Menu

Manfaat kesehatan tanaman Catnip

Juli 19, 2015 | Makanan Sehat | 549 Pengunjung

Manfaat kesehatan tanaman Catnip – Catnip merupakan tanaman semak yang tumbuh liar di beberapa daerah seperti Eurasia (Eropa-Asia) dan Amerika Utara serta sudah tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan yang memiliki nama latin Nepeta cataria ini termasuk keluarga tumbuhan mint karena pasti bisa dikenali oleh Sahabat Informasi Kesehatan dari bau mint yang disebarkannya.

Manfaat kesehatan tanaman Catnip

Manfaat kesehatan tanaman Catnip

Pada kucing, tumbuhan ini dapat memberi efek perubahan tingkah laku yang aneh layaknya manusia mengkonsumsi ekstasi atau pun ganja. Kandungan senyawa yang terkonsentrasi pada batang dan daun tanaman Catnip ini disebut nepetalactone, yang dianggap paling bertanggung jawab terhadap perubahan tingkah laku kucing. Namun reaksi senyawa yang terjadi pada kucing tidak menyebabkan perilaku yang sama pada manusia.

Tumbuhan catnip ini dipercaya dapat digunakan sebagai ramuan untuk mengobati gangguan pencernaan. Biasanya, saun serta bunga Catnip bisa dikonsumsi dalam bentuk ekstrak herbal dan teh. Karena Catnip memberikan sifat antispasmodic yang memiliki efek menenangkan dan santai pada sistem pencernaan, menghilangkan diare, perut kembung, gangguan pencernaan, sakit perut, dan sakit kepala. Ini juga bermanfaat untuk mengobati perut dan menstruasi kram, serta batuk kronis. Selain itu, tanaman ini juga mengandung sifat nutrisi yang sangat baik yang bermanfaat untuk sistem pencernaan manusia.

Tanaman Catnip juga menjadi sumber zat besi, selenium, kalium, mangan dan kromium. Hal ini juga berisi jumlah moderat mineral dan vitamin. Tanaman ini juga dapat membantu demam rendah dan baik untuk mengurangi penderita sulit tidur dan insomnia.

Adapun manfaat kesehatan tanaman Catnip adalah sebagai berikut:

1. Meringankan gejala sindrom usus yang mengganggu (IBS)

Irritable Bowel Syndrome (IBS) ini merupakan kondisi luas yang melibatkan nyeri perut berulang dan diare atau sembelit, sering dikaitkan dengan stres, depresi, kecemasan, atau infeksi usus sebelumnya. Karena  diketahui ternyata stres dapat memperburuk gejala kondisi seperti ulkus peptikum, sindrom iritasi usus dan ulcerative colitis. Dan penggunaan ramuan teh catnip diyakini dapat meredakan sakit perut dan susah buang air besar ini.

Baca Juga :   5 Jenis Makanan Penambah Hemoglobin

2. Membantu mengatasi serangan kecemasan

Kandungan senyawa nepetalactone pada tanaman Catnip dapat memainkan perannya sebagai relaksan. Peran inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk menenangkan tubuh dan pikiran sehingga dapat bermanfaat dalam mengatasi kecemasan. Pada beberapa pasien dengan keluhan atas terjadinya gangguan stres, gelisah ataupun depresi dapat teratasi dengan pemberian ramuan teh dan kapsul Catnip.

3. Membantu mengatasi insomnia

Efek relaksasi yang dimiliki oleh tanaman juga berguna untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Efek relaksasi ini bisa diperoleh dari mengkonsumsi ramuan teh Catnip yang membantu menginduksi tidur sehingga kita bisa mendapatkan tidur malam yang baik berkualitas.

4. Membantu mengurangi gangguan pernapasan

Selain sebagai agen relaksan, ternyata tanaman ini juga memiliki fungsi sebagai dekongestan alami serta mampu mengurangi sesak pada dada. Tanaman Catnip bermanfaat mengurangi ketidaknyamanan gangguan flu yang biasanya disertai dengan kesulitan bernapas yang bermuara pada timbulnya batu. Selain itu, penyakit seperti bronkitis dan asma yang dapat menimbulkan gangguan pernapasan ini dapat teratasi.

5. Membantu meredakan sakit gigi

Tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan sakit gigi, yakni dengan memanfaatkan daun tanaman Catnip. Dengan mengunyah atau menumbuk daun tanaman ini akan sangat bermanfaat dalam meredakan nyeri pada gigi.

6. Membantu meredakan nyeri perut

Tanaman Catnip ini dapat membantu melepaskan gas yang terperangkap dalam usus agar dapat membantu meningkatkan kinerja pencernaan. Karena diketahui bahwa sumber ketidaknyamanan perut secara umum terjadi pada apenderita kembung dan diare.

7. Membantu menyembuhkan luka

Aplikasi topikal dari ramuan herbal tanaman catnip sangat membantu untuk menyembuhkan luka, dengan meletakkkan daun tanaman ini diatas luka bisa membantu menghentikan pendarahan.

Baca Juga :   Mewaspadai Kandungan Gula Dibalik Konsumsi Makanan Sehat Kita

Namun, penggunaan ramuan herbal catnip ini harus hati-hati, karena dapat menjadi racun bagi manusia apabila pengolahannya tidak benar. Selain itu, dapat merangsang terjadinya kontraksi pada wanita hamil, jadi sebaiknya menghindari pada kondisi seperti ini. Oleh karena itu perlakukan yang tepat dan benar diperlukan agar didapat maksimal manfaat kesehatan tanaman Catnip.

Related For Manfaat kesehatan tanaman Catnip