Menu

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Agustus 22, 2016 | Manfaat Buah | 174 Pengunjung

Pernahkah Anda makan buah kelengkeng? Buah yang tekstur dan bentuknya mirip dengan rambutan ini merupakan buah yang biasa muncul di daerah tropis seperti Indonesia, Thailand atau Vietnam. Buah ini mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan. Tapi, tahukah Anda apa saja manfaat buah kelangkeng untuk kesehatan tubuh kita?

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Kelengkeng atau bisa disebut juga dengan lengkeng merupakan tanaman buah yang masuk dalam keluarga Sapinndaceae. Buah ini sendiri adalah buah asli Asia Tenggara yang tidak akan bisa ditemukan di benua lain. Namun, belakangan ini sudah banyak Negara-negara di luar Asia Tenggara seperti Amerika Serikat dan Taiwan yang mencoba mengembangbiakkan buah ini.

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Seperti layaknya tanaman buah lainnya, kelengkeng memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada buah kecil ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari buah kelengkeng? Berikut ini beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang lancar memang sangat diutuhkan tubuh kita. Jika aliran darah terhambat, maka berbagai fungsi organ penting dalam tubuh kita bisa terganggu. Kelengkeng mengandung zat besi yang lumayan tinggi yang berguna untuk memperlancar peredaran darah. Jadi, jika tidak ingin terkena gangguan darah, kita bisa mengkonsumsi buah kelengkeng untuk pencegahan.

  • Obat Demam dan Flu

Kelengkeng juga mengandung banyak vitamin C. Vitamin C diperlukan sebagai daya tahan tubuh kita terhadap beberapa penyakit, termasuk demam dan flu. Beberapa orang sangat rentan terserang demam maupun influenza. Untuk mencegah penyakit tersebut, sistem kekebalan tubuh kita harus ditingkatkan. Caranya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin. Nah, buah kelengkeng ini sendiri bisa menjadi pilihan asupan vitamin C bagi tubuh kita.

  • Membantu Kerja Jantung
Baca Juga :   Manfaat Buah Anggur Merah untuk Kesehatan

Kelengkeng juga dipercaya mampu memabntu fungsi dan kerja jantung. Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh. Oleh sebab itu, kita harus menjaganya dengan baik. Agar fungsi dan kerja jantung bisa berjalan dengan baik, kita harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Kelengkeng bisa menjadi jawabannya. Buah ini mempunyai manfaat untuk membantu kerja jantung kita.

  • Makanan untuk Diet

Meskipun rasanya manis, kandungan gula pada buah ini terbilang rendah. Selain itu, kandungan kalorinya juga tidak terlalu tinggi. Hal itu membuat kelengkeng sangat cocok digunakan sebagai makanan pada saat diet. Kelengkeng bisa dimasukkan ke dalam list buah-buahan untuk program diet Anda.

Itu tadi beberapa manfaat dari buah kelengkeng untuk kesehatan. Buah kelengkeng ini ternyata tidak hanya enak untuk dikonsumsi tapi juga bisa menjadi obat alami untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah kelengkeng dan ambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

Related For Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan