Menu

Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Agustus 23, 2016 | Manfaat Buah | 188 Pengunjung

Semangka adalah buah yang sangat menyegarkan. Mengkonsumsi buah ini bisa langsung menghilangkan dahaga. Buah ini juga memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan, tak terkecuali untuk kesehatan para ibu hamil. Banyak sekali manfaat buah semangka untuk ibu hamil. Bagi ibu yang sedang hamil, semangka bisa dijadikan pilihan asupan makanan sehari-hari.

Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Dalam bahasa latin, semangka disebut dengan Citriluss Lanatus. Buah ini berasal dari tanah Afrika, tepatnya Afrika bagian selatan. Semangka sendiri adalah kerabat dekat dari tanaman lain seperti melon, labu atau mentimun. Buah ini kini sudah menyebar secara merata di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Salah satu kandungan terbesar dari buah ini adalah vitamin C. Selain itu, buah semangka juga memiliki kandungan Vitamin A, Zat Besi hingga Magnesium yang tak kalah besar. Buah ini bisa dimakan secara langsung atau diolah sebagai minuman seperti jus buah.

Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Lalu, apa saja manfaat buah semangka ini untuk ibu yang sedang mengandung bayi? Berikut ini beberapa manfaat buah semangka untuk ibu hamil.

  • Pencegahan Dehidrasi

Seorang ibu yang sedang hamil tidak boleh kekurangan cairan dalam tubuh. Untuk itu, ibu hamil harus rajin-rajin mengkonsumsi air. Jika bosan dengan minum air, mengkonsumsi buah semangka bisa menjadi alternatif pilihan agar terhindar dari dehidrasi. Seperti yang kita ketahui, semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak. Dengan sering mengkonsumsi semangka, kebutuhan cairan dalam tubuh pada ibu hamil akan terpenuhi.

  • Kesehatan Jantung Ibu Hamil

Ibu hamil memang rentan terkena berbagai masalah, salah satunya gangguan jantung. Untuk mengurangi resiko gangguan penyakit jantung, mengkonsumsi semangka bisa menjadi jawabannya. Semangka memiliki kandungan zat Likopen yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh
Baca Juga :   Khasiat Dan Cara Mengolah Kulit Manggis

Salah satu kandungan terbesar yang ada pada buah semangka adalah vitamin C. Vitamin C dalam buah semangka berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dari ibu hamil. Ibu hamil memang akan sering merasa kelelahan. Dengan mengkonsumsi buah semangka secara teratur, daya tahan tubuh serta sistem imun akan kembali terjaga. Dengan begitu, ibu hamil bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

  • Mendukung Pertumbuhan Bayi

Semangka juga memiliki kandungan zat kalium serta kalsium. Kedua zat tersebut sangat berguna untuk membantu pertumbuhan tulang dari janin yang dikandung. Pembentukkan tulang pada bayi bisa sempurna dengan asupan kalium dan kalsium yang tepat. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah yang memiliki warna merah dan kuning ini.

Itu tadi beberapa manfaat dari buah semangka untuk ibu hamil. Bagi para ibu yang sedang mengandung, mengkonsumsi semangka bisa dijadikan pilihan untuk menjaga kondisi tubuh dan juga kandungan. Ibu hamil memang harus benar-benar menjaga makanan yang dikonsumsinya. Dengan makanan yang dijaga dengan baik, bayi yang dilahirkan juga akan tumbuh dengan baik.

Related For Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil