Menu

24 Rekomendasi Makanan Penguat Kandungan Lemah

Desember 14, 2016 | Hamil | 27.855 Pengunjung

Makanan Penguat Kandungan lemah di Awal Kehamilan – Pada saat mengalami kehamilan, kandungan harus betul-betul dijaga dengan baik agar tetap sehat. Karena dengan kandungan yang kuat dan sehat, ibu hamil akan terhindar dari berbagai macam resiko terkait kehamilan, misalnya keguguran, kelahiran prematur, kematian janin dalam rahim, bayi lahir cacat, dsb.  Untuk menjaga kandungan agar tetap sehat, anda bisa mengkonsumsi makanan penguat kandungan.

Ada berbagai macam makanan penguat kandungan ibu hamil, mulai dari jenis makanan yang disediakan dari olahan pabrik yang telah diakui dan lulus uji kualitas serta makanan penguat kandungan alami yang dapat kita peroleh dari lingkungan sekitar.

Nah, untuk makanan penguat kandungan di awal kehamilan, ada baiknya jika jenis makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung protein, karena protein dapat membantu sel yang telah mati dalam tubuh dn juga berperan penting dalam struktur juga fungsi semua sel-sel mahluk hidup.

Untuk itu kompaskesehatan.com merangkum jenis makanan penguat kandungan di awal kehamilan yang bisa dengan mudah anda peroleh.

makanan penguat kandungan

10 Makanan Penguat Kandungan Ibu Hamil

1. Telur

makanan penguat kandungan alami
Seperti yang telah banyak diketahui, kandungan protein serta nutrisi yang dimiliki telur sangat lengkap dimana satu butir telur mempunyai setidaknya kandungan 7 gram protein serta hanya memiliki 2 gram lemak jenuh. kandungan protein yang ada di dalam telur ini sangat baik dijadikan makanan penguat kandungan lemah.

Berbagai macam jenis telur sangat cocok di jadikan sebagai makanan penguat kandungan lemah. Sebab di dalam telur banyak terdapat gizi yang sangat di perlukan oleh ibu hamil, terutama kandungan protein dan omega-3 pada telur yang memiliki fungsi yang dapat menguatkan kandungan ibu hamil. Jenis-jenis telur yang biasa dikonsumsi ibu hamil untuk menguatkan kandungan di antaranya telur ayam kampung, telur angsa, telur bebek, dan berbagai macam telur unggas lainnya. dari beberapa jenis telur yang di sebutkan tadi, yang memiliki kandungan protein paling tertinggi adalah telur bebek, maka dari itu ibu hamil sangat di anjurkan mengkonsumsi telur bebek agar kandungan jadi kuat. (baca juga : Bolehkah Ibu Hamil Berhubungan Intim Setiap Hari )

2. Kacang polong

makanan alami penguat kandungan
Satu cangkir kacang polong menyuplai setidaknya sekitar 12-15 gram protein. Namun bukan hanya kacang polong, hampir semua jenis kacang-kacangan juga mempunyai kandungan protein serta serat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Kandungan protein pada kacang polong membantu ibu menjaga kandungan agar lebih kuat.

3. Kacang kedelai

jenis makanan penguat kandungan
Kacang keledai memiliki kandungan lemak yang rendah dengan kandungan protein yang sangat tinggi. Tak hanya itu jenis kacang ini juga mengandung isoflavon, asam phytc, serta kandungan saponin. Beberapa kandungan tersebut mempunyai kemampuan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung pada ibu hamil, osteoporosis, kanker serta sangat ampuh dijadikan makanan untuk penguat kandungan.

 

Kacang kedelai dapat di olah menjadi Susu Kedelai, dan dengan mengkonsumsinya setiap hari, kandungan ibu akan lebih kuat dan juga sehat.

4. Kacang Hijau

makanan penguat kandungan ibu hamil

Kacang hijau memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga kacang hijau juga dapat di konsumsi ibu hamil sebagai makanan penguat kandungan. Kacang hijau membantu menjaga perkembangan janin agar sehat selama masa kehamilan. Kacang hijau juga bermanfaat meningkatkan HB dalam darah sehingga kesehatan ibu selama masa kehamilan juga terjaga.

 

5. Sayuran Hijau

makanan penguat kandungan ibu hamil
Sayuran hijau tua seperti kale, bayam, kangkung, brokoli, bokchoy dll bermanfaat membantu menjaga keseimbangan basa rahim. Selain itu sayuran hijau juga menyediakan banyak mineral untuk fungsi sistem saraf yang optimal. Dengan mengkonsumsi sayuran, maka Anda akan mendapatkan banyak nutrisi termasuk folat, untuk memastikan rahim siap membuat bayi yang sehat

6. Kecambah

makanan penguat kandungan alami

Kecambah banyak dikenal sebagai makanan agar cepat hamil, digunakan untuk menyuburkan pria dan juga meningkatkan kualitas sperma pria . Ternyata ibu hamil pun boleh mengkonsumsi kecambah, karena terbukti dapat membantu sebagai makanan penguat kandungan alami. Caranya mengkonsumsinya cukup mudah kita hanya perlu merebus kecambah hingga matang,dan kita bisa makan kecambah dengan di dampingi makanan lainnya, atau di olah sebagai masakan tersendiri.

7. Yoghurt

makanan penguat kandungan lemah
Kalsium tinggi yang ada pada yoghurt sangat bermanfaat menjaga kesehatan. Salah satu kandungannya adalah kalsium namun bukan hаnуа mengandung kalsium, yoghurt іnі јugа memiliki kandungan protein уаng cukup tinggi. Bаhkаn ibu hamil јugа disarankan untuk mengkonsumsi olahan susu уаng satu іnі ѕеtіар harinya. Yoghurt juga dapat membantu menjaga dan menguatkan kandungan ibu.

8. Ikan Air Tawar

makanan penguat kandungan trimester pertama

Berbagai macam jenis ikan air tawar segar sangat kaya akan kandungan protein dan juga omega-3. Oleh sebab itu mengkonsumsi ikan air tawar juga dapat membantu menjaga dan menguatkan kandungan. Dengan mengolahnya secara benar dan bersih Ikan Air tawar sangat di rekomendasikan sebagai makanan untuk ibu hamil.

9. Tahu

makanan untuk penguat kandungan kesehatan
Tahu merupakan lauk yang nikmat sebagai pendamping makanan. Tahu juga terbukti mengandung banyak nutrisi penting yang di perlukan oleh tubuh yang berasal dari kacang kedelai. Bukan hаnуа kaya аkаn nutrisi уаng berasal dаrі kedelai, tahu јugа memiliki kandungan protein уаng cukup tinggi уаng mеmаng dі butuhkan оlеh ibu hamil.

10. Ikan segar

contoh makanan untuk penguat kandungan
Ikan segar baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut sama sama memiliki kandungan protein уаng cukup tinggi, ѕеlаіn іtu ikan segar јugа memiliki kandungan omega 3 уаng mеmаng ѕаngаt baik untuk kesehatan Andа јugа janin уаng ada dі dalam kandungan. Disarankan ibu hamil untuk memperbanyak konsumsi ikan ikanan baik itu ikan air tawar maupun ikan air asin untuk memberi nutrisi yang lengkap untuk janin.

11. Buah-buahan

makanan penguat kandungan
Dі awal kehamilan, ѕаngаt penting јіkа ibu hamil menerima asupan buah-buahan. Dimana hаmріr ѕеmuа buah-buahankaya аkаn vitamin C dan bioflavonoid dараt membantu menghambat pertumbuhan fibroid rahim. Buah-buahan јugа dараt menormalkan kadar estrogen. Jadi pastikan, Andа јugа makan buah-buahan beragam dalam jumlah cukup. Bioflavonoid dalam buah bermanfaat mencegah kanker ovarium dan membantu menjaga kesehatan sistem reproduksi Anda.

12. Susu murni

makanan penguat kandungan bumil
Susu merupakan bahan utama pembuatan yoghurt, Meskipun kandungan protein уаng terkandung dі dalam susu murni jauh lebih sedikit јіkа dі bandingkan dеngаn yoghurt. Nаmun asam amino уаng dі butuhkan оlеh tubuh ibu hamil terkandung dі dalam susu murni. Jadi tіdаk ada salahnya јіkа Andа mengkonsumsi susu murni karena memang dapat membantu menguatkan kandungan ibu hamil.

13. Udang

makanan untuk penguat kandungan ibu hamil
Udang kaya akan protein, namun tak hаnуа mengandung protein уаng tinggi saja, udang јugа mengandung kalsium уаng cukup tinggi уаng baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin уаng ada dі dalam kandungan. Kandungan kalsium juga akan membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.

14. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang kaya akan kandungan omega-3, protein, serta kaya akan asam folat. Ikan Salmon sangat baik di konsumsi  dan sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan juga janin. Banyak mengkonsumsi ikan salmon terbukti dapat membantu menguatkan kandungan ibu selama masa kehamilan muda. Disamping itu kandungan asam folat dan omega-3 yang terkandung pada ikan salmon sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin.

15. Brokoli

Brokoli yang kaya akan kalsium, asam folat, zat besi dan juga vitamin C. Sangat di rekomendasikan di konsumsi secara rutin oleh ibu hamil yang memiliki masalah pada kandungannya. Mengkonsumsi brokoli juga dapat meningkatkan kecerdasan otak, kandungan zat besinya mampu melawan radikal bebas dan mencegah anemia pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi  brokoli 100gram setiap hari, akan menjaga kesehatan bagi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan.

16. Sereal

Sereal merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan vitamin B. Vitamin B merupakan salah satu jenis vitamin yang amat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu menguatkan kandungan. Bagi ibu yang mengalami sulit makan mengkonsumsi sereal yang kaya akan kandungan vitamin B di dalamnya bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif  makanan sehari hari bagi ibu hamil.

17. Ubi Jalar

Riset membuktikan bahwa Ubi Jalar juga dapat digunakan sebagai salah satu makanan penguat kandungan yang lemah. Ubi jalar banyak mengandung beta karoten, yaitu sebuah kandungan zat yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Tidak hanya itu Ubi jalar juga memiliki kandungan lain seperti asam folat, serat dan juga mengandung vitamin C. Kandungan – kandungan tersebut bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan juga menguatkan kandungan ibu hamil.

18. Buah Berry

Taukah anda bahwa buah berry juga dapat dijadikan sebagai buah untuk menguatkan kandungan. Hal ini di sebabkan karena dalam buah beri banyak terkandung, vitamin C, asam folat, kalium dan juga serat. Dengan mengkonsumsi buah berry secara rutin bisa membantu ibu hamil menguatkan kandungan. Jenis jenis buah berry yang dapat dipergunakan sebagai makanan penguat kandungan adalah blueberry dan juga buah raspberry.

19. Apel

Kandungan Anti oksidan yang tinggi serta kandungan vitamin C pada apel dapat membantu ibu untuk menguatkan kandungan. Jika Anda mengalami masalah dengan kandungan Anda, perbanyaklah konsumsi buah Apel setiap hari.

20. Jenis Makanan Yang Kaya Asam Folat

Beberapa jenis saur dan ikan ikanan banyak mengandung asam folat, sebagai contoh ikan salmon, bandenga, tomat dan lain sebagainya. Makanan yang banyak mengandung asam folat akan membantu menguatkan kandungan serta membantu perkembangan janin dalam kandungan

 

21. Madu

Madu merupakan glukosa alami yang sangat aman untuk dikonsumsi. Madu sudah terkenal dengan banyak khasiat di dalamnya, bagi ibu hamil selain bermanfaat untuk menguatkan kandungan, madu juga bermanfaat untuk menambah serta menjaga stamina ibu hamil.

22. Kurma

Kurma merupakan buah yang istimewa. Mengkonsumsi kurma bagi ibu hamil dapat menjadi sumber energi dan kandungan kurma lainnya dapat membantu menguatkan kandungan serta membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.

23. Madu Bee Pollen

Madu bee pollen merupakan madu yang dicampurkan dengan pollen lebah. Pollen lebah mengandung banyak protein. Protein yang terkandung dalam pollen lebah  dapat bermanfaat untuk menguatkan kandungan yang lemah. Bee pollen juga kaya akan berbagai vitamin, enzim dan mineral yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

24. Buah Alpukat

Buah alpukat kaya akan lemak tidak jenuh, vitamin E dan berbagai macam vitamin lain serta mineral. Mengkonsumsi alpukat bagi ibu hamil dapat membantu menguatkan kandungan, serta memberikan nutrisi yang di butuhkan untuk perkembangan janin.

Itulah beberapa jenis makanan penguat kandungan di awal kehamilan, dengan makanan tersebut diharapkan ibu hamil akan tetap sehat dan janin di dalam kandungan juga akan tumbuh dengan baik. Semoga bermanfaat

Related For 24 Rekomendasi Makanan Penguat Kandungan Lemah