Menu

Macam-Macam Dokter Gigi Spesialis dan Tugasnya

Oktober 28, 2016 | JadiSehat, Tips Sehat | 988 Pengunjung

Dokter Gigi adalah lulusan kedokteran gigi, baik di dalam maupun di luar negeri yang diakui oleh Pemerintah Republik Indonesia sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dokter gigi umum dan dokter gigi spesialis memiliki kemampuan yang sama dalam bidang kesehatan gigi dan mulut secara umum, hanya saja dokter gigi spesialis membutuhkan waktu pendidikan yang lebih lama dan lebih fokus terhadap salah satu bagian dalam bidang ilmu kesehatan gigi dan mulut.

Berikut ini adalah tujuh macam dokter gigi spesialis dan penjelasan tugasnya:

1) Dokter Spesialis Gigi Anak (Gelar : Sp.KGA)

Dokter gigi ini mempunyai keahlian khusus untuk menangani pasien anak-anak. Mulai dari pertumbuhan dan perkembangan giginya sampai psikologis anak dalam hal ini apabila sang anak memiliki masalah rasa takut terhadap dokter gigi ataupun apabila sang anak sangat sulit untuk dilakukan perawatan oleh dokter gigi umum. Anak-anak dengan keterbatasan (cacat) juga dapat dirawat oleh dokter gigi ini.

macam-macam dokter gigi spesialis dan tugasnya-Menjadi Sehat

2) Dokter Spesialis Konservasi Gigi (Gelar : Sp.KG)

Konservasi gigi maksudnya adalah sebisa mungkin mempertahankan dan mengembalikan fungsi normal gigi. Perawatan yang dilakukan dokter gigi ini adalah penambalan, perawatan saluran akar/endodontik (gigi yang sakit berdenyut ataupun berlubang besar), dan estetik (pemutihan dan memperbaiki bentuk gigi.

3) Dokter Spesialis Prostodonsia/Prostodontis (Gelar : Sp.Pros)

Dokter gigi ini mempunyai keahlian untuk membuat berbagai jenis gigi tiruan, mulai dari yang lepasan maupun gigi tiruan cekat. Sama seperti konservasi gigi, ahli prostodontis juga bisa memperbaiki bentuk gigi namun dengan teknik yang berbeda-beda.

4) Dokter Spesialis Penyakit Mulut (Gelar : Sp.PM)

Dokter gigi ini mempunyai keahlian khusus untuk menangani pasien yang mengalami masalah dengan penyakit mulut yang tidak biasa, seperti sariawan yang tak kunjung sembuh, berbagai luka maupun kelainan di mukosa mulut.

macam-macam dokter gigi spesialis dan penjelasannya-Menjadi Sehat

5) Dokter Spesialis Bedah Mulut (Gelar : Sp.BM)

Dokter gigi ini mempunyai keahlian khusus untuk menangani pasien yang mengalami masalah seperti membuang kista, tumor, pencabutan gigi yang sulit, maupun masalah sendi rahang dan pembedahan lain yang berkaitan dengan mulut. Perawatan implant gigi, dan tindakan seperti bedah plastic untuk memperbaiki wajah pada kasus bibir sumbing.Baca juga: Prosedur Pemasangan Kawat Gigi yang Benar oleh Dokter

6) Dokter Spesialis Ortodonsia/Ortodontis (Gelar : Sp.Ort)

Dokter gigi ini mempunyai keahlian khusus untuk menangani pasien yang mengalami masalah dengan susunan gigi yang tidak teratur dan rapi. Mereka bertugas melakukan pemasangan kawat gigi dan memperbaiki struktur gigi dan rahang, serta mengembalikan gigi sesuai dengan fungsinya. Dokter gigi spesialis orthodontis adalah pihak yang paling berwenang dalam perawatan orthodonti berupa pemasangan kawat gigi terhadap pasien.

jenis-jenis dokter gigi spesialis dan definisinya-Menjadi Sehat

7) Dokter Spesialis Peridonsia (Gelar : Sp.Perio)

Dokter gigi ini mempunyai keahlian khusus untuk menangani pasien yang mengalami masalah dengan jaringan periodontal. Mereka melakukan perawatan skeling atau membersihkan karang gigi hingga bedah periodontal.

Semoga artikel mengenai macam-macam dokter gigi spesialis dan tugasnya dapat bermanfaat bagi anda.

Salam Menjadi Sehat.

Related For Macam-Macam Dokter Gigi Spesialis dan Tugasnya