Menu

Kapulaga dan 8 Manfaatnya untuk Kesehatan

November 15, 2014 | Manfaat Buah | 91 Pengunjung

Kapulaga dan 8 Manfaatnya untuk Kesehatan–Apakah diantara sahabat Informasi Kesehatan masih ada yang belum mengenal kapulaga? Baiklah kalau demikian, akan kita jelaskan dalam artikel ini. Kapulaga dikenal sebagai salah satu jenis rempah-rempah yang bermanfaat sebagai bumbu dapur. Di Indonesia dan di beberapa negara Asia lainnya, kapulaga banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Dan bahkan kapulaga berada di urutan ketiga setelah saffron dan vanili sebagai salah satu bumbu dapur termahal.

Di beberapa tempat di sepanjang daerah tapal kuda pula Jawa, kapulaga dalam bentuk serbuk telah menjadi bahan campuran dalam mengkonsumsi telur setengah matang. Dan bahkan di daerah Banyuwangi Jawa Timur, kapulaga telah diproduksi sebagai minuman dalam kemasan botol yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Oleh karena itu untuk mengetahui manfaatnya, berikut ini adalah uraian tentang Kapulaga dan 8 Manfaatnya untuk Kesehatan, yakni :

Kapulaga

Kapulaga

– Memiliki Sifat Analgesik

Kapulaga mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat mengobati gusi bengkak, disamping sifat analgesik yang dipunyainya mampu untuk menghilangkan rasa sakit, nyeri otot, dan kejang.

– Baik Untuk Ginjal

Sifat diuretik yang dimiliki kapulaga yang diketahui dari hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa kapulaga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal. Disamping itu, sifat alaminya juga bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih seperti sistitis dan nefritis.

– Baik Untuk Jantung

Manfaat lain yang dipunyai kapulaga adalah digunakan untuk mencegah pembekuan darah. Selain itu kapulaga juga memiliki manfaat untuk mengurangi tekanan darah rendah serta meningkatkan sirkulasi darah, sehingga kapulaga baik untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi.

– Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Keyakinan bahwa kapulaga mampu membuat tubuh seseorang tetap sehat adalah benar, karena kapulaga mampu melawan bakteri dan patogen lainnya yang merugikan, sehingga kapulaga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :   Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

– Baik Untuk Tulang

Kandungan dua zat penting berupa vitamin C serta mangan pada kapulaga mempunyai peranan penting dalam mencegah osteoporosis. Karena kedua zat penting yang dikandung oleh kapulaga tersebut memang benar-benar baik untuk kesehatan tulang.

– Baik Untuk Kesehatan Perut

Kemampuan kapulaga sangat bermanfaat untuk mengontrol kesehatan empedu dan cairan lambung, sehingga memungkinkan terhindar dari penyakit asam lambung apabila mengkonsumsinya.

– Meningkatkan Suasana Hati

Apabila sedang merasa sedih atau tidak bersemangat, maka minumlah secangkir teh kapulaga karena teh kapulaga ini mampu meningkatkan suasana hati. Mengapa demikian? Sebab kapulaga juga memiliki sifat anti depresan yang bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati.

Demikianlah beberapa manfaat kapulaga bagian kesehatan tubuh. Jadi tidak ada salahnya apabila kita menyediakan kapulaga di rumah, disamping sebagai perawatan rumahan kala gangguan kesehatan tubuh menyerang, juga sebagai hidangan minuman nikmat ketika bersantai atau berkumpul dengan sanak kerabat.

tags:

Related For Kapulaga dan 8 Manfaatnya untuk Kesehatan