Menu

Ketahui Bahaya Penyakit Herpes Genital Pada Wanita

Agustus 20, 2016 | Kehamilan, Kulit | 4.094 Pengunjung

Siapa sih diantara Anda ladies yang tidak takut terserang penyakit herpes genital? Bisa dipastikan jika hampir semua orang sangat takut dengan penyakit herpes genital tersebut. Perlu Anda tahu juga bahwasanya penyakit herpes genital ini ternyata tak hanya bisa menyerang para wanita saja, baik itu remaja, dewasa, orang tua, atau pun wanita hamil, ternyata penyakit tersebut juga bisa menyerang pria.

Herpes merupakan sejenis penyakit yang disebabkan oleh virus anggota famili hepertoviridae yang bisa menular dengan terlihat ruam bintik-bintik berwarna merah dan bernanah yang berkelompok. Penyakit herpes genitalis pada wanita, sekarang ini lebih dikenal dengan 2 macam, yakni herpes zoster dan juga herpes simpleks. Yang mana, kedua penyakit herpes genitalis tersebut berasal dari virus varicella zoster. Herpes zoster ini tumbuh di dalam bentuk ruam yang memanjang yang biasanya terjadi pada bagian tubuh sebelah kanan atau kiri saja.
 Penyakit herpes genitalis pada wanita

Sedangkan untuk penyakit herpes simpleks ini sendiri karena disebabkan oleh herpes simplex virus atau HSV. HSV ini sendiri digolongkan jadi dua, yakni HSV 1 yang umumnya akan menyerang bagian pinggang dan daerah sekitar mulut, dan HSV 2 yang akan menyerang bagian pinggang ke bawah. Tapi, sebagian besar penyakit herpes genitalis pada wanita ini karena HSV 2, tapi juga dari HSV 1, sebab hubungan kelamin secara orogenital atau yang juga disebut dengan oral seks dan penularan melalui tangan.

Penyakit herpes genitalis pada wanita yang sudah mulai menjangkit seseorang akan ditandai dengan adanya rasa tidak nyaman, kesemutan, atau pun rasa gatal yang bisa dirasakan beberapa jam hingga 2 sampai 3 hari sebelum munculnya lempuhan. Lempuhan akibat dari penyakit herpes gintalis ini nantinya akan dikelilingi oleh warna kemerahan yang bisa muncul dimana saja pada selaput lendir atau pun kulit, namun yang paling sering ditemukan di dalam serta di sekitar mulut, bibir, bahkan alat kelamin. Lempuhan ini cenderung membentuk kelompok yang nantinya akan bergabung satu dengan yang lainnya membentuk sebuah kumpulan yang besar.

Penyakit herpes genital tidak boleh Anda sepelekan begitu saja, karena dapat membahayakan kesehatan janin yang ada dalam kandungan bagi ibu hamil, selain hal tersebut penyakit herpes genital juga bisa sangat membahayakan kesehatan ibu hamil itu sendiri. Mau tahu bahaya apa yang akan terjadi pada ibu hamil yang terserang penyakit herpes genital? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Bahaya penyakit herpes pada Wanita hamil

  • Janin akan menderita penyakit yang sama. Harus Anda tahu, jika penyakit herpes genital ini menyerang ibu hamil, maka akan bisa menular kepada bayi yang dikandungnya. Saat bayi terlahir ke dunia, bayi tersebut akan alami penyakit yang sama.
  • Bisa menginfeksi jalannya lahir. Wanita hamil yang terkena virus herpes ini nantinya akan terkena infeksi jalannya lahir bayi bila bayi akan dilahirkan dengan persalinan yang normal. Hal yang demikian ini karena virus herpes telah tumbuh pada organ genital wanita, yang mana organ tersebut menjadi jalan satu-satunya bagi bayi yang dilahirkan secara normal. Dan hal itulah yang bisa sebabkan bayi terinfeksi dengan virus yang sama pada saat akan dilahirkan.
  • Salah satu hal yang bisa sebabkan penyakit herpes berbahaya adalah sebabkan ibu hamil alami keguguran. Hal yang demikian ini karena penyakit herpes dapat masuk dalam plasenta dan menjadikan janin yang ada di dalam kandungan tidak dapat bertahan lama.
  • Virus herpes ini juga dapat menjadikan janin yang ada dalam kandungan ibu hamil alami cacat. Virus tersebut akan masuk ke dalam plasenta janin serta merusak bagian organ-organ janin. Yang seperti inilah bisa menjadikan janin yang ada dalam kandungan alami penyebab janin cacat sejak dalam kandungan.
  • Operasi caesar. Bahaya herpes genital pada ibu hamil yang lainnya adalah mengharuskan ibu yang sedang mengandung untuk melakukan bedah caesar. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak bayi dengan jalan lahir ibu. Operasi caesar ini juga dipakai untuk kurangi penularan virus herpes tersebut dari ibu pada bayi yang akan dilahirkan.
Baca Juga :   6 Cara Menghilangkan Kutil Di Wajah Secara Alami

Itulah beberapa bahaya herpes genital pada ibu hamil yang bisa kami informasikan. kemudian kita akan membahas mengenai Penyebab Herpes Genitalis.

Penyebab Penyakit Herpes Genitalis Pada Wanita

 

  • Harus Anda tahu bahwa penyebab utama penyakit herpes genitalis ini adalah bisa melalui penyebaran dengan cara bersentuhan, ciuman, atau pun kontak seksual, termasuk anak, oral, dan juga seks vaginal dengan pasangan yang positif mengidap penyakit herpes tersebut. Virus ini nantinya bisa ditularkan dari satu pasangan ke yang lainnya, dan juga dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya. Penularan penyakit herpes ini hanya perlu kontak kulit secara langsung dengan kulit seseorang yang mengidap penyakit herpes.
  • Penyebab herpes genitalis lainnya adalah dikarenakan penyakit tersebut mungkin saja tidak mempunyai gejala selama bertahun-tahun, terkadang akan sangat sulit sekali untuk mengetahui siapa yang menularkan kepada anda, walaupun jarang, tetapi herpes genital ini bisa menyebar dari ibu hamil pada bayinya selama masa kelahiran vaginal. Herpes paling menular saat luka terbuka, lembab, dan mengeluarkan cairan, tapi herpes juga bisa menyebar walaupun tidak ada gejala.
  • Selain hal itu, penyebab lain dari proses penyebab herpes genitalis pada wanita ini adalah kebanyakan orang yang mendapatkan penyakit tersebut dari orang-orang tanpa gejala. Sebaliknya, kebanyakan infeksi penyakit herpes oral terjadi pada anak muda. Lapisan vagina, lapisan mulut, penis, anus, dan juga mata bisa saja terinfeksi herpes dengan sangat mudah. Kulit bisa terinfeksi bila teriris, terbakar, lecet, atau pun memiliki luka ruam yang lainnya.

Cara untuk mendiagnosis paling akurat penyakit herpes genitalis pada wanita ini adalah dengan tes laboratorium. Dengan dilakukannya tes darah tersebut akan dapat diketahui apa seseorang terinfeksi herpes genitalis atau pun tidak, bahkan bila orang tersebut memang tidak mempunyai gejala penyakit herpes. Harus diingat,  ada banyak penderita penyakit herpes genitalis yang tidak menyadari jika mereka sebenarnya sudah terinfeksi virus herpes, oleh sebab itulah cara paling pasti hanya dengan melakukan tes laboratorium. Penyakit herpes genitalis pada wanita hamil

Baca Juga :   4 Cara Menghilangkan Kutil Di Leher Dan Tangan Secara Alami

Lalu langkah pengobatan yang bagaimana seharusnya yang kita lakukan ? mari simak Pengobatan Herpes Genitalis Pada Wanita 

Pengobatan Penyakit Herpes Genitalis Pada Wanita 

 

Herpes genitalis pada wanita adalah salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus, sehingga obatnya pun juga harus ditujukan untuk membunuh virus, bukannya diberikan antibiotik yang berguna untuk membunuh bakteri. Berikut ini cara mengobati herpes genitasli pada wanita paling mujarab yang harus Anda simak terlebih dahulu.

Cara mengobati penyakit herpes genitasli pada wanita

  • Waru landak

Cara mengobati herpes genitalis pada wanita pertama adalah dengan menggunakan waru landak. Yang mana waru landak ini merupakan tanaman yang mempunyai khasiat untuk mengobati sakit kulit, salah satunya adalah penyakit herpes. Cara penggunaannya pun juga sangat mudah sekali, yakni dengan menyediakan daun waru landak segar sebanyak 10 lembar, bila sudah tumbuk sampai halus, kemudian Anda bisa menggunakannya ke kulit yang terkena herpes. Setelah itu, tutup kulit Andadengan menggunakan kain kasa. Untuk bisa mendapat hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan pengobatan herpes setiap hari hingga herpes kering.

  • Daun binahong

Cara lain untuk mengobati herpes genitalis pada wanita adalah menggunakan daun binahong. Daun satu ini memang sering digunakan untuk atasi semua jenis penyakit, salah satunya penyakit herpes. Sebab daun binahong memiliki kandungan antibiotik alami yang mampu menyembuhkan luka-luka ringan. Caranya, tumbuh halus dan tersebut, lalu oleskan secara merata pada kulit yang terkena herpes.

  • Daun dewa merah

Anda juga bisa mengobati herpes genitalis pada wanita dengan menggunakan daun dewa satu ini. Caranya sama seperti di atas, cukup dengan menumbuk halus daun dewa merah tersebut, kemudian oleskan ke kulit yang terkena herpes.

Demikianlah tadi informasi lengkap mengenai  Penyakit herpes genitalis pada wanita yang bisa kami bagikan. Semoga dapat membantu anda dan menambah wawasan anda , sehingga menjadikan anda lebih waspada dan lebih lagi dalam menjaga kesehatan tubuh. Terimakasih Semoga bermanfaat.

Related For Ketahui Bahaya Penyakit Herpes Genital Pada Wanita