Menu

Gerakan Dasar Senam Kegel yang Dapat Diterapkan

Desember 28, 2016 | Kebugaran | 509 Pengunjung

Senam kegel sekilas memang terlihat biasa akan tetapi sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan senam kegel. Senam kegel sendiri memang salah satu cara senam yang sangat baik dilakukan. Senam kegel ini dapat memberikan keharmonisan didalam hubungan suami isteri, menambah romantisme didalam berhubungan bahkan dapat dilakukan untuk memperkuat rahim.

gerakan senam kegel

Tak hanya itu, masih banyak manfaat lain dari senam kegel termasuk manfaatnya bagi ibu hamil. Lantas seperti apa saja gerakan dasar dari senam kegel yang Anda dapat coba terapkan? Kali ini kami akan berikan informasi lengkapnya seperti apa  gerakan senam kegel yang Anda dapat coba terapkan. Langsung simak informasi berikut  ya!

Gerakan Dasar Senam Kegel yang Dapat Diterapkan 

Ada beberapa cara senam kegel yang Anda dapat coba terapkan. Dan pada kesempatan kali ini kami akan kupas lengkap untuk Anda. Beberapa gerakan dasar senam kegel yang Anda dapat terapkan diantaranya :

1. Sikap berbaring terlentang

Ini adalah langkah gerakan dasar cara senam kegel yang pertama. Anda berbaring saja dengan posisi terlentang dengan posisi tangan Anda upayakan berada di samping tubuh Anda. Kemudian Anda coba buka kaki 30 cm dan kemudian Anda tekuk lutut bersama dengan telapak kaki yang upayakan menyentuh lantai. Anda sangga pundak dan kepala dengan menggunakan bantal.

2. Gerakan dasar relaks

Untuk gerakan dasar yang satu ini upayakan pertama Anda kendurkan seluruh otot tubuh Anda kecuali untuk otot PC (otot dasar panggul Anda). Anda dapat bernapas secara normal dan Anda hindari untuk menegangkan atau menggerakkan paha, bokong serta juga otot perut Anda selama Anda melakukan latihan.

3. Lakukan gerakan lambat

Baca Juga :   Cara Senam Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Untuk gerakan lambat ini caranya sangat mudah Anda lakukan dan diantara cara senam kegel lainnya gerakan lambat ini yang paling mudah dan sangat efektif untuk membantu mengencangkan otot panggul. Upayakan Anda kontraksikan otot PC secara perlahan – lahan dan ringan sampai maksimal dan kemudian Anda tahan selama 4 detik. Anda langsung lemaskan dan upayakan rileks 4 detik juga. Anda bisa ulangi cara gerakan lambat ini sebanyak 5 kali repetisi. Anda juga upayakan untuk tingkatkan secara bertahap sampai mencapai sekitar 10 detik baik itu untuk kontraksinya maupun untuk rileksnya.

4. Gerakan cepat dalam senam kegel

Dalam melakukan cara senam kegel dengan gerakan cepat, Anda upayakan untuk coba kontraksikan otot PC Anda dan Anda tahan selama 1 detik saja. Kemudian Anda coba lemaskan 1 detik juga. Anda bisa lakukan repetisi sebanyak 5 kali. Anda dapat lakukan pengulangan gerakan ini secara bertahap.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan. Semoga informasi diatas mengenai Gerakan Dasar Senam Kegel yang Dapat Diterapkan bermanfaat. Selamat mencoba di rumah cara senam kegel ini dan dapatkan segudang manfaatnya.

Related For Gerakan Dasar Senam Kegel yang Dapat Diterapkan