Menu

Karakteristik dan Sifat Eksim Kontak Alergi

November 21, 2014 | Kesehatan Kulit | 168 Pengunjung

Karakteristik dan Sifat Eksim Kontak Alergi – Setelah Sahabat Informasi Kesehatan, menyimak tulisan terdahulu tentang Penyebab Hipersensitivitas yang Tertunda Akibat Eksim Kontak Alergi, maka kali ini akan kita uraikan tentang karakteristik dan sifat dari kontak tersebut.

Pada lokasi terjadinya kontak kulit dengan alergen akan memunculkan ruam. Sering kali ruam ini kemudian menyebar keluar dan bahkan mungkin melibatkan kulit yang jauh dari situs terjadinya kontak. Hal ini bisa terjadi karena sel-sel kekebalan tubuh menjadi aktif dan bermigrasi keluar melalui aliran darah ke daerah lain. Yang oleh kita secara awam dan gampang kita sebut sebagai menular atau ketularan. Inilah salah satu dari Karakteristik dan Sifat Eksim Kontak Alergi.

Ruam

Ruam

Apabila suatu ruam yang terjadi dan berkembang dicurigai sebagai akibat eksim kontak alergi, maka menjadi hal penting untuk diingat di mana pertama kali mulai terjadinya ruam agar dapat dicatat sebagai riwayat medis untuk penanganan pengembangan ruam dan potensi timbulnya ruam selanjutnya.

Kadang kala kita dapat menarik garis yang tegas terhadap hubungan sebab dan akibat terjadinya ruam. Dapat dicontohkan disini tentang timbulnya ruam terhadap reaksi bersisik merah di sekitar anting-anting atau di bawah tali jam. Namun pada kesempatan yang lain, terutama rentang waktu yang panjang antara paparan awal dengan sensitifitasnya. Bisa jadi akan mustahil bagi kita untuk membedakan apakah ruam tersebut buah dari eksim kontak alergi, atau dari jenis lain eksim.

Terdapat kesulitan lain dalam membedakan eksim kontak alergi, yang terjadi karena merupakan respon imun dengan eksim iritasi, yang terjadi karena merupakan reaksi kulit langsung terhadap zat iritan. Dalam prakteknya , perbedaan ini menjadi tidak begitu penting lagi karena telah terdapat persamaan diantara keduanya, yakni dibutuhkan pengobatan sesegera mungkin untuk kasus keduanya tersebut.

Baca Juga :   Cara menghilangkan kulit keriput cepat dan efektif

Namun perlakuan secara khusus adalah dengan penelitian yang perlu dilakukan agar dapat mencoba dan mengidentifikasi alergen mungkin menjadi penyebabnya. Cara yang paling umum digunakan adalah dengan menguji kulit seseorang terhadap uji standar zat baterai, yang memungkinkan diketahui penyebab terjadinya alergi kontak. Pengujian ini disebut sebagai Patch testing.

Apabila hasil tes alergi mengungkapkan penyebab yang dapat dihapus, maka masalahnya adalah akan sangat mungkin untuk diselesaikan. Hal ini tidak berlaku untuk semua orang, terutama terhadap orang-orang penderita eksim tangan. Tidak jelas mengapa demikian. Sensitivitas akan tetap terbengkalai dan paparan nantinya akan diikuti pula oleh terjadinya reaksi eksim.

Penggunaan pelembab dan krim steroid sering digunakan untuk eksim kontak, tetapi sejauhmana hasilnya juga tergantung pada derajat kepekaan dan tingkat serta frekuensi paparan alergen. Dan apabila substansi menyinggung atau terjadi kontak berulang kali pada kulit, tentunya hasil pengobatan yang dilakukan akan berpengaruh kecil terhadap kesembuhan. Beberapa jenis lain dari eksim yang perlu kita ketahui yaitu alergi kontak eksim, dermatitis atopik, eksim discoid, eksim kontak iritan, eksim seboroik serta jenis eksim lainnya.

Demikian artikel tentang Karakteristik dan Sifat Eksim Kontak Alergi, semoga pembaca setia Informasi Kesehatan selalu diberi Kesehatan. Untuk itu, jangan lupa selalu mengunjung blog Informasi Kesehatan.

====

Sumber Gambar: http://www.sehatfresh.com/ruam-kulit-akibat-alergi/

Related For Karakteristik dan Sifat Eksim Kontak Alergi