Menu

Macam – Macam Senam Lantai Sehatkan Tubuh

Januari 14, 2017 | JadiSehat, Tips Sehat | 292 Pengunjung

Macam – Macam Senam Lantai Sehatkan Tubuh | Pada umumnya senam lantai disebut juga dengan floor exercise dimana ada juga yang memberikan nama senam ini dengan tumbling. Senam lantai sendiri merupakan suatu latihan senam yang dilakukan dengan menggunakan matras dengan unsur – unsur gerakan yang terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada ketika melakukan loncatan baik ke depan atau ke arah belakang.

Macam – Macam Senam Lantai Sehatkan Tubuh

Jenis senam lantai disebut dengan latihan bebas karena tidak perlu alat atau gerakan khusus pada senam lantai ini. Dan jika pesenam memang membawa alat berupa bola, pita atau alat lain itu hanya menjadi suatu alat dalam meningkatkan fungsi gerakan lentur dan kekuatan serta keseimbangan tubuhnya saja. Ada banyak macam – macam senam lantai yang dapat sehatkan tubuh dan dapat Anda terapkan.

Berikut kami akan berikan apa saja macam – macam senam lantai yang akan sangat cocok Anda jadikan pilihan.

Macam – Macam Senam Lantai Sehatkan Tubuh

 

Senam lantai guling ke depan (Forward Roll)

Metode senam lantai yang satu ini dilakukan dengan guling ke depan. Adapun langkah – langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan guling ke depan yaitu dengan :
• Berdiri tegak dan kemudian dua tangan dibuat lurus di samping badan.
• Angkat kedua tangan ke arah depan kemudian bungkukkan badan dan letakkan kedua telapak tangan diatas matras.
• Siku ke samping dan masukkan kepada diantara dua tangan.
• Sentuhkan bahu ke matras dan kemudian lanjutkan dengan berguling ke depan.
• Selanjutnya langsung Anda lipat kedua lutut, tarik dagu dan lutut ke dada dengan posisi tangan Anda yang dibuat merangkul lutut kemudian sikap akhir dengan guling depan dan jongkok kemudian berdiri tegak.

Senam lantai guling ke belakang (backward roll)

Posisi awal untuk guling ke belakang yaitu dengan Anda ambil dulu posisi jongkok dengan kedua kaki dibuat rapat dan tumit diharuskan diangkat. Kemudian kepala upayakan dengan posisi menunduk dengan dagu yang rapat ke dada. Upayakan kedua tangan berada disamping telinga dan telapak tangan menghadap ke arah atas. Jatuhkan pantat ke belakang dan upayakan badan tetap bulat.

Ketika nantinya punggung Anda sudah menyentuh matras, kedua lutut dapat cepat Anda tarik ke belakang kepala Anda. Dan pada kedua ujung kaki yang menyentuh matras di belakang kepala kemudian kedua telapak tangan Anda upayakan menekan posisi matras dan hingga tangan lurus dan kepala terangkat. Selanjutnya Anda ambil sikap jongkok dengan lurus ke depan dan sejajar dengan bahu lalu berdiri.

Senam lantai lompat harimau

Secara prinsip teknik gerakan loncat harimau ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan teknik gerakan roll ke depan. Dan gerakan ini adalah dengan sikap loncatan yang membusur bersama kedua tangan yang dibuat lurus ke depan ketika melayang dan kemudian diteruskan dengan gerakan mengguling ke depan dan sikap akhir jongkok.
Cara untuk melakukan senam lantai loncat harimau yaitu dengan berdiri tegak dan kedua lengan lurus di samping. Pandangan upayakan lurus ke depan. Kedua kaki menolak pada papan tolak disertai dengan ayunan lengan ke arah atas dan badan melayang, tangan dibuat menumpu pada pangkat kuda – kuda dan pandangan dipusatkan pada depan dekat tangan. Akhiri sikap jongkok terus berdiri.
Demikian sedikit informasinya untuk Anda tentang Macam – Macam Senam Lantai Sehatkan Tubuh. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Related For Macam – Macam Senam Lantai Sehatkan Tubuh