Menu

Ketahuilah Gejala Kanker Serviks Stadium 1

Agustus 17, 2016 | Kanker, Organ Kewanitaan | 511 Pengunjung

Salah satu kanker paling berbahaya yang bisa mengidap kaum hawa adalah kanker serviks. Kanker ini menyerang bagian leher rahim wanita. Para wanita harus paham betul tentang bahaya dari kanker serviks ini. Ada beberapa level stadium dari kanker Serviks, mulai dari 1,2,3 hingga 4. Untuk tahap awal, ada baiknya untuk mengenali gejala kanker serviks stadium 1.

Gejala Kanker Serviks Stadium 1

Secara ilmiah, munculnya kanker serviks disebabkan oleh mutasi dari sel-sel dalam tubuh. Sel-sel yang awalnya baik berubah menjadi sel buruk akibat dari proses mutasi tersebut. Akibatnya, munculah sel kanker yang lama kelamaan semakin banyak jumlahnya.

Di Indonesia, jumlah penderita kanker serviks selalu bertambah. Wanita yang sudah maupun belum berkeluarga mempunyai potensi yang sama untuk terserang penyakit berbahaya ini. Karena itulah, pemahaman mendasar terkait kanker serviks harus segera ditanamkan sejak dini. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah gejala awal dari kanker serviks.

Gejala Kanker Serviks Stadium 1

Kita harus mengetahui gejala atau tanda awal dari penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa gejala dari kanker serviks stadium 1 yang kerap terjadi pada para penderita penyakit tersebut.

1. Rasa Gatal pada Mulut Rahim

Salah satu gejala paling awal dari kanker serviks adalah rasa gatal pada mulut rahim. Awalnya, rasa gatal muncul hanya sesekali saja.  Namun, lama-kelamaan, rasa gatal sering muncul dan memberikan rasa sakit. Jika rasa gatal pada mulut rahim tersebut telah berubah menjadi rasa sakit, Anda harus waspada karena gejala tersebut sudah masuk dalam stadium selanjutnya. Hal ini disebabkan oleh bakteri-bakteri penyebab kanker serviks mulai menggerogoti bagian rahim penderitanya.

2. Pendarahan yang Tak Wajar

Setelah mengalami rasa gatal pada mulut rahim, gejala selanjutnya yang biasanya muncul adalah pendarahan pada bagian rahim yang terlihat tidak wajar. Pendarahan yang terjadi biasanya bermacam-macam tergantung dari kondisi penderita. Terkadang pendarahan yang terjadi masih dalam tahap wajar, namun juga ada beberapa kasus dimana pendarahan terjadi dengan sangat besar. Kita harus waspada dengan gejala pendarahan yang tak wajar ini.

Baca Juga :   Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

3. Nyeri di Pinggul

Jangan remehkan gejala sakit atau nyeri pada bagian pinggul Anda. Karena, bisa jadi hal tersebut adalah tanda dari kanker serviks. Seringkali, penderita kanker serviks merasakan rasa sakit yang sangat pada bagian pinggul. Rasanya seperti saat mengalami menstruasi, namun pada waktu yang berbeda. Sakit itu akan berlangsung terus-menerus dan bisa dibilang akan menyiksa penderitanya. Oleh sebab itu, jangan remehkan begitu saja nyeri yang terjadi pada pinggul Anda.

Demikian tadi beberapa gejala kanker serviks stadium 1 yang harus kita ketahui. Dengan mengetahui ciri atau gejala awal dari penyakit tersebut, diharapkan kita bisa melakukan penanganan dan penyembuhan terhadap penyakit tersebut. Pengetahuan dasar tentang kanker serviks memang sangat diperlukan, khususnya bagi para wanita.

Related For Ketahuilah Gejala Kanker Serviks Stadium 1