Menu

Jenis dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular

April 12, 2016 | JadiSehat, Tips Sehat | 1.046 Pengunjung

Mengenali jenis-jenis penyakit, baik penyakit yang menular maupun penyakit yang tidak menular, pastinya sangat kita butuhkan agar kita dapat mendeteksi dan mengatasinya sedini mungkin. Apalagi bagi seorang orangtua yang memiliki anak kecil, pengetahuan ini sangat penting, karena anak kecil sangatlah rentan tertular berbagai penyakit dari orang-orang di sekitarnya.

Mengetahui Jenis-Jenis Penyakit Tidak Menular

Dewasa ini, rasanya berbagai penyakit baru banyak bermunculan. Apalagi dengan cuaca ekstrem yang terjadi saat ini dan ditambah dengan lingkungan hidup yang kurang bersih menjadi salah satu penyebab penyakit menyebar begitu cepat. Berbagai penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Mulai dari yang paling tua sampai kepada anak-anak, semua bisa terserang penyakit.

Macam-Macam Pencegahan Penyakit Tidak Menular dengan Pola makan-Menjadi Sehat

Ada dua jenis penyakit umum yang kita kenal, penyakit tidak menular dan penyakit menular. Namun, pada artikel ini kita hanya akan membahas secara khusus jenis-jenis penyakit tidak menular saja dan cara pencegahan penyakit tidak menular.

Macam-Macam Penyakit Tidak Menular

Penyakit jenis ini adalah penyakit non-infeksi yang penyebabnya bukan berasal dari mikroorganisme. Penyakit ini tidak dapat ditularkan dari penderita kepada orang lain di sekitarnya. Penyakit jenis ini biasanya disebabkan oleh beberapa pola hidup yang kurang sehat, seperti merokok dan juga kurang berolahraga. Selain itu, faktor bawaan genetik atau turunan, cacat fisik, penuaan dini, dan juga gangguan kejiwaan merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak menular.

Cara Pencegahan Penyakit Tidak Menular-Menjadi Sehat

Jenis-jenis penyakit yang tidak menular, antara lain:

  • Penyakit Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini tidaklah menular dari penderita kepada orang-orang. Namun, penyakit ini dapat diturunkan dari seseorang yang menderita, kepada keturunannya (anaknya).
  • Diabetes atau dikenal dengan penyakit gula ini tidak dapat ditularkan oleh penderita kepada orang lain. Akan tetapi, keturunannya berisiko besar memiliki/menderita penyakit ini akibat dari faktor bawaan oleh orangtuanya.
  • Osteoporosis adalah penyakit penuaan dimana massa tulang akan semakin keropos karena usia yang semakin tua. Penyakit ini tidak menular, namun akan dilalui oleh setiap manusia yang beranjak ke usia tua.

Osteoporosis Jenis dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular-Menjadi Sehat
Selain beberapa penyakit di atas, depresi, sariawan, rematik, stroke, kanker, gagal ginjal, tumor otak dan polio, termasuk juga ke dalam kategori penyakit yang tidak menular.

Pencegahan Penyakit Tidak Menular

Memang berbagai jenis penyakit di atas bersifat tidak menular. Namun, jika tidak menjaga diri pastinya akan membuat seseorang menderita penyakit-penyakit di atas. Memelihara pola hidup adalah kunci utama agar tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit. Memelihara pola hidup ini bisa dilakukan dengan cara selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Menjaga pola makan, adalah salah satu hal yang bisa juga dilakukan untuk menjaga diri agar selalu sehat. Agar tidak terkena hipertensi, diabetes, dan berbagai penyakit lainnya, perhatikanlah asupan semua makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hindari makanan yang berlemak tinggi agar badan tidak mudah menjadi gemuk. Jika badan gemuk, maka semakin banyak meningkatkan kemungkinan penyakit akan menghinggapi tubuh.

Jenis dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular dengan olahraga-Menjadi Sehat

Olahraga adalah kunci utama agar badan selalu bugar. Selain itu, biasakanlah untuk selalu berpikir positif dan buatlah hidup anda indah dan bahagia. Hal ini akan menghindarkan diri anda dari gejala Depresi yang pastinya akan sangat mengganggu kesehatan anda.

Itulah tadi jenis-jenis penyakit yang bersifat tidak menular. Namun jika pola hidup yang anda asal-asalan dan tidak melakukan pencegahan penyakit tidak menular, maka tinggal menunggu waktu saja tubuh anda akan tumbang. Mari kita terapkan pola hidup sehat mulai saat ini.

Salam Menjadi Sehat.

Related For Jenis dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular