Inilah Beberapa Tanda Tanda Mata Minus

Inilah Beberapa Tanda Tanda Mata Minus

Gangguan pada indera penglihatan jenisnya sangat banyak, mulai dari buta warna, katarak hingga kebutaan. Salah satu gangguan penglihatan yang banyak dialami banyak orang adalah mata minus. Bagi sebagian orang, mata minus memang cukup mengganggu. Oleh karena itu, kita harus mengenali tanda tanda mata minus sedari dini.

Mata minus disebabkan oleh terganggunya proses pembiasan cahaya ke mata. Karena hal itu, pandangan atau suatu objek akan terlihat tidak fokus. Mata minus sendiri sebenarnya bisa disebabkan juga oleh faktor keturunan. Jadi, orang tua yang memiliki mata minus bisa saja menurunkan penyakitnya itu kepada anaknya.

 tanda tanda mata minus

Gangguan indera penglihatan satu ini tak mengenal usia maupun gender. Semua orang dari segala lapisan usia bisa saja mengalami gangguan ini, tak terkecuali anak kecil. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengenali gejala-gejala awal dari gangguan mata ini. Dengan mengenali gejala atau tanda awal dari mata minus, kita bisa melakukan tindakan pencegahan serta penyembuhan dengan baik.

Tanda Tanda Mata Minus

Lalu, apa saja tanda-tanda umum dari gangguan mata minus yang bisa diketahui? Berikut ini adalah tanda tanda mata minus yang bisa diketahui dengan mudah.

  1. Pandangan Buram

Gejala awal dari mata minus adalah penglihatan yang buram. Penderita akan mengalami gangguan pandangan pada suatu objek dengan jarak-jarak tertentu. Objek-objek yang dilihat biasanya tidak fokus atau kabur. Untuk memfokuskan objek yang dilihat, penderita biasanya memicingkan mata atau mendekatkan mata dengan suatu objek yang dilihatnya. Jika sudah mengalami hal tersebut, segera periksakan diri Anda ke dokter mata.

2. Pusing

Penderita mata minus juga akan sering mengalami sakit kepala atau pusing yang berlangsung terus menerus. Hal ini biasanya terjadi ketika mata melakukan aktivitas-aktivitas tertentu seperti membaca buku, menonton televisi atau memandang layar komputer. Rasa pusing itu disebabkan oleh terhambatnya aliran darah pada bagian kepala.

3. Sering Berkedip

Berkedip memang suatu hal yang dibutuhkan oleh mata. Namun, jika kita mengedipkan mata terlalu sering, bisa jadi itu karena mata kita mengalami minus. Penderita mata minus memang lebih sering mengedipkan mata dibandingkan orang dengan mata normal.

4. Penglihatan Terganggu di Malam Hari

Jika Anda kesulitan melihat pada malam hari, meskipun ada sedikit cahaya remang-remang maka bisa dipastikan bila Anda memiliki mata minus. Hal ini terjadi biasanya saat penderita sedang mengemudikan kendaraan di malam hari. Pandangan saat mengemudikan kendaraan menjadi tidak jelas karena efek mata minus tersebut.

Itu tadi tanda tanda mata minus yang bisa kita ketahui dengan mudah. Jika mengalami gejala tau tanda-tanda di atas, segera periksakan diri Anda ke dokter mata terdekat untuk dilakukan tindakan pengobatan. Untuk mengatasi mata minus, biasanya penderita disarankan untuk memakai kacamata minus atau kontak lens. Jaga selalu kesehatan mata Anda agar terhindar dari gangguan mata minus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *