Makanan Yang Baik Atau Tidak Untuk Dikonsumsi Saat Batuk dan Pilek

Makanan Yang Baik Atau Tidak Untuk Dikonsumsi Saat Batuk dan Pilek

Makanan Yang Baik Atau Tidak Untuk Dikonsumsi Saat Batuk dan Pilek – Pasti diantara para Sahabat jadisehat.commengetahui dan merasakan bagaimana perubahan perubahan iklim dan cuaca saat ini. Perbedaan suhu siang dan malam sangat ekstrim, dan bahkan pada saat siang ketika matahari terik masih kita rasakan hawa dingin. Kalau kondisi kesehatan dan stamina kita tidak benar-benar prima bisa jadi kita akan ‘tumbang’ dan jatuh sakit, atau bahkan telah banyak diantara kita yang telah menderita sakit akibat ekstrimnya cuaca saat ini.

Makanan Yang Baik Atau Tidak Untuk Dikonsumsi Saat Batuk dan Pilek
Makanan Yang Baik Atau Tidak Untuk Dikonsumsi Saat Batuk dan Pilek

Perubahan cuaca atau perbedaan iklim yang signifikan dengan suhu dan cuaca yang seperti ini, yang paling umum menyebabkan beberapa penyakit, diantaranya yang paling ringan serta lazim diderita adalah penyakit batuk dan pilek yang disebabkan oleh virus flu. Virus ini memang mudah menjangkiti pada orang dengan kondisi pertahanan dan ketahanan tubuhnya menurun. Disamping karena perubahan cuaca yang begitu drastis seperti yang terjadi saat ini, kurangnya istirahat atau pola istirahat yang tidak teratur serta pola dan menu makan yang tidak sehat menjadi pemicu mudahnya virus flu atau influenza ini menyerang.

Oleh karena itu, agar ketahanan tubuh dapat optimal dalam membentengi kita dari perubahan iklim ini, maka seharusnya pola istirahat dan pola makan kita harus dijaga kecukupan dan keteraturannya. Demikian juga halnya dengan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh harus tercukupi dari makanan yang kita konsumsi. Namun kita juga harus tetap harus waspada terhadap makanan yang kandungan zatnya justru dapat memantik dan memperparah infeksi virus pada tubuh kita.

Seperti halnya makanan, harus menjadi perhatian kita karena akan sangat mempengaruhi tingkat serangan dan kemampuan tubuh untuk bertahan dan mengatasinya. Karena makanan yang kita konsumsi sebenarnya juga bisa membantu mencegah penyakit yang diakibatkan oleh virus flu ini. Namun sebaliknya apabila makanan yang kita makan tersebut itu keliru maka penyakit inipun akan semakin betah berlama-lama di dalam tubuh kita.

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Batuk

Untuk makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat penyakit batuk dan pilek ini menyerang adalah makanan ataupun minuman yang dapat meningkatkan produksi lendir. Pertanyaan yang kemudian timbul adalah mengapa dan makanan serta minuman apa saja yang bisa meningkatkan produksi lendir itu? Seperti kita ketahui bahwa virus flu merangsang produksi lendir yang berlebihan, sehingga membuat merasa tidak nyaman karena jalan pernapasan terasa terhambat. Agar batuk dan pilek tidak semakin parah, hindari jenis makanan dan minuman yang bisa memproduksi lendir.Jenis makanan dan minuman yang bisa meningkatkan produksi lendir diantaranya :

1. Produk Olahan Susu

Susu dapat meningkatkan produksi lendir, dan dapat menambah parah kondisi batuk anda. maka ketika batuk sebaiknya hindari susu dan produk produk olahan susu seperti es krim, yoghurt, dan keju telur,dll

2. Semua jenis makanan yang digoreng

Banyak sekali aneka macam gorengan yang bisa kita temui, memang nikmat makanan yang satu ini sudah kental di lidah kita, namun ketika batuk sebaiknya kita hindari jenis makanan ini, agar tidak menambah parah kondisi batuk anda.

3. Daging merah

Daging merah seperti daging sapi, kambing, dan lainnya sebaiknya juga anda hindari ketika batuk, agar batuk yang di alami segera sembuh.

4. Makanan dan Minuman Yang mengandung Gula.

Beberapa jenis minuman yang sering kita temui di tempat perbelanjaan kebanyakan mengandung gula, jadi lebih baik anda hindari dulu jenis minuman atau makanan ini.

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Batuk

Adapun makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi ketika penyakit batuk dan pilek ini menyerang yaitu makanan dan minuman yang kaya akan vitamin yang berperan sebagai pendorong sistem kekebalan tubuh serta berguna untuk mengatasi batuk, sakit tenggorokan, maupun pilek :

1. Air Putih

ketika anda batuk, sebaiknya anda perbanyak minim air putih, agar kondisi anda segera membaik.

2. Buah Buahan

Mengkonsumsi buah buahan saat batuk , akan memberikan asupan gizi pada tubuh anda dan akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga selain dapat meredakan batuk, mengkonsumsi buah buahan secara rutin dapat membantu anda terhindar dari serangan berbagai macam penyakit lainnya.

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran

Sayuran sangat baik bagi tubuh, seperti halnya buah buahan, beberapa jenis sayuran mengandung zat besi, yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita. sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang makanan yang harus dihindari saat batuk dan makanan yang baik dikonsumsi saat batuk, semoga dapat membantu mengatasi masalah yang anda alami. Sahabat juga dapat membaca artikel tentang  13 Jenis Buah dan Sayur Penghalau Batuk, Pilek dan Flu.

Semoga Bermanfaat.