Menu

Hamil 1 Bulan : Ciri Hamil  dan Perkembangan Janin

Maret 14, 2017 | Fase Kehamilan, Uncategorized | 1.526 Pengunjung

Pada usia kehamilan 1 bulan atau bulan pertama kehamilan  terjadi proses kehamilan awal yang sangat penting, karena pada usia kehamianl bulan pertama inilah terjadi proses pembuahan sel telur dan pembentukan pertama pada janin yang akan menjadi proses perkembangan janin di bulan ke 1.

usia kehamilan 1 bulan

Di usia bulan pertama kehamilan pada dasarnya  tidak dihitung benar-benar bulan pertama kehamilan. Namun perhitungan kehamilan dimulai pada hari pertama haid terakhir sebagaimana bisa anda hitung dengan menggunakan kalkulator kehamilan. Pada kenyataannya kehamilan terjadi pada 24 jam setelah ovulasi atau kurang lebih 14 hari sebelum siklus menstruasi  periode berikutnya.

  1. Perkembangan Janin di Usia kehamilan 1 Bulan

Perkembangan janin pada bulan pertama bisa kita lihat dalam beberapa perkembangan usia kehamilan minggu 1 hingga ke minggu 4.

a. Kehamilan 1 minggu

Apa saja yang terjadi pada minggu pertama kehamilan?jawabannya  tidak ada. Sesuai perhitungan kehamilan yang sudah dijelaskan sebelumnya, di minggu pertama terhitung sebenarnya anda belum mengalami proses kehamilan. Pada minggu pertama ini sel telur sedang terbentuk dan belum terjadi proses pembuahan. Jika kita tes kehamilanpun belum terlihat adanya 2 garis kehamilan.

b. Kehamilan 2 minggu

Usia kehamilan di minggu ke 2 Setelah sel telur terbentuk maka pada minggu ke 2 inilah sel telur tersebut sudah matang dan mulai dilepaskan dari ovarium dan kemudian berjalan menuju tuba falopi. Disinilah sel telur akan menunggu sperma untuk membuahinya, dari jutaan sel sperma yang berada pada serviks (leher rahim) akan ada sekitar 1000 sel sperma yang berhasil melewatinya dan hanya akan ada 1 sel sperma yang berhasil masuk ke sel telur.  Disinilah proses pembuahan sel telur terjadi dan kehamilan pun dimulai.

c. Kehamilan 3 minggu

Pada kehamilan minggu ke 3 ini akan terjadi proses pembentukan genetika setelah terjadinya pembuahan. Janin anda akan mulai berkembang menjadi zigot pada kehamilan 3 minggu ini dimana ia mempunyai 46 kromoson (23 dari anda dan 23 dari pasangan anda). Dalam proses genetika inilah akan mulai  terbentuk  dan menentukan ciri calon bayi anda, misalnya berkulit putih, hidung mancung, rambut lurus atau keriting dan lain-lain. Pada fase inilah bakal janin atau zygot  akan mulai menempel untuk kemudian berkembang pada rahim dan terjadi implantasi yang kadang ditandai dengan pendarahan dan ciri-ciri hamil mulai terlihat.

Baca Juga :   Manfaat Srikaya untuk Kehamilan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

d. Kehamilan 4 minggu

Menjelang akhir perkembangan janin pada bulan pertama atau pada usia kehamilan 4 minggu ini akan mulai terlihat adanya janin yang ukurannya masih sangat kecil, hanya sebesar biji beras atau sekitar 6-7 milimeter dan jika di USG maka janin sudah terdeteksi  meskipun kecil.  usia kehamilan 4 minggu janin sudah mulai berkembang dan membentuk tabung syarat untuk otak janin, tulang belakang dan juga tulang punggung. Di periode ini hasil tes kehamilan menggunakan alat tes kehamilan sudah menunjukan 2 garis itu artinya hormon kehamilan (HCG) sudah terbentuk dan ciri-ciri hamil sudah mulai terlihat lebih jelas.

e. Kehamilan 5 minggu

Masuk pada usia kehamilan 5 minggu atau minggu terakhir di bulan pertama kehamilan yang dalam  kalender juga masuk dalam awal kehamilan bulan ke 2 ini akan terjadi banyak  hal menakjubkan pada fase perkembangan janin yaitu jantung akan mulai berdetak, bakal tangan dan kaki sudah mulai ada dan begitu juga usus, ginjal serta hati mulai terbentuk. Namun jika dilihat dengan USG janin masih terlihat seperti kecebong.

  1. Perkembangan ibu dan Ciri Hamil 1 Bulan

Sejak saat pertamakali mengalami atau merasakan ciri-ciri hamil atau tanda tanda kehamilan Anda perlu curiga bahwa Anda memang sedang hamil. Perubahan pada sang ibu bisa dari perubahan bentuk fisik maupun pada sisi emosional. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam tahap perkembangan ibu hamil di bulan pertama ini terlihat dari ciri-ciri fisik ibu hamil maupun psikologis dan emosional. Berikut adalah hal-hal yang biasanya terjadi saat perkembangan usia kehamilan 1 bulan pada sang ibu.

a. Perkembangan, Gejala dan Ciri Fisik

Ciri-ciri fisik ibu hamil seperti perut yang membesar memang belum bisa terlihat. Namun, pada usia kehamilan 1 bulan ini Anda sudah mulai menunjukan adanya gejala-gejala kehamilan 1 bulan meskipun belum terasa kuat ciri-ciri hamil tersebut. Gejala atau ciri awal kehamilan yang biasa di rasakan di bulan pertama antara lain:

  • Anda belum hamil di minggu pertama karena anda masih mengalami periode menstruasi terakhir
  • Setelah evolusi, sel telur dan sperma akan bertemu sehingga terjadi pembuahan dan mengalami proses perjalanan ke rahim
  • Akan terjadi keterlambatan haid, hilangnya haid akan membuat anda berfikir anda sedang hamil
  • Melakukan tes kehamilan dengan tespek dirumah
  • Mual
  • mudah lelah
  • mengidam
  • sakit kepala
  • peningkatan suhu badan
  • sensitif terhadap bau
  • perubahan puting dan payudara
  • gelisah
  • pendarahan implantasi, ditandai dengan bercak darah atau flek
Baca Juga :   Cara Alami untuk Mengatasi Nyeri pada Payudara

b. Perkembangan dan Gejala Emosional pada usia kehamilan 1 bulan

  • Periode menunggu kehamilan bisa saja membuat emosional kita terpacu dan berharap-harap cemas
  • Jika sebelumnya Anda telah merencanakan kehamilan, Anda tentu akan merasa senang dan mungkin sekaligus merasa bingung

 

Ketahui juga bagaimana proses perkembangan janin pada ibu hamil dari bulan ke bulan.

Related For Hamil 1 Bulan : Ciri Hamil  dan Perkembangan Janin