Menu

Ketahuilah Penyebab dan Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

Januari 2, 2017 | JadiSehat, Tips Sehat | 223 Pengunjung

Penyebab dan Pencegahan Penyakit Batu Ginjal | Penyakit batu ginjal merupakan jenis penyakit yang sering kita dengar di sekitar kita. Penyakit ini merupakan jenis penyakit urologi yang dapat mengakibatkan rasa nyeri yang bukan main sakitnya, akan tetapi kita dapat melakukan berbagai pencegahan untuk mengatasi penyakit batu ginjal tersebut. Sebelumnya kita haruslah mengerti dan mengetahui apa yang menyebabkan penyakit ini menjangkit pada tubuh kita. Untuk itu bacalah informasi berikut yang akan menerangkan  berbagai pencetus yang dapat mengakibatkan kita terkena batu ginjal.Penyebab penyakit batu ginjal

Penyebab penyakit batu ginjal.

Penyakit batu ginjal dapat berkembang karena adanya perubahan dari air, garam, dan mineral yang terdapat didalam urine menjadi tidak normal. Mineral dalam urine saling melekat membentuk batu ginjal kecil.  Untuk ukuran dari batu ginjal tergantung dari komposisi mineral yang ada didalam tubuh. Biasanya penyakit ini tidak kita rasakan sebelum pada tahapan penyumbatan pada saluran kemih. Dan jika sudah sampai pada tahapan ini baru kita akan merasakan nyeri pada pinggang, perut depan, lipatan paha sampai bagian genital. Pada umumnya jika telah pada tahapan ini akan memberikan efek mual, muntah, sering buang air kecil dan urine bisa berdarah.

Yang harus kita pahami disini adalah tidak semua nyeri pada pinggang dan perut merupakan penyakit batu ginjal karena banyak sekali jenis penyakit lain yang dapat mengakibatkan sakit perut. Misalnya saja infeksi saluran kencing, radang usus buntu, atau bisa juga karena kehamilan atopik. Untuk memperjelas penyakit yang kita derita adalah dengan melakukan analisis dokter yaitu dengan menggunakan ultrasound dan pemeriksaan terhadap urine kita.

Jika kita positif terkena batu ginjal setelah diperiksa, dokter akan melakukan penanganan selanjutnya dengan melihat ukuran dari batu ginjal tersebut, jika ukuran batu ginjal masih kecil atau kurang dari 5 mm bisa diobati dengan menganjurkan untuk banyak minum air putih guna memperlancar buang air kecil. Dan jika ukuran batu ginjal sudah besar bisa ditangani dengan melakukan terapi nonoperasi seperti gelombang kejut untuk menghilangkan batu ginjal ini.

Penyebab penyakit batu ginjal

Pencegahan terhadap batu ginjal.

Jika kita pernah mengalami batu ginjal, sebaiknya kita mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan sodium tinggi. Batu ginjal juga bisa diatasi dengan cukup minum air putih setiap harinya. Anda juga harus bisa menjaga berat badan kita karena batu ginjal rentan dialami oleh orang yang mengalami obesitas, dan juga karena seringnya meminum obat hipertensi, asam urat dan juga infeksi saluran kemih. Dan setelah kita mengetahui berbagai pembawa penyakit batu ginjal ini maka berhati-hatilah dalam mengkonsumsi berbagai obat-obatan kimia karena memang banyak efek yang bisa mengancam penyakit lain dalam penyembuhan.

Related For Ketahuilah Penyebab dan Pencegahan Penyakit Batu Ginjal