Menu

Gejala Penyakit Asam Urat dan Pengobatannya

Agustus 18, 2016 | Persendian | 98 Pengunjung

Asam urat adalah sebuah penyakit yang sering diderita oleh orang yang sudah berumur. Penyakit ini membuat penderitanya merasakan nyeri yang luar biasa pada kakinya sehingga membuat para penderita sulit untuk berjalan. Agar terhindar dari asam urat, kita harus mengenal betul tentang seluk beluk penyakit ini. Salah satu hal terpenting yang harus kita ketahui adalah apa saja gejala penyakit asam urat dan obatnya.

Gejala Penyakit Asam Urat dan Pengobatannya

Dalam dunia medis, asam urat adalah penyakit radang sendi yang akan membuat para penderitanya merasakan sakit pada bagian kakinya. Hal ini terjadi karena terjadinya penumpukan sebuah zat yang disebut dengan asam urat. Seperti yang sudah disebutkan di awal, penyakit ini lebih sering menjangkiti orang yang sudah lanjut usia atau orang yang sudah berumur.

Meski lebih sering menyerang orang yang sudah berumur atau lanjut usia, asam urat juga bisa terjadi kepada orang yang masih berada di usia emas seperti umur 20 hingga 30 tahun. Gaya hidup tidak sehat menjadi penyebab utama dari penyakit ini. Untuk itulah kita mesti waspada sejak dini agar terhindar dari penyakit asam urat.

Gejala Penyakit Asam Urat dan Pengobatannya

Ada beberapa gejala awal yang biasanya terjadi pada penderita asam urat. Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit asam urat dan juga cara obatnya.

1. Jempol Kaki Sakit

Gejala awal yang biasanya kerap terjadi pada penderita asam urat adalah jempol kaki yang terasa sangat sakit. Hal itu terjadi akibat gangguan pada persendian yang dimulai pada jempol kaki penderitanya. Sakit pada jempol kaki ini biasanya akan berlangsung lama dan akan terasa menyiksa.

2. Sakit pada Bagian Tubuh Lain

Baca Juga :   Gejala-gejala Awal Penyakit Liver dan Pengobatannya

Selain pada jempol kaki, bagian lain dari tubuh kita seperti jari-jari tangan, pergelangan kaki, pergelangan tangan hingga siku juga akan mengalami nyeri yang luar biasa. Hal ini juga berkaitan dengan gangguan pada persendian yang menyeluruh dan menyerang titik-titik sendi.

3. Kaki Bengkak

Bagian kaki dari penderita asam urat juga akan terlihat bengkak selama 3-5 hari. Setelah mengalami pembengkakkan, bagian kulit dari kaki tersebut akan mengelupas. Tahap ini bisa dibilang sebagai tahap akut yang cukup berbahaya.

Lalu, apa saja obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan asam urat? Kita bisa memeriksakan diri ke dokter dan meminta resep atau obat. Selain itu ada pula beberapa bahan alami yang bisa kita jadikan obat untuk penyakit asam urat. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan antara lain; tanaman kumis kucing, daun salam, sambiloto, bunga rosella, dan juga tanaman herbal lainnya.

Itu tadi beberapa gejala penyakit asam urat dan obatnya. Jika mengalami gejala-gejala asam urat, segeralah pergi ke dokter. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan gaya hidup Anda agar terhindar dari penyakit asam urat ini.

Related For Gejala Penyakit Asam Urat dan Pengobatannya