Menu

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Agustus 14, 2016 | Kehamilan, Manfaat Buah | 738 Pengunjung

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan buah Alpukat. Alpukat adalah salah satu jenis buah tropis yang tidak hanya enak dikonsumsi tapi juga memiliki beragam khasiat. Selain baik untuk kesehatan kulit dan pencernaan, buah Alpukat juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil. Banyak sekali manfaat buah alpukat untuk ibu hamil.

 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Alpukat atau Avocado adalah buah tropis yang masuk dalam keluarga Lauraceae. Buah ini pertama kali ditemukan di daerah Meksiko dan Amerika. Buahnya berwarna hijau tua dan mempunyai kulit yang lembut. Rasa dari buah Alpukat ini sendiri manis cenderung pahit. Salah satu khasiat terbesar dari buah Alpukat adalah untuk kesehatan kulit tubuh. Alpukat sudah lama dimanfaatkan untuk mempercantik kulit tubuh.

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Namun, ternyata ada banyak khasiat yang bisa diperoleh dari buah Alpukat untuk ibu hamil. Kandungan yang ada pada buah alpukat ternyata mampu memberikan manfaat bagi kandungan. Berikut ini beberapa manfaat buah Alpukat untuk ibu hamil.

  • Asupan Kalsium

Salah satu kandungan yang paling menonjol pada buah alpukat adalah kalsium. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kalsium sangat berperan penting dalam perkembangan tulang dan gigi kita. Bayi yang masih ada pada kandungan juga memerlukan kalsium untuk pembentukkan tulang dan gigi yang sempurna. Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara teratur, asupan kalsium yang diperlukan oleh bayi dalam kandungan bisa terpenuhi dengan baik

  • Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Buah alpukat mengandung banyak zat besi. Zat besi tersebut diperlukan oleh tubuh salah satunya untuk menjaga kondisi ibu hamil. Ibu hamil memang sangat rentan terkena serangan penyakit. Oleh karena itu, kondisi ibu hamil harus selalu terjaga. Asupan makanan harus sangat diperhatikan. Kandungan zat besi yang ada pada buah alpukat akan membantu menjaga kesehatan dari ibu hamil.

 

  • Melancarkan Pencernaan

Kandungan zat yang lain pada alpukat adalah beta karoten dan likopen. Kedua zat tersebut berguna untuk memperlancar pencernaan ibu yang sedang hamil. Selain itu, kedua zat tersebut akan mencegah terjadinya peradangan pada bagian lambung. Dengan begitu, kesehatan lambung dan pencernaan dari ibu hamil akan selalu terjaga.

  • Sumber Karbohidrat

Ibu yang sedang hamil terkadang tidak nafsu makan dan sering mual-mual. Hal tersebut menjadi dilemma tersendiri karena ibu hamil membutuhkan banyak asupan makanan untuk menjaga kesehatan kandungannya. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah alpukat. Hal itu karena buah alpukat mengandung banyak karbohidrat yang mampu mengenyangkan.

Itu tadi beberapa manfaat buah Alpukat untuk ibu hamil. Jika Anda sedang hamil atau mengandung, tidak ada salahnya mengkonsumsi buah Alpukat sebagai alternatif asupan makanan Anda sehari-hari. Dengan begitu, kesehatan janin dan kandungan Anda akan selalu terjaga. Tapi selalu ingat untuk konsumsi secukupnya, tidak berlebihan.

Related For Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil