Kapsul Minyak dan Garam Beryodium

Kapsul Minyak dan Garam Beryodium

Kapsul Minyak dan Garam Beryodium – Artikel kali masih melanjutkan uraian kita tentang Yodium (Iodine). Tentang apa dan bagaimana Yodium, sahabat Info Kesehatan tentu telah menyimaknya pada artikel-artikel sebelumnya. Mudah-mudahan Informasi Kesehatan kali ini, yang masih berkutat pada masalah Yodium, dapat semakin menambah khasanah wawasan kita terhadap zat ini.

Kapsul Minyak Beryodium

Kapsul ini merupakan larutan yang mengandung 200 mg yodium dalam bentuk minyak yang dikemas berbentuk kapsul. Manfaat dari Kapsul Minyak Beryodium adalah untuk mencegah lahirnya bayi kretin, dan diberikan kepada seluruh wanita usia subur, ibu hamil dan ibu nifas.

Kapsul Minyak dan Garam Beryodium
Kapsul Minyak dan Garam Beryodium

Kapsul ini dapat diperoleh Puskesmas, Puskesmas Pembantu ataupun Posyandu. Bisa juga diperoleh dari para petugas kesehatan pada saat melakukan kunjungan ke rumah warga (sweeping). Cara mengkonsumsi kapsul sama dengan minum obat lainnya dengan ditelan. Adapun dosis yang diberikan adalah sebagai berikut :

– Anak sekolah dasar : 1 kapsul/tahun

– Ibu nifas : 1 kapsul/tahun

– Ibu hamil : 1 kapsul/tahun

– Wanita usia subur : 2 kapsul/tahun

Pada daerah endemik Ganggguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) yang berkategori sedang, Kapsul Minyak Beryodium ini diberikan kepada wanita usia subur, ibu hamil dan ibu nifas. Sedangkan  Pada daerah endemik GAKY yang berkategori berat, kapsul ini diberikan kepada wanita usia subur usia 15-49 tahun, ibu hamil dan ibu nifas serta anak sekolah dasar pada usia 1-6 tahun.

Garam Beryodium

Garam ini merupakan garam yang telah diperkaya dengan yodium (iodine) yang dibutuhkan tubuh sehat untuk pertumbuhan dan kecerdasan. Garam Beryodium digunakan sebagai garam konsumsi yang harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang antara lain dipersyaratkan kandungan yodiumnya sebesar 30-80 ppm.

Manfaat dari peluncuran garam beryodium ini adalah mencegah Ganggguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) yang terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu tingkat ringan berupa pembesaran kelenjar gondok sehingga mengurangi keindahan dan kecantikan. Pada tingkat sedang, yaitu terganggunya kesehatan karena terjadi pembesaran kelenjar gondok, cepat lelat dan tidak tahan bekerja, datang bulan tidak teratur dan keguguran pada ibu hamil. Sedangkan pada tingkat berat mengakibatkan bayi lahir mati dan bayi lahir kretin, yakni bayi yang kelahirannya terdapat dua atau lebih kelainan, seperti pembesaran kelenjar gondok, gangguan perkembangan mental dan gangguan pendengaran, bahkan sampai tuli.

Jumlah yang dianjur untuk mengkonsumsi Garam Beryodium adalah 6 gram atau 1 sendok teh per hari. Dalam kondisi tertentu, diimana keringat keluar berlebihan maka dianjurkan untuk mengkonsumsi sebesar 2 sendok teh per hari. Khusus untuk penderita Tekanan Darah Tinggi (Hypertensi) atau yang harus mengurangi konsumsi garam, dianjurkan tetap mengkonsumsi garam ini, namun jumlahnya sedikit saja. Penderita ini juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dari laut yang kaya akan yodium seperti ikan, udang, ganggang laut.

Garam beryodium dapat diperoleh di toko-toko, warung ataupun pasar. Telitilah pada saat membeli dengan mencheck kondisi kemasan plastik yang harus baik, tertutup rapat dan tidak bocor; serta tertera garam beryodium dalam kemasannya.

Garam ini harus disimpan di tempat yang sejuk, jauhkan dari panas api dan kontak sinar matahari langsung. Letakkan dalam wadah yang kering dan tertutup rapat, serta tutup kembali dengan rapat jika telah digunakan.  Untuk pengambilan dari wadah, gunakanlah sendok kering untuk mengambil garam ini.

Demikian uraian artikel Kapsul Minyak dan Garam Beryodium, semoga menambah wawasan informasi kesehatan kita demi tercapainya tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat.