Menu

Jenis Tumor di Payudara

Agustus 14, 2016 | Kanker, Organ Kewanitaan | 397 Pengunjung

Jenis Tumor di Payudara – Memang benar sekali jika ada banyak wanita yang selama hidupnya pernah mengalami munculnya benjolan pada payudara dan hal yang demikian ini seringkali menjadikan mereka merasa sangat khawatir. Padahal tidak semua benjolan yang ada pada payudara adalah kanker payudara. Namun meskipun demikian, pada kenyatannya ada banyak benjolan payudara yang telah terdeteksi pada sata mamografi tidak berbahaya. Anda bisa menyebutnya sebagai tumor jinak payudara. Nah, berikut ini ada beberapa jenis tumor di payudara yang perlu Anda tahu.

Jenis Tumor di Payudara

Jenis tumor di payudara

Fibroadenoma

Ini ada banyak sekali ditemukan pada wanita remaja atau pun wanita usia muda. Yang mana benjolan tersebut seukuran kacang hijau dan bisa tumbuh lebih dari satu. Hingga kini masih belum diketahui secara pasti apa penyebab dari munculnya fibroadenoma, tapi diduga ada kaitannya dengan faktor hormonal. Fibroadenoma ini banyak sekali terjadi pada masa-masa produktif wanita, dan bisa membesar selama periode kehamilan atau terapi estrogen. Khususnya buat wanita yang seringkali terkena fibroadenoma ini sangat disarankan untuk membatasi asupan makanan yang tinggi hormon, seperti halnya dengan kecambah dan juga produk-produk olahannya.

Papiloma intraduktal

Jika Anda juga menemukan adanya kutil kecil yang tumbuh pada area payudara dan yang terkadang juga akan mengeluarkan darah pada area puting, maka kemungkinan besar Anda terkena papiloma intraduktal. Tumor payudara yang satu ini biasanya terdiri dari jaringan glandular, pembuluh darah, dan juga jaringan ikat. Papiloma intraduktal tersebut umumnya akan menyerang wanita yang berusia sekitar 40 hingga 50 tahun. Buat wanita yang mempunyai beberapa papiloma intraduktal ini, dokter mungkin akan menyarankan operasi pengangkatan tumor. Adanya penyakit tersebut sedikit meningkatkan resiko kanker payudara.

Baca Juga :   Gejala Kanker Payudara Stadium 3

Filodes

Filodes adalah sejenis tumor payudara yang cukup langka, yang mana biasanya tumor ini akan menyerang jaringan penghubung payudara dan umumnya jinak walaupun ukurannya bisa sangat besar. Pada beberapa kasus, tumor filodes ini bisa jadi kanker. Dan pada kasus jinak, tumr tersebut bisa diobati dengan cara operasi pengangkatan, yakni dengan mengangkat tumornya dan sebagian kecilnya lagi jaringan normal payudara. Jika sudah jadi kanker, maka akan lebih banyak jaringan normal payudara yang harus diangkat, atau bisa jadi secara keseluruhan payudara diangkat atau pun mastektomi.

Nekrosis lemak

Jika payudara Anda memang mengalami kecelakaan yang bisa sebabkan rusaknya sel lemak, maka akan ada kemungkinan Anda mengalami benjolan yang berisikan jaringan lemak yang telah mati, ini biasanya disebut dengan nekrosis lemak. Nekrosis lemak ini biasanya akan dialami oleh wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas dan juga wanita dengan payudara besar.

Demikianlah tadi beberapa informasi tentang jenis tumor di payudara yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Related For Jenis Tumor di Payudara