Jangan Samakan POF Sebagai Jerawat Biasa

Jangan Samakan POF Sebagai Jerawat Biasa

Jangan Samakan POF Sebagai Jerawat Biasa – Sahabat Informasi Kesehatan yang selalu peduli dengan kesehatan, seperti kita ketahui bahwa kulit merupakan benteng pertama dari kontak tubuh terhadap dunia luar. Oleh karenanya kulit memiliki resiko yang tinggi terjadinya infeksi, peradangan ataupun ekses lain akibat terjadinya kontak tersebut. Untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan kebersihan kulit yang optimal agar ekses-ekses tersebut dapat diminimalisir. Informasi Kesehatan kulit harus selalu kita upgrade agar kita dapat menjaga kebersihan dan kesehatan kulit dengan lebih baik.

Jangan Samakan POF Sebagai Jerawat Biasa
Jangan Samakan POF Sebagai Jerawat Biasa

Kembali ke topik artikel kita, POF atau Pityrosporum Ovale Folliculitis adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur Pityrosporum Ovale. Penyakit ini mirip dengan jerawat yang ada di punggung dan penampakan awalnya memang seperti jerawat. Dalam perkembangan selanjutnya benjolan yang timbul mirip jerawat tersebut berwarna kemerahan. Oleh sebab itu Jangan Samakan POF Sebagai Jerawat Biasa.

Sebenarnya jamur Pityrosporum Ovale berada dalam folikel rambut setiap orang dalam bentuk spora. Kondisi tertentu tersebut akan memicu jamur berubah menjadi hifa yang tumbuh menjadi penyakit jamur mirip jerawat dan panu.

Faktor kebersihan kulit yang kurang terjaga dan faktor hormon bisa memicu tumbuhnya penyakit jamur di punggung. Bila kelenjar keringat sedang memproduksi keringat secara berlebihan, maka jamur kulit tersebut akan mendapatkan banyak makanan untuk tumbuh lebih banyak.

Ketika terkena POF, pada umumnya penderita lebih banyak menggunakan obat anti jerawat untuk mengatasi permasalahan ini. Padahal, cara tersebut tidaklah tepat bahkan membuat kondisinya dapat kian parah. Apabila kita menemui benjolan mirip jerawat di punggung sebagaimana ciri-ciri yang telah diuraikan diatas, maka segeralah mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin, untuk mendapat penanganan lebih intensif dan lebih tepat.

Penderita POF akan diberikan obat anti jamur dengan dosis tertentu. Dan pasti akan disarankan untuk menjaga kebersihan kulit ketika telah sembuh. Karena apabila gaya hidupnya kembali tidak bersih maka biasanya penyakit kulit POF ini akan kembali menjangkitinya lagi. Salah satu untuk menjaga kesehatan kulit dapat digunakan sabun yang mengandung sulfur untuk digunakan saat mandi. Sabun ini baik digunakan karena dapat bereaksi lebih cepat dan dapat membunuh jamur di kulit kita tersebut.

Oleh karenanya mulai dari sekarang jagalah selalu kebersihan dan kesehatan kulit kita agar terhindar dari peradangan kulit yang diakibatkan oleh jamur, terutama jamur kulit penyebab POF.