Menu

Gejala Kanker Payudara dan Cara Mencegahnya

Agustus 3, 2016 | Kanker, Organ Kewanitaan | 1.411 Pengunjung

Gejala Kanker Payudara dan Cara Mencegahnya – Gejala kanker payudara paling umum adalah adanya atau pun timbulnya benjolan yang ada di sekitar payudara bisa kecil, sedang, atau pun besar, bisa juga terasa sangat mengganggu maupun tidak. Nah, pada artikel kali ini kami akan membatas secara detail tentang gejala kanker payudara dan cara mencegahnya yang memang harus diperhatikan, pengetahuan awal ini akan sangat membantu sekali dalam proses penyembuhan, harap simak baik-baik ulasannya, ya!

Gejala kanker payudara

Gejala Kanker Payudara dan Cara Mencegahnya

Adanya benjolan di payudara

Benjolan yang ada di sekitar payudara ini adalah salah satu ciri atau gejala kanker paling awal yang wajib Anda perhatikan. Sebagian wanita mempunyai benjolan pada daerah ketiak atau pun di sekitar payudaranya sebagai tanda awal jika mereka telah terkena penyakit kanker darah stadium awal. Meskipun tidak 100 %, akan tetapi benjolan tersebut menandakan bahwasannya Anda terkena kanker.

Adanya perubahan ukuran atau bentuk payudara

Bila Anda melihat adanya keanehan dalam salah satu bentuk dari payudara Anda, maka Anda harus khawatir sebab ini adalah pertanda umum kedua yang paling sering terjadi. Tak hanya dari bentuk, ukuran payudara juga bisa jadi pertanda yang umum.

Adanya kerutan di payudara

Kerutan akibat dari kanker payudara ini biasanya dialami oleh orang yang sudah tua, tetapi tidak halnya bila Anda mengalami atau pun terkena gejala awal kanker tersebut, kertan mungkin saja ada pada bagian tertentu di payudara Anda.

Keluar cairan di puting secara tiba-tiba

Tanpa sebab yang cukup jelas tiba-tiba keluar cairan dari puting payudara, maka hal ini adalah salah satu gejala jika Anda terkena penyakit kanker payudara. Cairan putih atau bening biasanya agak kental atau pun encer. Sedangkan carian darah atau kecokelatan adalah pertanda jika kanker payudara yang Anda derita sudah tahap kronis.

Baca Juga :   Pengobatan Kanker Payudara Stadium 2

Nyeri tak kunjung hilang dibagian payudara

Payudara mungkin akan terasa nyeri saat Anda mengalami menstruasi atau saat sedang hamil, akan tetapi rasa nyeri tersebut bisa saja menghilang seiring dengan selesainya siklus yang Anda lalui.

Cara mencegah kanker payudara

  • Menjaga berat badan agar tidak berlebih
  • Hindari minuman beralkohol sebab dengan mengkonsumsi lebih dari 1 minuman yang terdapat kandungan alkohol dalam seharinya, bisa meningkatkan resiko hingga 25 %
  • Konsumsi buah dan juga sayur seperti ceri, jeruk, kecamba, brokoli, berry, dan kubis. Ada baikan sayur tersebut dalam pengolahannya dilakukan sebentar saja, atau dimakan secara mentah
  • Olahraga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari
  • Minimalkan konsumsi lemak jenuh, omega 6, dan lemak trans serta maksimalkan lemak omega 3, contohnya saja pada ikan, lemak tak jenuh tunggal sebab sifatnya anti kanker

Demikianlah informasi tentang gejala kanker payudara dan cara mencegahnya yang bisa kami bagikan. Semoga bisa bermanfaat.

Related For Gejala Kanker Payudara dan Cara Mencegahnya