Menu

Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

Agustus 5, 2016 | Kanker, Organ Kewanitaan | 3.541 Pengunjung

Gejala Kanker Payudara Stadium Awal – Kanker payudara atau sejenis penyakit yang hanya diderita oleh kaum hawa ini pada gejala awal munculnya biasanya akan ditandai dengan adanya benjolan pada daerah payudara. Perkembangan sel kanker pada bagian payudara ini nantinya akan terus membesar bila tidak segera diobati dengan tepat dan cepat. Untuk itulah bila diketahui telah ada perkembangan sel kanker, Anda harus sesegera mungkin mengobatinya hingga tuntas.

Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

Penyakit ini disebabkan oleh mutasi gen yang tidak sempurna pada bagian payudara. Kanker ini memang lebih sering menyerang wanita yang sudah berumur, antara 35 hingga 50 tahun. Namun, di beberapa kasus banyak wanita di bawah 30 tahun yang sudah mengidap kanker berbahaya ini.

Seperti jenis kanker lainnya, kanker payudara terdiri dari beberapa tingkatan atau stadium. Tingkatan terendah disebut dengan stadium 1, sementara tingkatan tertinggi atau paling parah adalah stadium 4. Para wanita harusnya mengetahui dan paham mengenai gejala-gejala apa saja dari kanker payudara stadium awal, Dengan begitu, bisa dilakukan tindakan pencegahan.

Perlu Anda tahu juga bahwasannya penyakit satu ini kebanyakan menyerang wanita, akan tetapi pria juga bisa terkena. Ciri-ciri penyakit kanker payudara ini adalah jenis penyakit kanker dengan jumlah para penderita yang paling banyak nomor 2 di dunia. Sedangkan pada tingkat kematiannya, jenis kanker satu ini sebabkan kematian nomor 5 terbesar di dunia.

Selain hal tersebut, tanda awal dari munculnya penyakit kanker payudara adalah ditemukannya benjolan yang terasa beda pada payudara. Bila ditekan, benjolan ini tidak akan tersera nyeri, diawal benjolan kanker payudara berukuran kecil, akan tetapi lama kelamaan menjadi besar dan pada akhirnya melekat pada kulit atau pun bisa menimbulkan perubahan pada kulit payudara maupun puting susu.

Baca Juga :   Kanker Serviks Gejala Awal Yang Sering di Alami

Gejala kanker payudara stadium awal atau stadium 1

Berikut ini adalah beberapa gejala awal dari kanker payudara stadium awal atau stadium 1 yang yang kami rangkum dan perlu kita pahami bersama.

1. Benjolan pada Payudara

Gejala awal pertama yang biasa muncul pada penderita kanker payudara adalah benjolan kecil yang tiba-tiba muncul pada payudara. Benjolan kecil tersebut bentuknya menyerupai bisul. Benjolan kecil tersebut biasanya tidak terasa sakit ketika dipegang atau dipencet. Yang perlu Anda ketahui, munculnya benjolan kecil ini bisa jadi bukan kanker payudara. Namun ada baiknya untuk waspada karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

2. Perubahan Kulit Payudara

Tanda atau gejala kanker payudara stadium 1 selanjutnya adalah perubahan pada kulit payudara. Pada penderita kanker payudara, warna kulit payudaranya bisa berubah menjadi agak kemerahan. Selain perubahan warna, perubahan juga terjadi pada tekstur kulit. Kulit payudara akan terasa lebih kasar teksturnya. Bisa dibilang, tekstur kulit dari penderita kanker payudara menyerupai kulit jeruk. Namun dalam beberapa kasus, perubahan warna dan tekstur tidak terjadi pada penderita kanker payudara.

3. Sakit pada Puting

Wanita yang terkena kanker payudara akan mengalami sakit pada bagian puting payudaranya. Rasa sakit itu datang secara tiba-tiba dan bisa saja sangat menyiksa. Ketika terpegang atau bahkan hanya tersentuh, penderita akan mengalami kesakitan. Tak hanya itu, biasanya puting penderita kanker payudara juga akan mengeluarkan cairan tak wajar. Jika sudah mengalami hal tersebut, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar bisa dilakukan tindakan pencegahan lebih lanjut.

Gejala kanker payudara memasuki stadium lanjut

  • Benjolan di payudara Anda yang berubah bentuk atau ukuran
  • Kulit payudara yang berubah warna, dari merah muda atau pink jadi cokelat hingga seperti kulit jeruk
  • Puting susunya masuk ke dalam atau retraksi
  • Salah satu puting susu tiba-tiba menghilang atau terlepas
  • Jika tumornya sudah mulai membesar, akan muncul rasa sakit yang hilang lalu timbul
  • Kulit pada payudara terasa seperti sedang terbakar
  • Payudara akan mengeluarkan darah atau pun cairan yang lainnya, padahal Anda tidak sedang menyusui
Baca Juga :   Gejala Kanker Payudara dan Tumor Payudara

Tanda dari penyakit kanker payudara yang paling jelas adalah dengan adanya borok atau ulkus di payudara. Seiring dengan berjalannya waktu, maka borok tersebut akan jadi semakin besar, dan juga mendalam, sehingga bisa menghancurkan secara keseluruhan payudara Anda. Gejala lain adalah payudara yang sering berbau busuk dan mudah sekali mengeluarkan darah.

Itu tadi beberapa gejala awal dari kanker payudara stadium 1. Dengan mengetahui gejala awal dari kanker payudara, kita diharapkan bisa lebih waspada dan lebih paham mengenai penyakit kanker yang menyerang kaum hawa ini. Jaga terus kesehatan agar kita senantiasa terhindar dari berbagai macam penyakit mematikan seperti kanker payudara ini.

Related For Gejala Kanker Payudara Stadium Awal