Menu

Gejala Kanker Payudara Stadium 2

Agustus 7, 2016 | Kanker, Organ Kewanitaan | 332 Pengunjung

Gejala Kanker Payudara Stadium 2 – Wanita di Indonesia sangat rentan terkena kanker payudara. Kanker ini memang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Jadi, para wanita harusnya lebih waspada terhadap penyakit ini. Salah satu bentuk kewaspadaan yang bisa dilakukan adalah memahami penyakit ini lebih mendalam. Contohnya dengan mengenal tanda-tanda kanker payudara stadium 2.Gejala Kanker Payudara Stadium 2

Kanker payudara terdiri dari stadium 1, 2, 3 dan 4. Stadium 1 merupakan tingkatan paling rendah yang resikonya belum terlalu berbahaya. Sedangkan stadium 4 merupakan stadium tertinggi yang sudah masuk dalam kategori berbahaya dan mematikan. Sementara itu, kanker payudara stadium 2 adalah tingkatan transisi dari gejala awal menuju tingkatan yang lebih berbahaya.

Mengenal Gejala kanker payudara stadium 2

Tak ada salahnya untuk mengenal lebih jauh tentang kanker payudara ini sebagai salah satu bentuk kewaspadaan. Kanker payudara stadium 2 sendiri memiliki tanda-tandan tersendiri yang bisa kita deteksi secara mudah.

Pada fase kanker payudara yang telah memasuki stadium 2 ini sel kanker sudah semakin berkembang dan juga semakin tumbuh jadi lebih besar. pada tahapan stadium 2 tersebut harus segera diobati dengan tepat. Jika pada tahapan stadium 2 ini tidak segera diobati, maka sel kanker yang ada pada payudara akan semakin berkembang jadi kanker stadium 3. Sehingga kemungkinan untuk bisa sembuh pada kanker payudara stadium 2 ini hanya ada 30 % hingga 40 %. Dan untuk bisa mengobati penyakit kanker payudara stadium 2 tersebut, maka Anda harus kenali terlebih dulu gejala dari penyakit kanker payudara stadium 2 ini.

Gejala kanker payudara stadium 2

Lalu, apa saja tanda-tanda dari kanker payudara stadium 2 yang dapat dideteksi dengan mudah? Berikut ini adalah beberapa tanda dari kanker payudara stadium 2 yang mesti kita ketahui dan juga pahami.

Baca Juga :   Gejala Gegar Otak yang Sering Dialami

1. Benjolan Pada Ketiak

Mungkin Anda bertanya-tanya apa hubungannya kanker payudara dengan benjolan pada ketiak. Benjolan pada ketiak muncul karena jaringan payudara meluas ke bagian-bagian lain pada tubuh. Karena hal tersebut, maka benjolan bisa muncul pada bagian ketiak. Jika sudah mengalami hal tersebut, ada baiknya untuk pergi ke dokter untuk memastikan apakah benjolan tersebut disebabkan oleh kanker payudara stadium 2.

2. Benjolan di Payudara Makin Membesar

Gejala kanker payudara stadium 1 adalah munculnya benjolan pada bagian payudara. Dalam tahap yang lebih lanjut atau stadium 2, benjolan yang terdapat pada payudara akan semakin membesar. Benjolan tersebut merupakan akumulasi dari penumpukan cairan pada jaringan dan sel-sel pada payudara yang terserang kanker. Anda harus sangat waspada jika terdapat benjolan yang tak kunjung hilang dan bahkan makin membesar dan membesar.

3. Rasa Sakit pada Payudara

Gejala selanjutnya adalah rasa sakit pada bagian payudara. Rasa sakit tersebut disebabkan oleh meluasnya sel-sel kanker yang menyerang payudara. Tanpa disentuh atau dipegang, payudara akan terasa sangat sakit dan nyeri.

4. Keluarnya Darah dari Puting

Gejala yang bisa dilihat secara mudah pada penderita kanker payudara stadium 2 adalah keluarnya darah dari puting. Puting penderita kanker payudara bisa mengeluarkan darah segar. Jika gejala ini sudah terjadi, maka bisa dipastikan bahwa kanker payudara yang diderita sudah akan masuk kategori parah.

Itu tadi beberapa gejala atau tanda dari kanker payudara stadium 2. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Jika hanya dibiarkan begitu saja dan terlambat ditangani, hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Pengobatan untuk jenis penyakit kanker payudara stadium 2 ini bisa dilakukan dengan cara pembedahan, radioterapi, kemoterapi, lumpektomi, dan juga mastektomi. Tahap tahap pengobatan tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi Mulai saat ini, akan lebih baik jika kita mengenal lebih jauh tentang kanker payudara, terutama Anda para  wanita.

Baca Juga :   Gejala Kanker Payudara Stadium 3

Related For Gejala Kanker Payudara Stadium 2