadi sebab adanya perubahan yang terjadi pada wanita hamil, walaupun tidak terlalu signifikan namun keluhan fisik ini sepertinya sudah mulai timbul pada kehamilan trimester 1 dan akan terus meningkat pada kehamilan trimester akhir. Nyeri pada punggung ini umumnya akan disertai dengan pegal di leher dan kaki yang mulai membengkak. Dan untuk bisa mengatasi hal tersebut, wanita hamil disarankan untuk istirahat yang cukup atau pun dengan berendam menggunakan air hangat.
  • Sering lelah dan alami perubahan mood. Masalah kehamilan yang satu ini umumnya terjadi karena adanya perubahan hormon kehamilan yang menjadikan ibu sedih dan merasa serba salah saat sedang hamil. Selain itu, masalah tersebut juga sering menjadikan wanita hamil lebih emosional dan malas untuk melakukan beberapa aktifitas.

Demikianlah beberapa masalah kehamilan trimester 1 yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Related For Masalah Kehamilan Trimester 1, Wanita Hamil Wajib Tahu